Kurangi Pertumbuhan Eceng Gondok, Perum Jasa Tirta Tebar Benih Ikan di Rawa Pening - WisataHits
Jawa Tengah

Kurangi Pertumbuhan Eceng Gondok, Perum Jasa Tirta Tebar Benih Ikan di Rawa Pening

Semarang (ANTARA) –

Perum Jasa Tirta I menabur 50.000 benih ikan nila dan ikan mas di Rawa Pening, Kabupaten Semarang untuk mengurangi pertumbuhan eceng gondok di danau alami hulu Sungai Tuntang dan melestarikan ekosistem.

“Kami bersama instansi terkait dan pemangku kepentingan mendistribusikan benih ikan di Danau Rawa Pening yang keberadaannya memiliki berbagai manfaat antara lain menyediakan air baku, budidaya ikan, irigasi untuk pariwisata,” kata Manajer Operasional PJT I Milfan Rantawi di acara seremonial tersebut. di Kawasan Wisata Bukit Cinta, Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Rabu.

Ia mengungkapkan, fitur permukaan Danau Rawa Pening ditutupi oleh eceng gondok, atau setidaknya lebih dari 80 persen permukaannya dipenuhi tanaman air.

Menurutnya, hal ini dapat mempengaruhi fungsi danau, terutama dari segi kualitas air, juga membusuk dan menenggelamkan sisa-sisa tanaman di dasar waduk menyebabkan penurunan kapasitasnya, sehingga ketersediaan tuntang dapat menurunkan air sungai. .

Partisipasi multisektor diperlukan untuk mengatasi permasalahan Danau Rawa Pening, dan pemerintah telah berusaha untuk menghilangkan eceng gondok melalui BBWS Pemali Juana, sehingga tutupan eceng gondok Danau Rawa Pening menjadi sangat berkurang.

Dijelaskannya, tujuan dari kegiatan pembagian benih ikan ini adalah untuk melestarikan alam dan lingkungan di Rawa Pening serta mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar tentang budidaya yang ramah lingkungan.

“Dengan mengembalikan populasi perikanan air tawar, diharapkan dapat menyeimbangkan ekosistem perairan dan menekan pertumbuhan eceng gondok di Rawa Pening. Tentunya dengan mengurangi eceng gondok juga akan membantu menjaga suplai air di PLTA Jelok yang airnya dialirkan melalui Bendungan Tuntang,” ujarnya.

Milfan juga menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini akan terus dilakukan sebagai upaya konservasi untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan melestarikan jenis ikan asli di Rawa Pening.

Selain itu, pembagian benih ikan merupakan bentuk tanggung jawab kita bersama untuk selalu menjaga lingkungan, khususnya di Rawa Pening.

Source: jateng.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button