KTT G20 Dongkrak Okupansi Hotel di Yogyakarta - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

KTT G20 Dongkrak Okupansi Hotel di Yogyakarta – ANTARA News Yogyakarta

YOGYAKARTA (ANTARA) – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut KTT G20 di Nusa Dua, Bali, berkontribusi positif terhadap peningkatan okupansi kamar atau okupansi hotel di provinsi itu.

“Meskipun KTT G20 diadakan di Bali, namun dampaknya luar biasa karena mereka adalah penggembira, artinya anggota keluarga (delegasi) juga berkunjung ke Yogyakarta,” kata Ketua PHRI-DIY Deddy Pranawa Eryana saat tiba di Yogyakarta, Selasa. dihubungi.

Menurutnya, meski KTT G20 digelar di Bali, agenda tersebut berdampak positif bagi revitalisasi ekonomi DIY.

Dikatakannya, baik hotel berbintang maupun non bintang di DIY mengalami peningkatan okupansi sejak pekan lalu, dengan persentase rata-rata mencapai 80 persen, yang diperkirakan akan terus berlanjut hingga Desember 2022.

“Kami di PHRI DIY sedang menikmati kebangkitan ini dengan tingkat hunian rata-rata 80 persen di seluruh hotel dan restoran,” kata Deddy.

Selain didorong oleh kunjungan tamu dari negara-negara G20, katanya, momentum Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Solo, Jawa Tengah, juga turut mendongkrak tingkat hunian kamar hotel di provinsi tersebut.

“G20 dan Muktamar Muhammadiyah terkait dalam peningkatan okupansi Yogyakarta,” katanya.

Dalam jangka panjang, Deddy berharap KTT G20 di Bali dapat menjadi sarana promosi pariwisata yang efektif di Indonesia, termasuk di sektor DIY.

Pasalnya, kata dia, masih banyak wisatawan mancanegara yang menganggap tujuan wisata Indonesia hanya Bali, padahal masih banyak destinasi unggulan lain selain DIY, seperti Labuan Bajo.

“Hal itu perlu kita jelaskan kepada mereka agar momen G20 ini menjadi momentum yang perlu kita rebut dan tangkap bersama untuk mewujudkannya.merek Pariwisata Indonesia, termasuk DIY,” ujarnya.

Deddy mengatakan wisatawan mancanegara yang datang ke Bali juga biasa mengunjungi Yogyakarta melalui jalur darat, dimulai dari mengunjungi Gunung Bromo, Kabupaten Malang, dan diakhiri ke Yogyakarta.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button