Kekayaan pertanian Banyuwangi dipamerkan di Festival Bunga - WisataHits
Jawa Timur

Kekayaan pertanian Banyuwangi dipamerkan di Festival Bunga

Liputan6.com, Banyuwangi – Pertanian merupakan salah satu sektor unggulan Banyuwangi. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan sektor ini. Salah satunya adalah penyelenggaraan festival bunga yang menampilkan berbagai kekayaan pertanian daerah.

Jika sebelumnya acara serupa digelar di kawasan perkotaan Banyuwangi, kali ini festival yang memadukan unsur pariwisata, pendidikan, dan potensi pertanian itu akan digelar di kawasan selatan, tepatnya di Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, mulai 18 Agustus mendatang. hingga 24 Oktober 2022.

Beragam jenis tanaman hias, hortikultura, makanan dan produk unggulan Banyuwangi lainnya dipamerkan di lahan seluas satu hektare di festival bunga ini. Aneka tanaman warna warni yang tertata apik dipadukan dengan berbagai ornamen pertanian menambah nuansa daya tarik.

“Kalau biasanya kita pelihara di sekitar wilayah kota Banyuwangi, sekarang kita bawa ke selatan karena daerah ini memiliki potensi pertanian yang besar. Kami menjaganya di lahan pertanian milik petani. Ini juga untuk mendukung petani,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Sabtu (22/10/2022).

Ipuk menjelaskan Festival Bunga merupakan wadah bagi para petani dan penggiat pertanian untuk menampilkan produk unggulan mereka.

“Dalam festival ini kami bekerja sama dengan komunitas pertanian yang berbeda. Diawali dengan hortikultura hias, hortikultura, nutrisi dan komunitas tani lainnya. Kami juga mengundang komunitas Jagoan Tani,” kata Ipuk.

Jagoan Tani merupakan program yang digagas Ipuk sejak tahun 2020. Program ini merupakan inkubasi bagi pemuda Banyuwangi yang tertarik dengan dunia pertanian dan berbagai subsektornya.

Peserta diperkenalkan dengan berbagai pengetahuan baru dalam dunia pertanian oleh banyak mentor yang terdiri dari praktisi tingkat nasional. Mulai dari teknik budidaya hingga pemasaran. Sudah banyak lulusan Jagoan Tani yang kini mengembangkan usaha di dunia pertanian.

Inilah fenomena langka yang terjadi di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat. Bunga bangkai spesies Amorphophallus Titanum mekar sempurna. Ini hanya terjadi sekali dalam 3 atau 4 tahun hanya selama 5 hari.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button