Semoga pariwisata pulih seperti sebelum pandemi - WisataHits
Jawa Tengah

Semoga pariwisata pulih seperti sebelum pandemi

Semoga pariwisata pulih seperti sebelum pandemi

Bisnis.comJAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap seluruh destinasi wisata di Indonesia yang sebelumnya terdampak pandemi Covid-19 dapat segera pulih dan kembali normal.

Hal itu disampaikannya usai meninjau kawasan Likupang di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (19/01/2023). Presiden Jokowi mengklaim bahwa sementara semua negara dan semua tujuan wisata di dunia pasti menghadapi tantangan dari pandemi, tujuan perjalanan Indonesia dapat pulih lebih cepat.

“Pemulihan di Indonesia jauh lebih cepat. Sekarang Bali ramai turis, meski tidak seperti sebelum pandemi, tapi lebih dari 60 hingga 70 persen. Itu sama di tempat lain. Kita berharap keadaan kembali normal secepatnya agar semua destinasi wisata kita bisa pulih atau meningkat lebih dari sebelum pandemi,” ujarnya, Kamis (19/1/2023).

Selain itu, dia mengatakan Likupang merupakan salah satu sasaran prioritas (DSP) yang ditetapkan pemerintah, bersama Danau Toba di Sumut, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Karena itu, dia memastikan pemerintah sebagai DSP juga berupaya menyiapkan infrastruktur pendukung, mulai dari bandara hingga akses jalan.

“Infrastruktur di Sulut baik bandara maupun bandara sudah diperbaiki dan siap menampung sejumlah besar terminal. Kemudian dari bandara ke Likupang bisa lewat jalur darat yang sebagian sudah diperbaiki. Saya rasa jauh dari dulu dibanding dulu, sekarang sudah mulus,” imbuhnya.

Selain jalur darat, lanjutnya, pemerintah juga menyiapkan jalur laut yang bisa memangkas waktu tempuh dari kota ke Likupang hanya 15-20 menit saja. Presiden ke-7 Republik Indonesia ini yakin hal ini juga akan menarik minat investor untuk berinvestasi di Likupang.

“Ini bisa menarik investasi, menarik investor dan kami berharap, seperti Marriot, [hotel] Hotel berbintang lima ini tidak hanya satu, tapi nanti akan ada bintang empat, bintang tiga atau resort lain yang semuanya berada di kawasan Likupang,” katanya.

Kepala Negara juga optimistis kawasan Likupang akan ramai dikunjungi wisatawan mancanegara, baik dari Eropa maupun dari negara-negara Asia seperti China, Jepang, dan Korea. Selain itu, penerbangan langsung dari Tiongkok akan dilanjutkan mulai Februari 2023. Presiden meyakini, sektor pariwisata akan terus mendorong pertumbuhan ekonomi Sulut.

“Wisatawan dari Tiongkok mulai dibuka kembali pada Februari. Ada tiga atau empat pesawat yang akan kembali dari awal Februari dan ini sudah dari Singapura. Saya pikir ini akan kembali normal. Artinya Sulut akan didukung dari sudut pandang pertanian, didukung pariwisata, akan sangat bagus,” kata Jokowi.

Presiden didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda.

Untuk lebih banyak berita dan artikel, lihat Berita Google

Tonton video yang direkomendasikan di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button