Konduktor, Layanan Garis Depan, bekerja sambil bepergian - WisataHits
Jawa Timur

Konduktor, Layanan Garis Depan, bekerja sambil bepergian

jakarta

Orang normal mungkin paling mudah mengenali tugas itu konduktor adalah pengecekan tiket, meskipun pada kenyataannya lebih dari itu. Apa itu?

Seorang kondektur bertanggung jawab penuh atas pengoperasian kereta api, seperti: B. dukungan masinis saat kereta berangkat. Sebagai garda terdepan pelayanan, kondektur juga berwenang untuk menyelesaikan keluhan pelanggan selama perjalanan kereta api.

“Peran utama kondektur adalah memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang sejak naik kereta api dalam perjalanan ke tempat tujuan,” kata kondektur Anggrek Argo Bromo Achmad Bolkiah Jakarta – Surabaya, Sabtu (23/7/2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Pria kelahiran Jakarta 15 November 1994 ini bergabung dengan PT kereta Indonesia (KAI) sejak 1 Juni 2019. Setengah tahun kemudian, setelah menjalani orientasi perusahaan dan pelatihan khusus, ia mulai bekerja sebagai konduktor pada 1 Desember 2019.

Sebagai kondektur, ia membawahi dua masinis, seorang polisi, empat pramugari, tiga petugas kebersihan (cleaning on trip) dan seorang teknisi. Selama tinggal di Jakarta, rute resminya dimulai dari Jakarta ke sejumlah kota di Jawa Barat, Tengah dan Timur yaitu Jakarta – Bandung, Jakarta – Semarang, Tegal, Purwokerto, Solo, Yogyakarta dan Jakarta – Surabaya.

Segera setelah lulus dari Diploma-3 Manajemen Informatika di Institut Informatika & Bisnis Darmajaya Bandar Lampung, 2016, Achmad Bolkiah langsung melamar menjadi konduktor. “Biarkan aku bekerja di jalan,” katanya.

Kesempatan berwisata ke tempat-tempat yang terkenal sebagai perhentian kota atau tempat wisata atau sekedar mencicipi menu kuliner terkenal sangat memungkinkan. Karena setiap kali mereka bertugas, kondektur dan kru biasanya memiliki waktu luang yang cukup untuk itu.

Pada hari Sabtu misalnya, Achmad Bolkiah ternyata hanya melayani dari Jakarta hingga Semarang. Tugas dan tanggung jawabnya kemudian digantikan oleh Oki Tri Cahyono ke Surabaya. Nah, sembari menunggu Argo Bromo pulang ke Jakarta, biasanya dia menunggu di mess yang disediakan.

“Saat tidak istirahat, kita mengunjungi tempat-tempat yang menjadi ikon kota atau tempat wisata, atau sekadar mencoba kuliner terkenal,” ujarnya.

Achmd Bolkiah mengaku tertarik melamar ke KAI karena merasa menjadi salah satu perusahaan transportasi dengan pelayanan terbaik. Sistem rekrutmen, jenjang karir dan tunjangan cukup baik. “Tidak ada pemotongan gaji bagi kami selama pandemi,” katanya.

Berkaitan dengan suka dan duka atau momen terindah, yang sekaligus membuatnya sedih dalam pekerjaan ini karena ia sering tidak bisa bersama keluarganya di momen-momen spesial. Misalnya saat lebaran, natal dan tahun baru serta libur panjang sekolah, biasanya ia hanya meluncur di atas rel. Karena pada saat-saat seperti itu, perjalanan kereta api biasanya penuh.

“Tentu sebagai pejabat kami senang bisa membawa penumpang pulang ke kampung halaman bersama keluarga,” kata Achmad Bolkiah.

Saksikan video “Mendobrak Palang, Pengendara Motor Tewas Ditabrak Kereta Api di Karawang”.
[Gambas:Video 20detik]
(jat/perempuan)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button