Kota Pekalongan menguji keterampilan barista kopi - WisataHits
Jawa Tengah

Kota Pekalongan menguji keterampilan barista kopi

Pekalongan (ANTARA) – Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menyelenggarakan pelatihan dan uji kompetensi bagi 25 pemangku kepentingan (barista) industri kopi untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan kompetensi terkait kopi.

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid mengatakan, Senin di Pekalongan, saat ini konsumsi kopi sudah menjadi gaya hidup tidak hanya kalangan atas tetapi juga kalangan bawah dan milenial sebagai tren gaya hidup.

“Kopi ini juga menjadi sebuah karya seni karena setiap pembuat kopi atau barista memiliki cita rasa yang berbeda-beda,” ujarnya.

Ia mengapresiasi uji kompetensi dan pelatihan barista kopi yang digagas Kementerian Perdagangan, Koperasi dan UKM, yang berlangsung pada 12-16 September 2022.

Baca Juga: Tunanetra Temanggung Ikuti Pelatihan Barista

Perkembangan bisnis minuman kopi, kata dia, saat ini sangat luar biasa, terbukti dengan menjamurnya banyak kafe atau kafe yang turut mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Selain itu, Indonesia merupakan negara keempat terbesar sebagai penghasil kopi. Kami berharap produk kopi dari negara kita sendiri, khususnya dari Kota Pekalongan, harus diutamakan, bukan sebaliknya, menyukai kopi dari luar negeri,” ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Pekalongan Budiyanto mengatakan pelatihan dan uji kompetensi ini menyasar 25 barista dari kedai kopi yang sudah memiliki nama dan kedai kopi yang merintis.

Tujuan dari pelatihan dan penilaian kompetensi ini adalah untuk meningkatkan kompetensi, wawasan dan keterampilan para barista sehingga dapat lebih memajukan industri kopi di daerah ini.

“Gunakan pelatihan ini untuk menimba ilmu dan keahlian sehingga nantinya dalam penerapannya akan menjangkau banyak konsumen dan pelanggan, karena saat ini hampir semua masyarakat pecinta kopi,” ujarnya.

Baca Juga: Gemawang Gelar Pelatihan Barista Milenial Virtual
Baca Juga: Kampoeng Kopi Banaran Tawarkan Wisata Edukasi Outdoor ‘Kelas Barista’
Baca Juga: Kaesang Memulai Bisnis Kopi Sejak Mengikuti Kelas Barista

Source: jateng.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button