Lava Bantal, destinasi wisata alam yang menawan di Sleman Jogja - WisataHits
wisatahits

Lava Bantal, destinasi wisata alam yang menawan di Sleman Jogja

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 09.00 – 17.00 WIB, Alamat: Jl.Berbah Prambanan, Desa Kalitirto, Kec. Berba, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Lava Bantal merupakan kawasan geoheritage yang masih sangat alami, juga merupakan peninggalan sejarah kemunculan pulau jawa 60 juta tahun yang lalu. Nama itu sendiri diambil karena batuan lahar beku di sekitar aliran sungai yang sangat unik, menyerupai tumpukan bantal.

Destinasi wisata ini berupa tebing sungai yang berarus deras, kanan dan kiri berupa bebatuan dengan warna yang berbeda-beda dari sisi ke sisi. Dibuka sebagai tempat wisata sejak tahun 2016, tempat ini awalnya tidak seramai dan sepopuler tempat wisata di Sleman Yogyakarta lainnya. Namun kini jumlah pengunjung telah meningkat beberapa kali lipat dibandingkan dengan pembukaannya.

Dengan potensi wisata tersebut, pengelola objek wisata Lava Pillow sendiri memang telah mengembangkan dan membangun berbagai fasilitas sehingga user friendly untuk dikunjungi. Blok juga dipasang di sekitar lokasi objek wisata agar pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas dengan nyaman dan aman. Perkembangan ini membuat destinasi ini semakin banyak dikunjungi.

Daya tarik yang dimiliki lava bantal

Atraksi Lahar Bantal SlemanKredit gambar: Google Maps Budi Sutrisno

Meski pada awalnya Lava Pillow tidak banyak pengunjung dan kalah populer dari wisata lain di Jogja, kini berbeda. Ada banyak atraksi yang ditawarkan baik dari segi fasilitas maupun alam yang menarik banyak pengunjung untuk datang. Berikut beberapa atraksi yang membuat destinasi wisata ini layak untuk dikunjungi.

1. Warisan Geologi

Geoheritage adalah daya tarik wisata utama Pillow Lava. Batuan yang sangat unik ini berasal dari lahar beku puluhan juta tahun yang lalu dan memiliki kontribusi besar dalam pembentukan pulau Jawa. Bentuknya yang unik seperti bantal juga menjadi alasan daerah tujuan wisata ini diberi nama.

Selain unik, bentuk batuan lava ini juga sangat indah. Warnanya juga berbeda di sisi kiri dan kanan. Inilah sebabnya mengapa banyak pengunjung akhirnya datang untuk melihat sendiri keindahannya. Tidak jarang pengunjung membuat spot foto yang memang akan menghasilkan beberapa gambar yang bagus untuk diunggah ke media sosial.

2. Pemandangan yang indah

Destinasi wisata ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah dan asri. Sungai yang jernih ditambah dengan bebatuan lava juga dikelilingi pepohonan hijau yang membuat kawasan ini terlihat sangat alami dan asri. Tak hanya itu, areanya juga bersih. Tidak ada sampah yang berserakan sehingga mengganggu pemandangan.

Tempatnya yang asri menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi pengunjung yang rindu dengan hiruk pikuk suasana kota. Dengan banyaknya pepohonan, kawasan ini juga semakin sejuk. Sangat cocok bagi pengunjung yang mencari tempat untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.

Atraksi Lahar Bantal SlemanKredit gambar: Twitter Putu Ayu Ratna Dian

3. Wahana yang menyenangkan

Daya tarik lain yang menarik banyak pengunjung adalah aliran sungai yang cukup deras sehingga bisa digunakan untuk berbagai aktivitas seru seperti tubing dan arung jeram. Karena itulah pengelola juga menyediakan fasilitas dan wahana untuk bisa merasakan di sungai saat menaiki wahana yang cukup menantang ini.

Tak hanya orang dewasa, wahana mendebarkan ini juga diperuntukan bagi anak-anak. Oleh karena itu, destinasi wisata ini juga cocok untuk menghabiskan liburan keluarga. Ditemani pemandu dan keamanan, pengunjung tidak perlu lagi merasa was-was dan takut untuk mencoba aktivitas menantang adrenalin yang mendebarkan ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Sleman Bantal Lava AlamatKredit gambar: Google Maps Sangat Bege

Lava Pillow berada di Jl. Berbah – Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Lokasi sangat mudah dijangkau dan dekat dengan bandara Adisucipto. Jika Anda dari pusat kota Jogja menuju lokasi, jaraknya sekitar 13 kilometer atau sekitar 25 menit. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, bahkan bus wisata juga bisa sampai di lokasi wisata.

Anda dapat mengambil jalan dari kota Jogja menuju ke timur menuju Janti dan kemudian ke blok-O kompleks TNI AU. Kemudian ikuti jalan tersebut hingga bertemu dengan Akademi Angkatan Udara, Anda tinggal melanjutkan perjalanan hingga Jl. Berbah – Prambanan.

