Latih pengguna arus mudik lebaran Melebihi durasi rata-rata arus balik - WisataHits
wisatahits

Latih pengguna arus mudik lebaran Melebihi durasi rata-rata arus balik

Latih pengguna arus mudik lebaran Melebihi durasi rata-rata arus balik

Piknikdong.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat berdasarkan pantauan data pada Kamis (27/4), penjualan tiket kereta api jarak jauh terjadi pada periode pulang pergi, yakni 24 April 2023 (H+1) hingga 3 Mei. , 2023 (H+10) sebanyak 1.337.539 tiket, yaitu rata-rata 133.754 tiket per hari.

Jumlah ini akan terus bertambah, karena penjualan masih berlangsung.

Pelanggan kereta api pada arus mudik Idul Fitri melebihi jumlah rata-rata periode arus balikPelanggan KA pada arus mudik lebaran melebihi jumlah rata-rata periode pulang, foto: KAI.id

Sedangkan untuk periode kembali sekolah yaitu dari tanggal 12 April 2023 (H-10) sampai dengan tanggal 21 April 2023 (H-1), terdapat 1.282.929 pelanggan KA jarak jauh atau rata-rata 128.293 pelanggan per hari.

Vice President Humas KAI, Joni Martinus mengatakan, banyaknya penjualan tiket setelah Lebaran karena pelanggan tidak hanya melakukan perjalanan pulang pergi, tetapi ada juga pelanggan yang baru pulang kampung.

“Pelanggan memilih pulang pergi dengan kereta api karena banyak keuntungan yang ditawarkan, seperti bebas macet, tepat waktu, lebih nyaman dan aman, serta terhindar dari risiko kecelakaan di jalan raya.”

kata Joni.

Untuk arus pulang pergi, KAI membuka subclass berbiaya murah yaitu subclass H, I dan J untuk kelas bisnis hingga 3 Mei 2023, dimana subclass ini biasanya dijual oleh KAI pada saat low season.

Dibandingkan dengan tarif batas atas, subclass bisa 20-30% lebih murah.

Dibukanya penjualan tiket kelas bawah dengan tarif pulang pergi murah juga mendukung imbauan pemerintah agar masyarakat tidak fokus pada tiket pulang pergi pada 24-25 April saja.

Sedangkan pada hari pertama dan kedua Lebaran atau 22-23 April 2023, volume pelanggan KA jarak jauh juga masih tinggi.

Rinciannya, pada hari pertama Lebaran ada 138.015 pelanggan dan pada hari kedua Lebaran ada 180.756 pelanggan.

Banyaknya pelanggan pada hari pertama dan kedua lebaran dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti perjalanan pelanggan pada hari H lebaran dan adanya liburan panjang bersama, sehingga pelanggan memiliki kesempatan yang luas untuk pulang kampung pada saat lebaran.

Hingga pantauan kondisi tiket hari ini, jumlah tiket kereta api dari Jakarta ke sejumlah kota di Pulau Jawa masih banyak tersedia.

KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan khususnya pada masa Angkutan Lebaran ini agar perjalanan kereta api tetap aman dan berkesan,”

tutup Joni.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button