Rusa liar dari hutan Raden Suryo masuk desa Pacet, Mojokerto, BKSDA Jawa Timur mengobati luka - WisataHits
Jawa Timur

Rusa liar dari hutan Raden Suryo masuk desa Pacet, Mojokerto, BKSDA Jawa Timur mengobati luka

Berita Mojokerto

SURYA.co.id | MOJOKERTO – Seekor rusa jantan memasuki kawasan pemukiman di Dusun/Desa Kemiri, Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Rusa atau muncak ini diyakini telah berpisah dari kawanannya hingga meninggalkan hutan lindung di RPH 07 (Taman Hutan Raden Suryo) di kawasan Tahura menuju desa.

Pengendali Ekosistem Hutan/Ka RKW 09 BKSDA Mojokerto Jawa Timur, Fajar Dwi Nur Aji menjelaskan, pihaknya telah mendapat informasi dari masyarakat tentang keberadaan rusa yang nyasar masuk ke desa tersebut.

Warga sekitar pertama kali melihat rusa liar ini sekitar pukul 05.10 WIB dalam keadaan kebingungan di Jalan Desa Kemiri.

Mereka pun berinisiatif menyelamatkan hewan bertanduk ini yang kabur sekitar dua kilometer ke arah selatan dan masuk ke kamar mandi warga setempat.

“Warga berusaha menyelamatkan rusa yang masuk kamar mandi sekitar pukul 06.30 WIB dengan cara ditangkap dengan karung. Rusanya luka di kaki,” kata Fajar, Rabu (21 September 2022).

Fajar mengatakan, petugas Tahura RPH 07 Mojokerto dan BKSDA yang tiba di lokasi mengamankan hewan berjuluk Muntiacus Muntjak itu untuk dievakuasi.

Nantinya, rusa hasil tangkapan warga tersebut akan merehabilitasi luka tersebut dan mengembalikannya ke habitat aslinya.

“Ada luka di kaki rusa, setelah dirawat akan kita evakuasi untuk pemulihan,” ujarnya.

Menurut dia, kijang tersebut menjalani perawatan luka dan trauma usai dievakuasi dalam tur camping Surya di Clakett, Kabupaten Pacet.

“Rusa ini sudah dievakuasi dan saat ini diamankan di kantor Tahura RPH 07 Mojokerto,” pungkasnya.

Source: surabaya.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button