Crystal Bay Nusa Penida, pantai dengan taman bawah laut yang menakjubkan - WisataHits
wisatahits

Crystal Bay Nusa Penida, pantai dengan taman bawah laut yang menakjubkan

Crystal Bay Nusa Penida, pantai dengan taman bawah laut yang menakjubkan
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Crystal Bay Nusa Penida adalah pantai yang indah di tenggara Bali. Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, tetapi juga menjadi sumber air minum bagi warga.

Keindahan Bali tidak hanya di tengah, tetapi juga di tenggara pulau. Pantai indah inilah yang dimaksud. Pantai indah ini tidak kalah dengan pantai lain di Bali, karena sangat populer bahkan untuk wisatawan mancanegara.

Beginilah Bali, kaya akan tempat-tempat indah untuk dikagumi dan dikunjungi. Pantai ini tepatnya terletak di Nusa Penida, Bali. Meski sebagian warga lokal belum familiar dengan tempat wisata ini, namun pantai ini cukup terkenal di mancanegara.

Nama asli pantai ini sendiri adalah Pantai Penida, namun wisatawan mancanegara menyebutnya Pantai Crystal Bay. Akses menuju pantai ini sangat mudah. Sesampainya di sana, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di pantai dan sekitarnya.

Atraksi Crystal Bay

Objek wisata Crystal BayKredit Gambar: Google Maps Tur Bali Termurah

Pantai cantik ini sebenarnya sangat unik, dimana terdapat sebuah pulau kecil di tengahnya yang menjorok ke daratan. Pantai Penida juga dikelilingi perbukitan di kedua sisinya, sehingga aktivitas mandi wisatawan cukup aman. Dan inilah berbagai daya tarik pantai Penida.

1. Taman bawah air

Keindahan bawah laut menjadi salah satu daya tarik utama pantai ini. Pemandangan bawah lautnya sangat memanjakan mata pengunjung, karena terdapat terumbu karang yang indah untuk snorkeling, diving atau sekedar melakukan penelitian.

2. Mola Mola

Kata pada nama ikan ini berasal dari bahasa latin yaitu “meule” yang berarti “batu kilangan”. Dinamakan ikan ini mola karena tampilan fisiknya yang menyerupai batu berwarna abu-abu. Tekstur ikannya cukup kasar dan bentuknya bulat.

Dalam bahasa Inggris, ikan ini disebut “sunfish”. Ikan mola-mola sendiri sering terlihat di Crystal Bay. Mereka dikenal menikmati berjemur di bawah sinar matahari dan berenang di dekat permukaan laut.

3. Keindahan Alam

Pantai Penida juga menawarkan berbagai keindahan alam termasuk perkebunan yang dikelola masyarakat setempat. Perkebunan ini menanam berbagai jenis buah dan tanaman, seperti ubi jalar, mangga, kenari, jagung, dan kacang mete.

Selain itu pemandangan yang tidak kalah indahnya saat anda berada di Crystal Bay Nusa Penida adalah pemandangan matahari terbit dan terbenam di pagi dan sore hari. Sayang sekali jika melewatkan tontonan ini, sehingga banyak pengunjung yang mengabadikannya dengan berfoto.

4. Batu Jineng

Selain itu, terdapat batu jineng di Crystal Bay yang terletak di atas tebing di sisi kanan pantai. Potensi batu ini sebagai daya tarik pantai sebenarnya cukup besar, sehingga pengelola pantai harus terus mengembangkan batu ini.

5. Sumber air minum

Pantai ini tidak hanya cantik dari segi pemandangan alam, tetapi juga unik karena merupakan kawasan penghasil air bersih bagi warga setempat. Di sini terdapat banyak mata air sehingga disimpan dan dimanfaatkan sebagai bahan baku air minum dan kebutuhan lainnya.

Ada ratusan sumber unik di Crystal Bay. Air ini mengalir keluar setelah mendorong pasir di atasnya. Jika baru pertama kali berkunjung ke sini, wisatawan juga akan melihat keberadaan sesuatu seperti kepiting di bawah pasir.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Crystal BayKredit gambar: Google Maps Thu Thủy Trần Thị

Pantai indah ini terletak di Banjar Penida, desa Sakti, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Letaknya sekitar 8 kilometer dari Pelabuhan Toya Pakeh yang berjarak sekitar 20 menit berkendara dengan kendaraan yang mudah diakses.

Keberangkatan diawali dengan penyeberangan menuju Nusa Penida. Pilihan yang tersedia adalah naik perahu tradisional dari pantai Kusamba, naik perahu dari pelabuhan Padang Bai atau naik speed boat dari pelabuhan pantai Sanur.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan menggunakan jasa rental motor menuju Toya Pakeh. Dari Toya Pakeh, temukan jalan menanjak menuju Sebunibus hingga sampai di pertigaan keramat. Belok kanan untuk sampai ke Banjar Sakti, lalu lanjutkan ke Crystal Bay.

