Kendal Square Wisata Murah Berbagai Aktivitas Seru - WisataHits
wisatahits

Kendal Square Wisata Murah Berbagai Aktivitas Seru

Harga Tiket Masuk Kendal Square : Gratis Jam Buka : 24 jam No. Telepon: -Alamat: Karanggeneng, Pegulon, Kendal, Kendal, Jawa Tengah, Indonesia, 51313

Alun-alun Kendall merupakan ruang terbuka hijau di Kabupaten Kendal. Bentuknya berupa lapangan seluas minimal 5.000 m2 yang dipenuhi rerumputan hijau. Sayangnya, tidak semua permukaan bumi ditumbuhi rumput. Sebagian masih berupa tanah berpasir.

Namun kawasan ini cukup rindang dengan pepohonan hijau yang mengelilingi taman. Menariknya, lokasi Alun-alun ini dekat dengan beberapa bangunan penting Kabupaten Kendal. Misalnya Masjid Raya Kendal, Taman Garuda dan Kantor Bupati.

Harga Tiket Alun-Alun Kendal

Sama seperti wisata alun-alun pada umumnya. Kawasan ini tidak memungut biaya masuk kepada pengunjung. Semua orang bisa pergi ke sana secara gratis.

Harga tiket dan wahana
Tiket masuk Gratis
Berkendara di sekitar alun-alun Rp 10.000

Baca: PANTAI CAHAYA Tiket murah banyak rute

Jam buka

Kendal Square buka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Biasanya kawasan ini ramai pada akhir pekan dan tanggal merah. Tidak ada batasan waktu untuk jam buka. Karena dalam satu hari pengelola membukanya selama 24 jam berturut-turut.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Obyek wisata Alun-alun Kendal

Alun-alun Kendal memiliki daya tarik yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Di sekeliling taman terdapat masjid terkenal bernama Masjid Agung Kendal. Lalu ada juga Taman Garuda yang asri dengan pepohonan dan tumbuhan hijau. Sedangkan di Alun-alun terdapat wahana permainan dan wisata kuliner khas nusantara.

Masjid Agung Kendal

Suasana Masjid Agung Kendal di malam hari.Keunikan Masjid Agung Kendal terletak pada 16 tiang penyangganya yang merupakan peninggalan Wali Joko. Foto: Googlemap/Voyage Lalas

Kabupaten Kendal terkenal dengan bangunan masjid yang berusia ratusan tahun. Namanya Masjid Raya Kendal yang dibangun oleh Raden Suweryo atau Wali Joko. Didirikan sekitar abad ke-15 pada masa Kesultanan Demak. Lokasinya di Jalan Raya Barat dekat kantor Bupati Kendal seberang alun-alun.

Masjid ini telah mengalami beberapa kali renovasi. Tapi masih ada bagian yang tidak berubah. Yakni 16 pilar yang merupakan warisan dari Wali Joko. Selain itu juga terdapat mimbar, jendela, kusen, pintu, dan maksurah.

Dahulu bentuk bangunan Masjidil Haram masih sederhana dan beratap kayu tipis. Namun kini berdiri megah dengan hiasan kubah emas di atapnya. Dan tepat di depan masjid, terdapat menara hijau yang sangat tinggi. Dilihat dari kejauhan, desainnya menyerupai Masjid Raya Kota Demak.

Baca: MEDINI TEA GARDEN Kendal: Tiket dan Pesona Perbukitan Hijau

Taman Garuda

Taman Garuda di Lapangan Kendal.Taman Garuda memiliki ikon patung Garuda berukuran besar dan bercorak keemasan. Foto: Googlemap/Kurniawan Bayu Wicaksono

Selain Masjid Raya Kendal, Alun-alun juga memiliki daya tarik Taman Garuda. Padahal sebenarnya lokasi taman itu bukan bagian dari Alum-alum. Tapi itu di luar dan posisinya berhadap-hadapan. Jika Anda ingin pergi ke taman, Anda harus menyeberang jalan utama terlebih dahulu.

Keberadaan Taman Garuda sendiri berfungsi sebagai paru-paru kota sekaligus sebagai daerah resapan air. Suasana di dalamnya begitu asri karena banyak pepohonan rindang dan tumbuhan hijau yang tumbuh. Tak lupa juga ada meja dan bangku taman. Wisatawan dapat bersantai dengan nyaman sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

Luas Taman Garuda diperkirakan sekitar 1500 meter persegi. Meski tidak terlalu besar, kawasan ini selalu ramai pengunjung setiap Minggu pagi. Terutama dari pengguna jalan yang berhenti sejenak untuk beristirahat. Ada juga taman bermain anak-anak di area ini.

Baca: CURUG SEWU Kendal: Tiket dan Aneka Kegiatannya

Dipasang

Mobil mainan anak-anak di Kendal Square.Mobil mainan untuk anak-anak di Kendal Square. Foto: Google Maps/Ania Maharanidll

Atraksi Kendal Square lainnya adalah area bermain anak. Di sekitar alun-alun terdapat berbagai jenis wahana seru. Diantaranya adalah kereta api mini, kolam pemancingan, wahana permainan, mobil mainan dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menikmatinya, pengunjung harus membayar tiket permainan, karena semua wahana ini dikelola oleh perorangan. Jangan khawatir, harga tiketnya cukup terjangkau dan tidak akan menguras dompet Anda.

Wisata kuliner

Restoran ramai di Kendal Square.Kendal Square menawarkan berbagai wisata kuliner khas Indonesia seperti soto, sate ayam, bubur dan masih banyak lagi. Foto: Googlemap/Jony Edward

Tidak hanya menghadirkan berbagai wahana. Kendal Square juga menawarkan wisata kuliner yang cukup lengkap. Sebagian besar PKL adalah PKL yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan utama. Menu yang ditawarkan adalah masakan khas Indonesia.

Salah satu makanan yang paling terkenal adalah jajanan pasar tradisional Aoul. Bahan dasarnya adalah parutan singkong yang dicampur dengan gula merah. Teksturnya sangat lembut saat disentuh lidah. Masih ada jajanan Wajik, Andil-andil dan Gemblong.

Dan untuk makanan berat, ada beberapa yang sangat unik. Misalnya sate kelinci dan pecel semanggi dengan sate keong di sampingnya. Memang cukup ekstrim, tapi ada orang yang menyukai kedua makanan ini. Jika tidak suka turis, Anda bisa mencoba soto, bubur ayam, dan sate ayam.

Baca: Tiket Pantai Kemangi Kendal Indah dan Beragam Wahananya

Fasilitas Alun-alun Kendal

Fasilitas wisata umum di Alun-alun Kendal cukup memadai. Disini terdapat tempat parkir luas yang dapat menampung sepeda motor atau mobil dalam jumlah banyak. Belum lagi ada juga toilet, masjid, dan tempat makan. Satu-satunya tempat makan di alun-alun adalah menggunakan tempat duduk bersila di atas tikar.

Lokasi Alun-alun Kendal

Alun-alun Kendal terletak di Karanggeneng, Pegulon, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya tepat di seberang Taman Garuda.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button