Kejuaraan Nasional Arung Jeram Songa Adventure Probolinggo 2022 diikuti oleh 21 provinsi - WisataHits
Jawa Timur

Kejuaraan Nasional Arung Jeram Songa Adventure Probolinggo 2022 diikuti oleh 21 provinsi

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kejurnas Arung Jeram 2022 digelar di Songa Adventure Tour, Desa Condong, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Sebanyak 300 peserta dari 21 provinsi mengikuti olahraga ekstrem yang digelar pekan ini.

Kejuaraan Nasional yang berlangsung sejak Selasa (19/11/2022) hingga Minggu (4/12/2022) ini digelar dalam kategori berbeda, yakni Sprint, Head-to-Head, Slalom, dan Down River Race. Masing-masing kategori terdiri dari beberapa kelas, yaitu kelas terbuka R4 putra dan putri (empat pendayung) untuk kategori muda (U-19), junior (U-23) dan terbuka, serta kelas ekshibisi R4 untuk kategori campuran.

Perlu diketahui, kali ini tempat penyelenggaraan Kejurnas Rafting 2022 berada di Sungai Pekalen “Arung Jeram Songa Adventure”, Desa Pesawahan, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Rafting di lereng Gunung Argopuro dan Gunung Lemongan bisa memompa adrenalin.

Sungai “Petualangan Songa” ini menawarkan beberapa keuntungan, antara lain jeram yang dapat memacu adrenalin. Pasalnya, arus sungai dari awal hingga akhir mengalir dari deras hingga landai dengan panjang kurang lebih 12 kilometer (Km).

Ekstrem dari olahraga ini tentu memuaskan untuk dinikmati. Peserta juga bisa menikmati beberapa pemandangan sambil rafting yang memakan waktu sekitar dua jam.

Ini termasuk jeram ekstrim dengan tingkat kesulitan satu hingga lima, seperti Pyramid, Matador dan Pandawa Rapids. Peserta juga dapat menikmati deras dan dinginnya air terjun Tirai Malaikat yang dikenal dapat menciptakan pelangi yang mengarah ke keberadaan Gua Kelelawar.

Jadi tidak menutup kemungkinan setelah mencoba mengarungi jejak di tempat ini, dijamin ketagihan dan makin penasaran untuk mencoba lagi. Maka dari itu, “Songa Adventure Rafting” tidak diragukan lagi digunakan sebagai tempat perlombaan atau tempat liburan.

Abdullah, Direktur Pelaksana Kejurnas Arung Jeram, menuturkan, di luar dugaan pariwisata di Kabupaten Probolinggo, khususnya Songa Adventure, masih layak dan dipertimbangkan sebagai tempat penyelenggaraan Kejurnas tahun ini. Kejuaraan sebelumnya diadakan di Lampung.

Rafting-Jeram-2.jpgSpot jeram yang akan dilalui oleh tim atlet Rafting National Championship 2022 (Humas Songa Adventure/TIMES Indonesia)

Selama kegiatan itu, kata dia, ada sekitar 40 orang yang menjaga titik-titik terjal di jalur arung jeram. Untuk menjamin keselamatan para atlet selama bertanding, tim penyelamat yang diberangkatkan bukan sembarang orang. Mereka adalah tim penyelamat, salah satunya dari Marinir.

Tak hanya itu, kata dia, Songa Adventure yang menjadi tuan rumah kejuaraan menyiapkan 80 persen kebutuhan acara. Mulai dari perahu, pelampung, dan rakit semuanya disediakan tuan rumah. Sehingga para atlet tidak harus membawa barang berat keluar dari provinsi masing-masing.

“Kami mengurus kebutuhan para atlet. Bahkan, kami memeriksa semua kondisi peralatan untuk memastikan kondisinya baik. Sehingga keselamatan para atlet dapat terjaga dan terjamin,” ujarnya.

Selain itu, Federasi Arung Jeram Indonesia atau Faji Kabupaten Probolinggo menjadi tuan rumah bagi 4 tim yang akan bertanding di kategori kompetitif. Sementara putra daerah itu sudah dua kali meraih emas dan satu kali perak.

“Lomba lari sprint hari ini (Faji Kabupaten Probolinggo) meraih emas, 5 besar Open, 5 besar junior, emas putra, remaja putri perak. Jadi untuk saat ini mereka mendapatkan dua emas dan 1 perak sebagai tuan rumah,” ujarnya.

Sebelumnya, Kabupaten Probolinggo juga menjadi tuan rumah Kejuaraan Daerah Arung Jeram (Kejurda) Jatim 2022 yang digelar selama 3 hari atau berakhir pada Jumat (21/10/2022) sejak Rabu (19/10/2022) di Songa Adventure Rafting, Desa Condong, Kecamatan Gading. , Kabupaten Probolinggo.

Kejuaraan Arung Jeram 2022 diikuti oleh 10 tim peserta. Kini Songa Adventure Kabupaten Probolinggo kembali menjadi tempat diselenggarakannya Kejurnas Arung Jeram 2022.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button