Kabar Gembira, Liburan Nataru Wisatawan Bisa Mendaki Ke Candi Borobudur - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Kabar Gembira, Liburan Nataru Wisatawan Bisa Mendaki Ke Candi Borobudur – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Candi Borobudur, situs Buddha terbesar di dunia (Indonesia.go.id)

Solopos.com, MAGELANG — Kabar gembira bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Candi Borobudur saat liburan Natal dan Tahun Baru atau Nataru. Pasalnya, administrasi candi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jawa Tengah) membolehkan wisatawan untuk naik ke puncak candi.

General Manager (GM) Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) Jamaluddin Mawardi mengatakan saat ini pihaknya tengah menjalankan simulasi terkait penerapan kebijakan naik ke puncak candi. Nantinya, wisatawan yang mendaki ke puncak candi juga harus memakai sandal Upanat, sepatu yang terbuat dari anyaman daun pandan atau sandal khusus untuk mendaki ke puncak Candi Borobudur.

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

“Ini masih kami uji coba agar bisa diimplementasikan untuk tamu [wisatawan] negara siap. Lanjutkan selain menggunakan sepatu khusus [sandal upanat]skala [wisatawan naik ke atas candi] juga terbatas,” kata Jamaluddin Solopos.comJumat (12/9/2022).

Batasannya, kata Jamaluddin, hanya 1.200 orang yang boleh naik ke puncak candi setiap hari. Tidak ada batasan untuk area di sekitar Candi Borobudur, seperti Taman Lumbini.

Selain itu, Jamaluddin juga berharap kunjungan wisatawan ke Nataru pada 2023 bisa seperti sebelum pandemi Covid-19. Bahkan, pihaknya menargetkan kedatangan wisatawan lokal (winus) pada hari raya Nataru mencapai 27.000 orang, sedangkan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 331 orang.

Baca juga: Perhatian! Aturan baru pendakian Candi Borobudur

“Ini baru pertama kali buka pascapandemi, jadi kita harapkan bisa meningkat [kunjungan wisatawan],” jelasnya.

Selain mempersiapkan simulasi pendakian ke puncak candi, TWC Borobudur juga tengah menyelesaikan persiapan lainnya seperti: B. Penyediaan kantong parkir untuk loket tiket tambahan.

“Kami rutin melakukan persiapan. Termasuk infrastruktur pendukung lainnya yang perlu kita bangun,” imbuhnya.

Riyadi Kurniawan, Kepala Bidang Pengembangan Daya Tarik Wisata (DTW) Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, tak memungkiri destinasi wisata Candi Borobudur akan banyak dikunjungi wisatawan saat liburan Nataru 2023.

Baca juga: Simak Lur! Hal inilah yang menyebabkan belum diperbolehkannya masuk ke kawasan Candi Borobudur

“Tren pariwisata akan normal kembali. Borobudur tentu juga banyak dikunjungi. Bahkan saat Idul Fitri kemarin, itu [Candi Borobudur] merupakan kunjungan terbanyak kedua di Jawa Tengah,” ujar Riyadi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button