Kawasan Ampelgading Kabupaten Semarang menjadi sentra buah alpukat berkualitas tinggi - WisataHits
Jawa Tengah

Kawasan Ampelgading Kabupaten Semarang menjadi sentra buah alpukat berkualitas tinggi

(Beritaarea – Semarang) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus mendorong produksi pertanian dan perkebunan untuk memasuki pasar ekspor di setiap daerah. Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Semarang untuk memanfaatkan lahan sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani melalui pertanian adalah budidaya tanaman alpukat. Saat ini kawasan Dusun Ampelgading di Desa Kenteng, Bandungan, Kabupaten Semarang dijadikan sentra produksi alpukat berkualitas.

Usai penanaman bibit alpukat oleh PT PLN (Persero) Unit Pengembangan Jawa Tengah (PLN UIPJBT) di Dusun Ampelgading pada Kamis pagi (24/11/2022), Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengatakan, kawasan Ampelgading selain tersedia lahan yang luas, daerah tersebut dianggap cocok untuk budidaya alpukat.

“Hari ini kami menanam 3.000 pohon alpukat jenis Pluwang kualitas tinggi dengan dukungan PT PLN. Bulan depan sekitar 15.000 bibit alpukat akan didukung oleh pemerintah pusat (pemerintah). Kawasan Bandungan hulu akan menjadi sentra alpukat unggul ,” kata Ngesti seperti dikutip laman Provinsi Jawa Tengah, Jumat (25/11).

Bupati Semarang mengatakan dipilihnya alpukat karena buah ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Waktu panennya juga relatif singkat, sekitar tiga sampai empat tahun. Selain itu juga bisa menjadi tanaman tegakan pencegah longsor di dataran tinggi Bandungan. Alpukat Pluwang jenis ini merupakan benih lokal berkualitas tinggi yang telah tersertifikasi. Diharapkan hasilnya dapat dirasakan oleh warga desa Kenteng dan Candi tetangga.

Sementara itu, PT PLN UIP JBT menyampaikan 3.000 bibit alpukat dibagikan kepada kelompok tani, kelompok sadar wisata dan warga desa Kenteng dan Candi melalui Achmadi Abas, Manajer Senior II operasi konstruksi. Total ada 250 warga yang akan menanamnya di lahan seluas 29 hektar. Bantuan bibit tanaman ini merupakan bentuk kepedulian PT PLN terhadap pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya pembangunan lingkungan.

Sementara itu, Nurtatik Kepala Desa Kenteng mengucapkan terima kasih atas kepedulian PT PLN terhadap kesejahteraan warga dan berharap dukungan dan kerjasama ini dapat terus berlanjut di masa mendatang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button