Kunjungi Pasar Gede Solo, Mendag Zulhas: Harga Komoditas Normal - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Kunjungi Pasar Gede Solo, Mendag Zulhas: Harga Komoditas Normal – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bersama Walikota Gibran Pasar mengunjungi Gede pada Kamis (15/9/2022) untuk memantau harga pangan. (Solopos.com/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO–Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengunjungi Pasar Gede Solo pada Kamis (15/9/2022) pukul 08.10 WIB.

Dalam kunjungannya, Zulhas juga memantau harga sembako yang ada di Pasar Gede. Ia mengamankan hadiah berupa telur ayam, cabai merah dan bawang merah kualitas premium.

Promo Dukung BUMN Binaan UMKM Go Online, Tokopedia Registrasi 2.000 NIB

Dalam kunjungan ini, Zulhas mengenakan kemeja putih yang dibalut rompi biru. Bersama rombongan dari Dinas Perdagangan (Kemendag), Zulhas didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan perwakilan dari Dinas Perdagangan (Disdag).

Dalam keterangannya, Zulhas mengatakan harga telur ayam di Pasar Gede Solo Rp 27.000/kg. Harganya biasa saja. Pasalnya, biaya produksi dan operasional ayam petelur sudah mencapai Rp 22.000/kg.

“Telur Rp 27.000/kg sudah pas. Bagus untuk sekarang [standar]. Kalau di bawah itu, telur ditutup karena modalnya sudah Rp 22.000/kg,” kata Zulhas kepada media.

Kemudian Zulhas juga memantau harga cabai merah. Di Pasar Gede Solo sendiri, cabai merah kualitas premium dibandrol dengan harga Rp 70.000/kg. Menurut Zulhas, harga tersebut wajar jika dikaitkan dengan kualitas cabai yang dijual.

Begitu juga bawang putih premium dijual di Pasar Gede dengan harga Rp 35.000/kg.

“Cabai di sini kualitasnya bagus, Rp 70.000/kg. Kalau biasa Rp 60.000/kg. Bawang putih juga premium dengan harga Rp 35.000/kg,” ujarnya.

Zulhas juga memuji kebersihan Pasar Gede. Ia juga sempat berbincang dengan pengunjung Pasar Gede dari Cirebon dan Samarinda.

Menurutnya, pasar ikonik Solo layak dijadikan pasar wisata. Pasar yang memadukan fungsi pasar sebagai tempat jual beli dan pariwisata.

“Pasarnya sangat bagus, pasarnya bersih. Ini kategori pasar pariwisata,” ujarnya.

Sementara itu, Tatik, 53 tahun, salah satu pemilik toko yang dikunjungi Zulhas, mengatakan hanya bawang merah yang masih naik, meski harga telur saat ini sudah normal. Harga telur ayam adalah Rp 27.000/kg.

“Telur dari Rp 27.000/kg itu normal. Bawang putih Rp 35.000/kg. Kemudian minyak goreng kemasan premium harganya Rp 20.000/liter,” kata Tatik Solopos.com.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button