Perusahaan pariwisata di Cianjur diminta meningkatkan pengawasan saat hujan deras - WisataHits
Jawa Barat

Perusahaan pariwisata di Cianjur diminta meningkatkan pengawasan saat hujan deras

CIANJUR (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengimbau perusahaan pariwisata meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap wisatawan yang datang ke wisata air dan wisata alam untuk mencegah jatuhnya korban bencana alam akibat hujan lebat.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Jumat mengatakan, hujan lebat yang turun setiap hari dapat memicu bencana alam mulai dari longsor, banjir, gerakan tanah dan pohon tumbang, apalagi di objek wisata alam yang terletak di Cianjur tersebar luas.

Baca Juga : Cianjur Siapkan Rp 205 Miliar Untuk Bangun Jalan Di Wilayah Selatan

“Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kepada wisatawan, kami meminta para pemangku kepentingan pariwisata di Cianjur untuk mengingatkan wisatawan yang datang untuk tidak berteduh di bawah pohon yang rawan tumbang atau bermain air di air terjun dan pantai karena berisiko tinggi,” ujarnya. .

Pihaknya juga meminta para relawan BPBD Cianjur untuk bersiaga di setiap objek wisata, terutama di akhir pekan, untuk cepat tanggap terhadap bencana alam di objek wisata karena sebagian besar wilayah Cianjur masuk dalam Zona Merah Bencana Jawa Barat.

Kepala BPBD Cianjur Rizal mengatakan, untuk mengantisipasi bencana alam di sejumlah properti wisata di Cianjur dari utara hingga selatan, pihaknya menyiagakan hingga lima Relawan Tangguh Bencana (Retana) yang dibantu relawan Pengawas dan Pemantau lainnya.

Baca Juga: Pemkab Cianjur Usulkan Kenaikan UMK 15 Persen ke Pemprov Jabar

“Hujan lebat diperkirakan terjadi akhir tahun ini. Kami meminta para relawan di setiap kawasan objek wisata berada untuk melakukan pengawasan dan segera melakukan evakuasi jika melihat tanda-tanda alam akan datangnya bencana,” ujarnya.

Relawan siaga diminta untuk membuat laporan setiap hari dan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan pariwisata atau pengelola objek wisata agar dapat mengambil tindakan cepat jika melihat tanda-tanda bencana yang akan datang.

Baca Juga: Polres Cianjur Terapkan Hukuman Tembak di Tempat Bagi Pengacau Geng Motor

“Kami juga meminta relawan untuk melakukan bakti pantai, menghimbau dan mengimbau kepada wisatawan untuk tidak bermain di pantai saat ombak sedang tinggi atau di air terjun wisata saat hujan deras untuk menghindari korban jiwa,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button