Sedangkan jika Anda dari Prambanan, Anda bisa menuju ke Piyungan. Setelah sekitar 8 kilometer Anda kemudian menuju ke barat dan cukup ikuti jalan menuju Jembatan Berbah yang melintasi Sungai Opak. Maka Anda hanya perlu pergi ke lokasi. Untuk mempermudah perjalanan Anda, aplikasi GoogleMap dapat memandu Anda ke tempat-tempat wisata.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Lava Bantal SlemanKredit Gambar: Google Maps Aleon Cell

Lava Pillow buka setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 17:00 WIB. Tidak ada tiket masuk jika ingin memasuki kawasan ini, cukup membayar Rp 2.000 untuk parkir motor atau Rp 5.000 untuk mobil.

Sedangkan jika ingin melakukan aktivitas tubing akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Sedangkan arung jeram dikenakan biaya Rp 55.000 per orang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Lava Pillow

Kegiatan Lahar Bantal SlemanKredit gambar: Google Maps Ifan Heryanto

Menikmati liburan akan sangat membosankan jika tidak melakukan berbagai aktivitas seru. Inilah mengapa Anda harus mencoba mengunjungi Lava Pillow. Di destinasi wisata alam ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, sekaligus memacu adrenalin, dan pastinya akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

1.Tabung

Tubing adalah kegiatan yang populer bagi pengunjung ketika mereka datang ke Lava Pillow. Dengan menggunakan ban, Anda bisa menyusuri sungai dengan arus yang cukup deras sambil menikmati keindahan bebatuan lava. Rute saat ini cukup berliku dan naik turun, namun Anda tidak perlu khawatir karena akan ada pemandu yang akan membantu Anda.

2. Arung Jeram

Arung jeram juga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, terutama jika Anda membawa keluarga atau sekelompok teman. Dengan aliran sungai yang deras dan banyak bebatuan yang mencuat, aktivitas ini tidak hanya mendebarkan tetapi juga cukup memacu adrenalin untuk memuaskan rasa petualangan Anda.

Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga sangat terjangkau tergantung fasilitas yang Anda miliki. Hanya dengan Rp 55.000, Anda sudah mendapatkan pemandu, transportasi pulang-pergi, dan asuransi.

3. Bermain air

Jika tidak ingin mencoba wahana yang tersedia, Anda juga bisa mengarungi bebatuan saja. Ada beberapa spot yang aliran sungainya cukup tenang sehingga Anda bisa merendam kaki di air. Meski cukup tenang, Anda harus selalu waspada dan berhati-hati untuk tidak melakukan hal yang mungkin tidak diinginkan.

4. Nikmati pemandangannya

Aktivitas Seru Bantal Lava di SlemanKredit gambar: Google Maps widya winata

Pemandangan di sekitar bank selalu sangat indah dan hijau. Anda dapat menikmati pemandangan sekitar sambil menghirup udara segar. Kegiatan ini pasti akan menghilangkan rasa lelah dan stres. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang sudah lelah dengan aktivitas sehari-hari yang membosankan.

Anda bisa berkeliling sungai untuk mencari tempat yang cukup nyaman untuk menikmati pemandangan dan merasakan udara segar. Jika Anda tidak ingin berjalan terlalu jauh, pengelola juga telah menyediakan beberapa gazebo gratis yang dapat Anda gunakan untuk beristirahat, duduk, dan menikmati tepian sungai.

5. Ambil gambar

Kegiatan ini sepertinya merupakan kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Anda memiliki banyak spot foto dengan pemandangan alam yang sayang untuk dilewatkan. Banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk mengambil foto bebatuan lava yang sangat berperan dalam pembentukan pulau Jawa. Bentuknya yang unik membuat gambar lebih indah.

Selain itu, ada jembatan yang membelah sungai. Jembatan ini juga menjadi spot foto yang cukup sering dikunjungi pengunjung, tentunya karena tempatnya yang sangat Instagramable. Jembatan ini dipenuhi rerumputan hijau di kanan dan kirinya, yang membuatnya lebih alami dan berbeda dari jembatan lain pada umumnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemasangan lava bantal slemanKredit gambar: Google Maps Budi Sutrisno

Lava Pillow sudah memiliki berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung. Fasilitas ini juga memungkinkan pengunjung untuk melakukan aktivitas yang lebih seru dan menyenangkan. Tersedia tempat parkir bagi anda yang membawa kendaraan sendiri. Ada juga mushola, warung makan dan gazebo untuk istirahat.

Berbagai spot foto juga telah disiapkan bagi pengunjung yang datang untuk berburu foto-foto Instagrammable. Selain itu, terdapat fasilitas untuk kegiatan tubing dan arung jeram. Instalasi ini juga termasuk perlengkapan keselamatan seperti pelampung dan helm untuk melindungi kepala. Setelah bermain air, ada kamar mandi untuk membersihkan badan dan berganti pakaian.

Kawasan ini masih sangat alami dan bersih. Dengan menjaga kebersihan maka akan memanjakan mata. Oleh karena itu, ada juga tempat sampah di beberapa tempat. Dengan cara ini, pengunjung juga dapat membantu menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Saat ini, Lava Pillow cukup diminati pengunjung karena menawarkan aktivitas yang sangat seru dan berkesan. Menikmati tepian sungai sambil memandangi bebatuan yang merupakan geoheritage tentu menjadi pengalaman yang jarang dilakukan orang lain di tempat lain. Berbagai atraksi yang ditawarkan juga membuat destinasi wisata ini layak untuk dikunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button