Kunjungi Garut Selatan, DPRD PKS Ajak Warga Tetap Semangat Berjuang Wujudkan Tanggal Lahir » Gosip Garut - WisataHits
Jawa Barat

Kunjungi Garut Selatan, DPRD PKS Ajak Warga Tetap Semangat Berjuang Wujudkan Tanggal Lahir » Gosip Garut

GOSIPGARUT.ID — Anggota parlemen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPRD Garut, Karnoto, S.Kep, M.Si, beberapa hari terakhir berkunjung ke beberapa kecamatan di Garut Selatan untuk menjalin silaturahmi dengan sejumlah kelompok masyarakat. Banyak yang dibahas dalam percakapan pribadi dengan warga, termasuk rencana pemekaran daerah.

Menurut anggota Komisi IV ini, proses pembangunan Garut Selatan sudah hampir mencapai tahap akhir, yakni tinggal “ketukan palu” (ratifikasi) di DPR RI dan pemerintah pusat. Soalnya ‘ketukan palu’ itu belum dilakukan karena pemerintah pusat masih memberlakukan moratorium pemekaran daerah yang saya belum tahu sampai kapan dicabut.

“Proses pemekaran Garut Selatan sudah berlangsung lama. Berbagai langkah telah dilakukan, mulai dari DPRD Garut yang mengeluarkan peraturan daerah pemekaran Garut Selatan, hingga DPRD Jawa Barat yang diusulkan ke tingkat pusat melalui peraturan daerah yang dikeluarkannya. Sekarang tinggal menunggu itikad baik dan kemauan politik dari pemerintah pusat untuk segera melakukan pemekaran Garut Selatan,” kata Karnoto.

Ditegaskannya, harapan masyarakat Garut Selatan agar daerah yang kaya akan berbagai potensi ini menjadi Daerah Otonom (DOB) baru yang terus diperjuangkan. Untuk itu, Karnoto menghimbau seluruh elemen masyarakat untuk tetap semangat dan bersatu padu dalam perjuangannya.

“Saya berpesan kepada masyarakat Garut Selatan untuk memiliki semangat juang. Kita harus optimis (harapan pemekaran daerah akhirnya terwujud),” ujarnya saat mendampingi Wakil Bupati Garut Helmi Budiman dalam peresmian Masjid Agung Kabupaten Talegong, Kamis (18/8/2022).

Sebelum ke Talegong, Karnoto bertemu dengan kelompok masyarakat di Kecamatan Banjarwangi, Pameungpeuk, Caringin dan Cisewu. Rencananya setelah Talegong, ia juga akan mengunjungi masyarakat di Kecamatan Bungbulang dan Pakenjeng.

Karnoto optimis pemekaran daerah di Kabupaten Garut akan berlangsung selama suksesi kepemimpinan di tingkat pusat yaitu dari Presiden Joko Widodo ke Presiden berikutnya tidak menghambat proses pemekaran Kabupaten Garut, sehingga harapan untuk Garut tiga daerah (Garut Selatan, Garut Tengah dan Garut Utara) sudah benar.
Karnoto (tengah) didampingi Kepala Desa Pamalayan, Kecamatan Cisewu – Budi Rahmat (kanan). (Foto: Jurnal Friealis)

“Saya melihat Garut Selatan memiliki sejumlah potensi yang bisa dimajukan dan dikembangkan. Garut Selatan memiliki potensi pariwisata, pertanian, perkebunan, pertambangan dan perdagangan. Garut Selatan juga memiliki SDM yang cerdas, aktif dan maju,” ujarnya.

“Saya kira dengan dukungan semua pihak serta dukungan pemerintah pusat berupa DOB, Garut Selatan akan menjadi daerah yang maju dan sejahtera bagi warganya,” tambah Karnoto.

Ia menyampaikan, untuk pembentukan DOB Garut Selatan ke depan, perlu dilakukan beberapa langkah, baik secara manajerial maupun kerjasama lintas sektor dan lintas program, yang bersifat imperatif dan perlu dipenuhi oleh masyarakat.

Misalnya ketersediaan perguruan tinggi, ketersediaan sumber daya manusia di birokrasi, kemudian penataan wilayah ibukota kabupaten, ketersediaan tempat perdagangan, pariwisata dan lain sebagainya. Mulai sekarang semuanya harus diatur.

“Ini juga harus dilakukan, termasuk langkah politik untuk melobi pemerintah di tingkat pusat,” pungkas Karnoto. ***

Source: www.gosipgarut.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button