Koinkita.com Gelar Pelatihan Disabilitas Bagi UMKM di Kerten Solo - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Koinkita.com Gelar Pelatihan Disabilitas Bagi UMKM di Kerten Solo – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Program Rumah Kreatif untuk Disabilitas Batch III digelar Koinkita.com pada Sabtu (24/12/2022) di Desa Kerten, Laweyan, Kota Solo. (Spesial)

Solopos.com, SOLO — Koinkita.com menggelar Program Rumah Kreatif untuk Difabel Batch ke-3 bekerja sama dengan Desa Kerten, Kecamatan Laweyan, Solo pada Sabtu (24/12/2022). Acara yang berlangsung di balai desa Kerten ini diikuti oleh 10 peserta terpilih yang merupakan UMKM penyandang disabilitas dan berdomisili di Kerten.

Mengacu pada izin yang diterima Solopos.com, mengawali pertemuan ini dengan motivasi pemberdaya mental berjudul Bekerja Tanpa Batas oleh Sri Hartati, yang tak lain adalah penyandang disabilitas yang aktif secara sosial dan berwirausaha. Materi kedua berjudul Eksistensi UMKM Melalui Kanal Digital & Tempat Usaha oleh Nanang Munawar. Beliau menjelaskan strategi pemasaran dengan menggunakan teknologi digital.

Green Tokopedia Promotion mengajak UMKM dan Pemda untuk mempromosikan produk ramah lingkungan

Sekitar 90 orang penyandang disabilitas tinggal di Kelurahan Kerten. Setelah melalui proses asesmen, hingga 15% penyandang disabilitas yang tingkat kemandiriannya selalu dibantu (tidak bermotor) menjadi sasaran penerima manfaat secara bertahap berupa sembako.

Program rumah kreatif untuk difabel berlangsung dalam beberapa tahap. Fase ini meliputi pelatihan, pendampingan, kunjungan bisnis, pemutusan hubungan kerja dan pemberian modal usaha kepada peserta terbaik.

Baca Juga: Tak Semua Tempat Umum Ramah Difabel, Dinas Sosial Sragen: Perlu Sosialisasi

“Kami bersaing untuk keikutsertaan peserta dalam pelatihan dan menggunakan stimulator modal usaha yang disediakan untuk pengembangan usaha. Peserta terbaik akan mendapat tambahan modal usaha,” kata Hafid Tamimi, Ketua Yayasan Solusi Kita, yang juga hadir memberikan sambutan di sela-sela acara.

“Mudah-mudahan acara seperti ini bisa dilanjutkan untuk penyandang disabilitas lainnya,” Hermin, peserta yang memiliki usaha membuat bumbu nasi goreng.

Koinkita.com di bawah payung hukum Yayasan Solusi Kita adalah organisasi sosial kemanusiaan yang fokus pada isu yatim piatu dan disabilitas. Sejauh ini, Koinkita.com telah melaksanakan program Rumah Kreatif untuk Disabilitas untuk ketiga kalinya sejak tahun 2020. slogan #MerekaBisaSamaKoinkita.com berharap dapat berperan aktif dalam pemberdayaan penyandang disabilitas di SoloRaya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button