Latih kemampuan motorik anak melalui lomba melukis - WisataHits
Jawa Tengah

Latih kemampuan motorik anak melalui lomba melukis

Selasa, 22 November 2022 | 20:12 WIB

| penulis :

Buku catatan : tobari

Blora, InfoPublik – Tak kurang dari 36 anak Taman Kanak-Kanak (TK) dari 18 lembaga se-Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah mengikuti lomba lukis dalam rangka HUT Kabupaten Blora ke-273.

Lomba melukis ini diadakan pada Selasa (22/11/2022) di Tempat Wisata Selaparang Reborn Desa Tempellemahbang, Kecamatan Jepon.

Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Tri Sunarsih memilih tempat wisata Seloparang untuk mengenalkan wisata lokal Blora sejak dini.

“Selama ini kegiatan mewarnai kebanyakan dilakukan di dalam ruangan, jadi kami ingin mengadakannya di luar agar anak-anak tidak bosan sekaligus memperkenalkan wisata lokal di sekitar sekolah,” kata Tri Sunarsih.

Ditambahkannya, kegiatan ini rutin digelar setiap tahun untuk melatih motorik anak, khususnya menumbuhkembangkan bakat anak-anak di wilayah Kecamatan Jiken.

“Nanti kami akan mengikuti lomba tingkat kabupaten dan mewakili Kabupaten Jiken. Ada 18 lembaga dengan masing-masing dua anak, jadi 36 peserta,” ujarnya.

Dalam lomba ini, anak-anak sangat antusias dalam mewarnai. Lomba dibagi menjadi dua kategori, yaitu A dan B atau juara 1, 2, dan 3 serta juara harapan 1, 2, dan 3.

Juri lomba lukis ini terdiri dari beberapa unsur. Diwakili oleh media oleh ketua PWI Blora Heri Purnomo, unsur kartunis dari Magelang Borobudur Priyo PR alias Yoyok dan ibu dari PAUD Jiken Nanik Kabupaten Sri Wahyuni.

Acara tersebut dihadiri oleh Camat Jiken Joko Lelono dan Danramil Jiken Kapten Inf Sugiyanto serta Inspektur Sekolah Mardi.

Joko Lelono mengatakan dengan mengadakan lomba lukis tingkat kecamatan Jiken ini, kita bisa menggali potensi anak, melatih anak, dan melatih keberanian anak.

“Dari situ kita bisa mengetahui di mana ciri-ciri benih anak-anak ini, di mana letak potensinya, dan itu yang perlu kita lindungi dan dorong.” Dan yang lebih penting adalah pemberdayaan mental bagi anak-anak,” kata Joko.

Karena dalam lomba melukis, lanjut Joko, anak-anak bisa lebih unjuk kebolehan, anak-anak bisa bertemu dengan teman-teman lain, berekspresi dan menikmati dunia anak-anak.

“Kami ingin kegiatan ini berkelanjutan, tidak berhenti sampai disitu, terus terang kami memberikan ruang anak untuk berekspresi, biarkan anak bermain sesuai dengan dunianya, yang tidak mereka dapatkan dengan hanya bermain gadget saja,” ujar sang leader. Kecamatan Jiken. (MC Cab.Blora/Teguh/toeb).

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button