Solo dan perkembangannya hingga saat ini - WisataHits
Jawa Tengah

Solo dan perkembangannya hingga saat ini

Solo dan perkembangannya hingga saat ini

Dari: DR.Purwanto Yudhonagoro, SE, M.Par., CHA.*)

BAN Saat ini pembangunan di Kota Solo hampir merata di seluruh pelosok kota. Mulai dari pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed, Taman Pracima Tuin Mangkunegaran, renovasi Stadion Manahan dan Kebun Binatang Safari Solo yang baru saja diresmikan dan terbuka untuk dikunjungi.

Perkembangan ini tidak lepas dari kepemimpinan “Mas Walikota” dan jajarannya, tetapi juga dari dukungan masyarakat Solo untuk menjadikan Kota Bengawan lebih baik lagi.

Wajar saja, dengan fase pembangunan yang masif ini, daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara akan tertuju pada kota ini. Hal ini juga mendukung perkembangan ekonomi Kota Solo menuju tren positif, khususnya di bisnis pariwisata dan perhotelan.

Tentunya karena banyaknya tempat wisata baru di sekitar Kota Solo dan empat kabupaten lain di sekitar eks Karesidenan Surakarta, tingkat hunian tamu hotel juga akan meningkat, sehingga wisatawan harus tinggal lebih lama di Kota Solo.

Selain itu, UMKM (seperti toko cinderamata, batik dan kerajinan lainnya) juga didorong untuk lebih meningkatkan omzet usahanya, karena banyak wisatawan yang tidak mau pulang dengan tangan kosong, melainkan memenuhi oleh-oleh di tempat wisata dan pusat perbelanjaan di Kota Solo.

Kita bisa melihat bagaimana perputaran ekonomi berjalan dengan meningkatnya kunjungan ke kota Solo. Masyarakat senang karena usahanya lancar dan target pendapatannya dapat terpenuhi, serta wisatawan menikmati pengalaman berwisata yang tak terlupakan di kota Solo.

Namun dibalik semua itu ada hal yang menurut saya perlu diperhatikan bahwa pembangunan pembangunan ini harus menjadi langkah menjaga kemajuan dan stabilitas perekonomian warga kota Solo yang mengalami pasang surut sejak Covid. – 19 pukulan.

Selain itu, Kota Surakarta harus selalu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan di tingkat nasional dan internasional untuk menarik wisatawan, seperti kegiatan tahunan yang telah dilakukan sebelumnya.

Dan satu lagi, pembangunan ini tidak harus dijadikan kepentingan politik, tetapi dilakukan atas dasar keikhlasan hati nurani dan keikhlasan yang kuat dalam melayani warga dan memajukan kota Solo. Karena jika tidak dibarengi dengan niat baik tersebut maka akan hilang seketika.

Perlu kita sadari bahwa membangun sebuah kota dan memajukannya tidaklah mudah. Apalagi berubah gambar kota sekaligus.

Ada banyak elemen yang perlu dimasukkan serta keyakinan yang kuat. Sangat disayangkan jika capaian dan perkembangan kota Solo di masa lalu dirusak oleh kepentingan lain dan kemajuannya menjadi bumerang di kemudian hari.

Penghuni hanya membutuhkan kenyamanan dan keamanan serta kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan dasarnya sehari-hari melalui usaha dan pekerjaan yang mereka geluti tidak lebih dari itu.

Selain itu, Anda juga bisa membahagiakan diri sendiri dan keluarga dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang menarik, mudah dijangkau, dan harga yang terjangkau.

Saya yakin setiap kebijakan Pemerintah Kota Surakarta akan selalu mendapat dukungan dari masyarakat, sekalipun ada yang menentang.

Tidak masalah, itu normal dan bagian dari itu pemisahan kekuatan bahwa pemerintah lebih berhati-hati dalam melaksanakan kebijakannya dan tentunya memberikan efek positif yang lebih merata di masyarakat.

Solo yang saya kenal adalah kota yang selalu berbudaya, ramah, damai dan nyaman untuk semua orang. Saya sangat berharap keempat hal ini akan selalu ada di kota Solo hingga nanti.

Kota Solo akan tetap menjadi barometer perkembangan daerah lain di tengah kemajuan zaman, khususnya pariwisata dan perhotelan.

Pengusaha juga harus selalu memiliki strategi yang tepat dan terbarukan untuk terus memenuhi tujuan pendapatan mereka di tengah persaingan perusahaan yang semakin ketat.

Kawasan sekitar Kota Solo sangat mendukung keberadaan berbagai tempat wisata alam, sejarah, dan kekinian.

Tinggal kita sebagai warga kota Bengawan dan pemerintahnya untuk terus melestarikan dan menampilkan ciri khas kota Solo yang akan selalu dikenang sehingga menjadi tujuan utama para wisatawan.

Maka tahun 2023 merupakan momentum yang tepat untuk lebih memajukan pariwisata kota Solo. Hal ini juga dipertegas dengan pernyataan pemerintah pusat di berbagai media massa bahwa tahun 2023 merupakan tahun yang sangat baik untuk mendongkrak pariwisata RI.

Mari bersinergi menjaga kota Solo agar terus berkembang demi promosi pariwisata daerah yang lebih baik lagi.

*) Akademisi dan stakeholder pariwisata

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button