Harga tiket masuk wisata pantai

Saat ini belum ada harga tiket masuk ke Pantai Penida alias gratis tidak seperti wisata pantai lainnya di Bali. Namun sebelum masuk, wisatawan tetap harus membayar biaya parkir.

Biaya parkir dikenakan bagi pengunjung yang datang dengan sepeda motor atau mobil. Harga parkir motor Rp 2.000 sedangkan parkir mobil Rp 5.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Crystal Bay

Aktivitas Seru di Crystal BayKredit gambar: Google Maps Sumit Tiwari

Berkunjung ke pantai memang tidak asyik jika tidak melakukan aktivitas apapun. Pantai Penida sendiri tidak hanya dikenal karena keindahannya, tetapi juga karena wisatawan dapat melakukan aktivitas seru. Seperti apa kegiatan tersebut?

1. Scuba diving atau snorkeling

Crystal Bay memiliki warna air laut yang sangat jernih sehingga kegiatan seperti snorkeling dan scuba diving menjadi sangat berkesan. Wisatawan bisa langsung melihat panorama bawah laut laut biru yang indah.

Di bawah air tumbuh banyak flora laut, seperti alga, terumbu karang, dan fauna lainnya yang seolah menyambut wisatawan. Semua biota laut juga bisa terlihat jelas karena airnya yang sangat jernih.

2. Titik Crystal Bay

Kegiatan menarik berikutnya adalah mengunjungi tempat yang indah ini. Di sini pengunjung diperbolehkan datang, untuk melihat panorama teluk yang indah secara utuh. Namun, wisatawan harus menyelesaikan tantangan tersebut dengan melewati ratusan anak tangga terlebih dahulu.

Namun, setelah melewati penat dan mencapai puncak, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan secara keseluruhan. Dari atas, Anda akan melihat perbukitan di sisi pantai dan hamparan air laut yang membiru menyegarkan mata.

3. Perhatikan matahari terbit dan terbenam

Pantai adalah salah satu tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Salah satu tempat yang bisa Anda coba adalah Crystal Bay. Wisatawan akan merasakan kesan romantis saat menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Udara pun menjadi hangat, mata pun dimanjakan karena pantainya sendiri akan menyuguhkan pemandangan matahari berpadu dengan tebing-tebing di tengah laut, perbukitan hijau, birunya air laut serta bentuk teluk yang melengkung sempurna.

4. Permainan pasir

Pantai Penida memiliki garis pantai yang cukup panjang, sekitar seribu meter terbentang dari satu ujung ke ujung lainnya. Garis pantai yang panjang ini cukup memuaskan pengunjung yang ingin bermain di pantai, bahkan berjemur hingga berjemur.

5. Memancing

Kegiatan menarik di Crystal BayKredit gambar: Google Maps Asvin Vidyasagar

Pengelola Crystal Bay juga memperbolehkan pengunjung untuk memancing dari perahu atau di sekitar tebing dekat pantai. Perahu biasanya disewa oleh nelayan. Namun, ikan yang tidak layak harus dilepaskan begitu diperoleh.

6. Berenang

Wisatawan yang suka berenang pasti harus mencoba Pantai Penida. Berenang di pantai bersama rombongan akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ombak di pantai ini cukup tenang sehingga kegiatan ini dapat dilakukan dengan aman dan nyaman.

Apalagi sambil berenang, pengunjung bisa sekaligus menikmati panorama pantai yang dijuluki Diamond Beach Nusa Penida ini. Perbukitan hijau di sisi pantai akan menemani aktivitas mandi sambil memanjakan mata.

7. Selamat memasak

Setelah puas bermain di pantai dan menikmati panorama yang indah, biasanya perut terasa lapar karena kelelahan. Jika sudah, saatnya berwisata kuliner ke warung makan dan restoran di sekitar Crystal Bay. Ada berbagai jenis makanan termasuk menu barat.

8. Ambil gambar

Spot foto yang menarik di pantai ini tidak hanya satu atau dua saja, namun masih banyak spot yang tidak boleh anda lewatkan. Misalnya, berfoto saat snorkeling, saat matahari terbit dan terbenam, atau di pulau kecil di tengah pantai.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Crystal BayKredit Gambar: Google Maps Pariwisata Nusa Penida

Menjadi tujuan wisata yang populer, pengelola Crystal Bay Bali telah menyediakan fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Salah satunya adalah jasa persewaan peralatan diving dan snorkeling. Di area pantai juga disediakan kursi berjemur dan payung.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas warung makan dan restoran yang menyajikan beragam menu, mulai dari menu nasional hingga internasional. Wisatawan juga bisa menginap di bungalow dan hotel yang tersebar di sekitar kawasan pantai.

beri kristal Nusa Peninda dengan segudang pemandangan indahnya terbukti menjadi tempat asyik untuk melakukan berbagai aktivitas. Semua pengunjung yang berwisata harus menjaga kebersihan saat datang ke sini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button