Harapan KH Maman Imanulhaq: Masjid Al-Jabbar bisa mengembalikan spirit Masjid Jihad Peradaban - WisataHits
Jawa Tengah

Harapan KH Maman Imanulhaq: Masjid Al-Jabbar bisa mengembalikan spirit Masjid Jihad Peradaban

BANJARESE.COM- Kebanggaan warga Jawa Barat, Masjid Raya Al Jabbar diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat hari ini, Jumat (30/12).

Masjid yang terletak di kecamatan Gedebage kota Bandung ini dibangun dengan arsitektur yang unik, bentuk bangunannya menganut filosofi Asmaul Husna yaitu Al Jabbar yang berarti Perkasa.

KH Maman Imanulhaq, anggota Komisi VIII DPR RI yang hadir dalam peresmian tersebut mengaku kagum dengan arsitektur masjid yang dibangun Ridwan Kamil saat menjabat Wali Kota Bandung itu.

Baca Juga: Destinasi Wisata Religi Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Ornamennya Sangat Menakjubkan

Selain itu, menurutnya fasilitas yang terdapat di dalam bangunan Masjid Al-Jabbar sangat lengkap seperti musholla, tempat manasik haji, akomodasi, perpustakaan, ruang pertemuan, Museum Nabi Muhammad dan Masjid Al-Jabbar. Museum Alquran.

Ia mengungkapkan, kehadiran masjid megah di jantung ibu kota Jawa Barat ini dapat dimaknai sebagai penguatan ruh masjid sebagai implementasi jihad peradaban.

Ia menjelaskan, masjid tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, namun masjid juga dapat digunakan sebagai wahana lain mulai dari kegiatan keagamaan, pendidikan, tempat rekreasi hingga pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Baca Juga: UEA Kecam Serangan Israel ke Masjid Al-Aqsa di Palestina

“Jika direnungkan pada masa Rasulullah SAW, masjid memiliki peran sentral dalam perkembangan peradaban. Saat itu, masjid menjadi tempat berbagai aktivitas sehari-hari yang menjadi dasar lahirnya pemikiran dan budaya masyarakat,” kata Kiai Maman, dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Jumat, 30 Desember 2022.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button