Keris Aeng Tongtong Kabupaten Sumenep menjadi souvenir resmi KTT G20 di Bali - WisataHits
Jawa Timur

Keris Aeng Tongtong Kabupaten Sumenep menjadi souvenir resmi KTT G20 di Bali

SurabayaNetwork.id- Keris dari Desa Wisata Aeng Tongtong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep ini dijadikan sebagai souvenir resmi KTT G20 Bali.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pembuatan keris Aeng Tongtong menjadi motivasi desa untuk terus menjunjung tinggi budaya bangsa yang memiliki nilai dan filosofi tinggi.

Menurutnya, pada tahun 2005 keris Indonesia telah dikukuhkan oleh UNESCO sebagai World Heritage Site of Intangible People.

“Masyarakat Jawa Timur patut berbangga karena kerajinan Bumi Majapahit ini telah menjadi oleh-oleh bagi delegasi negara-negara KTT G20. Semoga keris dari desa ini bisa menembus pasar ekspor dan semakin mendunia,” ujarnya, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Rangkuman Film Sri Asih Tayang Perdana 17 November 2022, Kisah Seorang Pahlawan Super Indonesia

Ia meyakini setelah KTT G20, nama Desa Wisata Aeng Tongtong Kabupaten Sumenep juga akan semakin terangkat. Selain itu, pada tahun 2014 desa ini dinobatkan sebagai satu-satunya desa wisata dengan empu keris terbanyak di dunia oleh UNESCO.

Desa ini juga berhasil memenangkan dua gelar yang luar biasa. Pertama, Desa Aeng Tongtong memecahkan rekor MURI sebagai desa dengan empu keris terbanyak di dunia.

Dan yang kedua, Desa Aeng Tong Tong juga dinobatkan sebagai Juara 1 ADWI 2022 kategori Daya Tarik Pengunjung.

“Mudah-mudahan jumlah wisatawan yang datang ke desa ini juga meningkat, baik wisatawan domestik maupun mancanegara, sehingga membawa kesejahteraan bagi masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button