Dalam rangka Dies Natalis ke-4, Komunitas Kebumen Pasiraner mengadakan lomba mancing laut – Kebumen24.com - WisataHits
Yogyakarta

Dalam rangka Dies Natalis ke-4, Komunitas Kebumen Pasiraner mengadakan lomba mancing laut – Kebumen24.com

Dalam rangka Dies Natalis ke-4, Komunitas Kebumen Pasiraner mengadakan lomba mancing laut – Kebumen24.com

AMBAL, Kebumen24.com,- Memperingati hari jadinya yang ke-4, Komunitas Kebumen Pasiraner mengadakan lomba mancing di laut. Panitia akan memberikan hadiah sebesar Rp 7 juta kepada pemenang juara pertama, dengan kriteria mendapatkan ikan bobot terberat.

Lomba dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 8 Januari 2022 di Obyek Wisata Pantai Ambal, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Ribuan peserta dari berbagai daerah di Jawa Tengah mengikuti kegiatan bertemakan “Semua Saudara”.

Ketua panitia yang juga ketua komunitas Pasiran Kebumen, Setya Adi Nurcahya mengatakan, lomba ini rutin digelar setiap tahun. Tujuannya untuk mempererat silaturahmi antar nelayan hobi dari seluruh wilayah Jawa Tengah.

Ia menjelaskan Pasiran Kebumen merupakan Komunitas Nelayan Pasiran atau mereka yang suka memancing di pantai. Acara spesial ini diikuti oleh 1657 peserta dari Pacitan, Yogyakarta, Purworejo, Kebumen, Cilacap dan Wonosobo yang tergabung dalam 82 komunitas nelayan.

”Perlombaan dimulai pukul 07.00 – 11.00 WIB, dengan memperebutkan juara kategori sisik ikan dan non sisik. Dan pemenangnya adalah pemancing yang bisa mendaratkan ikan terberat,” jelasnya.

Selain itu, lomba mancing ini juga sekaligus mendukung program Kebumen Lively, salah satunya menampilkan potensi Obyek Wisata Resmi Pantai Ambal. Termasuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan pedagang.

“Kategori juara disini adalah juara non timbangan dan yang paling keras timbangannya, ada 3 juara non timbangan dan 1 juara, sedangkan juara 1, 2, 3 terdiri dari ikan mamung, bawal kuwe, gatho, istilahnya beda ya. 5.200 ons,” tambahnya.

Sementara itu, Riskiantoro peserta asal Yogyakarta mengaku senang bisa mengikuti lomba mancing ini. Menurutnya, kegiatan ini dapat mempererat tali persaudaraan para nelayan amatir.

“Ini bagus sekali, jadi tambah keluarga, teman dan pengalaman serta menambah wawasan baru. Harga pintunya juga lumayan, ada kulkas, kipas angin, sepeda dan sebagainya,” ujarnya. (k24/*).

Gambar gravatar

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button