Libur Nataru ke Borobudur, Anda tidak bisa naik ke candi - WisataHits
Jawa Tengah

Libur Nataru ke Borobudur, Anda tidak bisa naik ke candi

jakarta

Candi Borobudur pasti akan siap menerima kunjungan wisatawan untuk liburan Natal dan Tahun Baru. Namun, pelancong dilarang naik ke kuil.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjelaskan larangan pendakian ke candi terkait dengan konservasi. Perhitungan untuk menentukan ketahanan lingkungan saat ini sedang dilakukan.

“Saat ini sekitar 1.200 per hari. Jadi kita belum memastikan dan seperti apa pola Temple, Sabtu (17/12/2022) .

MENAMPILKAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Ini akan diinvestigasi lebih lanjut dan difinalisasi nanti teman-teman di Conservation Center dan TWC. Beri kami masukan dan nanti kementerian antardepartemen akan mengambil keputusan. Semoga setelah kajian selesai dan kebetulan juga ada PPKM, jadi kita tunggu akhir PPKM ini juga. Setelah itu akan kami selesaikan,” ujarnya.

Senada dengan Sandiaga, Agustin Parangnangin, Direktur Destinasi Pariwisata Badan Otorita Borobudur, juga menegaskan wisatawan tidak diperbolehkan masuk ke dalam candi. Namun Agustin menjamin pengalaman liburan di Borobudur tetap menyenangkan.

“Bahkan tidak mungkin naik ke Candi Borobudur karena menunggu otoritas budaya, pertajam dengan TWC, semoga segera beres. Tanpa harus naik, desa wisata menyiapkan pengalaman yang baik,” ujarnya, Senin (19/12/2022).

Agustin mengatakan hingga 20 desa wisata disiapkan untuk menyambut wisatawan. Banyak kegiatan yang bisa dinikmati, mulai dari bersepeda, fine dining hingga belanja produk industri kreatif.

Selain itu, Agustin juga menawarkan destinasi di sekitar Borobudur yang bisa menjadi alternatif liburan. Sebut saja Dieng, Solo dan Semarang yang tak kalah menarik.

“Arah barat bisa ke Dieng, lalu timur bisa ke Solo dan Sangiran serta Yogyakarta,” ujarnya.

Terkait Nataru, sarana transportasi menuju kawasan Borobudur dan sekitarnya juga telah disiapkan. Traveler yang ingin menggunakan jalur penerbangan bisa menggunakan Yogyakarta International Airport (YIA).

“Bandara siap, 34 penerbangan datang dan lepas landas,” katanya.

Kereta juga penuh. Saat ini masyarakat kesulitan mencari tiket ke Yogyakarta.

“Pemesanan kereta sangat luar biasa. Sulit bagi mereka yang tidak memesan tiket dalam beberapa hari terakhir,” katanya.

Tonton video “Rekam! Inilah prediksi arus puncak Mudik Nataru
[Gambas:Video 20detik]
(pin/soket)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button