Menteri Zulhas Blusukan ke Pasar Gede Solo, beli sembako sambil pantau harga sembako » JOGLOSEMAR NEWS - WisataHits
Jawa Tengah

Menteri Zulhas Blusukan ke Pasar Gede Solo, beli sembako sambil pantau harga sembako » JOGLOSEMAR NEWS

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memantau harga di Pasar Gede Solo. Foto: JSNews/Ando

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming melakukan pemeriksaan harga sembako di Pasar Gede, Solo, Kamis (15/9/2022).

Setibanya di Pasar Gede, Zulhas pergi ke warung-warung para pedagang dan kemudian berbincang-bincang. Ia juga beberapa kali terlihat berbelanja bahan makanan.

“Saya ditemani Mas Gibran, bagus sekali pasarnya bersih. Ini adalah pasar wisata yang datang dari mana-mana. Biasanya kalau pasar wisata bagus, harganya lebih tinggi, tapi kebutuhan pokok tetap ada,” jelasnya usai meninjau.

Zulhas kemudian berbagi hasil pemeriksaan yang menemukan harga telur adalah Rs 27.000. “Telur harganya 27 ribu rupiah per kilogram. Itu adalah harga yang bagus. Karena kalau harganya di bawah itu, para pengusaha UMKM yang menjadi petani akan tutup, mereka akan merugi,” kata Zulhas.

Kemudian, menurut Zulhas, cabai yang dijual di Pasar Gede kualitasnya bagus dengan rata-rata penjualan Rp 70.000 per kilogram. Cabai kualitas biasa dihargai Rp 60.000 per kilogram.

Bawang putih kualitas bagus dijual di Pasar Gede dengan harga Rp 35.000 per kilogram. Untuk kualitas biasanya dibanderol Rp 30.000 per kilogram.

Dia menjelaskan, harga kebutuhan pokok menunjukkan tren penurunan. Bandingkan dengan pengangkatannya sebagai Menteri Perdagangan oleh Presiden Jokowi. “Waktu saya dilantik Presiden, bawang merah Rp 80.000 per kilogram, kemudian cabai Rp 120.000 per kilogram,” jelasnya.

Source: joglosemarnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button