Keseruan para atlet Kejurnas Arung Jeram 2022 di Songa Adventure Probolinggo - WisataHits
Jawa Barat

Keseruan para atlet Kejurnas Arung Jeram 2022 di Songa Adventure Probolinggo

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kejuaraan Nasional Arung Jeram 2022 di Songa Adventure Tour, Desa Condong, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur berlangsung seru. Persaingan antar atlet antar provinsi cukup sengit.

Pada kejuaraan nasional yang berlangsung sejak Selasa (19/11/2022) hingga Minggu (4/11/2022) itu, berbagai jenis pertandingan dipertandingkan. Yakni Sprint, Head to Head, Slalom dan Down River Race. Masing-masing kategori terdiri dari beberapa kelas, yaitu kelas terbuka R4 putra dan putri (empat pendayung) untuk kategori muda (U-19), junior (U-23) dan terbuka, serta kelas ekshibisi R4 untuk kategori campuran.

Venue Kejuaraan Nasional Arung Jeram Nasional 2022 kali ini berada di Sungai Pekalen yang mengalir dari “Arung Jeram Songa Adventure”, Desa Pesawahan, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Di sepanjang Sungai Pekalen, para pecinta arung jeram dan atlet kejuaraan arung jeram nasional dapat menikmati panorama pemandangan indah di sekitar sungai yang mengalir di lereng Gunung Argopuro dan Gunung Lemongan.

Genre “petualangan songa” ini menawarkan beberapa keunggulan. Diantaranya adalah jeram yang bisa memacu adrenalin. Pasalnya, arus sungai berkisar dari deras hingga landai dari awal hingga akhir yang berjarak sekitar 12 kilometer.

Arung jeram yang ekstrim tentu saja memuaskan. Sepanjang perjalanan yang memakan waktu sekitar dua jam ini, pengunjung juga bisa menikmati beberapa pemandangan yang jarang ditemui di sektor pariwisata.

Ini termasuk jeram ekstrim dengan tingkat kesulitan satu hingga lima, seperti Pyramid, Matador dan Pandawa Rapids. Pengunjung juga bisa menikmati derasnya air terjun tirai bidadari yang deras dan dingin, yang diketahui bisa membuat pelangi tiba-tiba muncul di goa kelelawar.

Jadi tidak menutup kemungkinan sekali anda mencoba berlibur ke tempat ini, dijamin anda akan ketagihan dan semakin penasaran untuk mencoba lagi. Maka dari itu, “Songa Adventure Rafting” tidak diragukan lagi digunakan sebagai tempat perlombaan atau tempat liburan.

Jeram yang memacu adrenalin membuat pertandingan Kejurnas Arung Jeram ini semakin seru dan menarik, salah satunya adalah pertandingan kelas head to head kategori junior putri yang berlangsung sengit antara tim dari Jambi dan Jawa Timur.

Memiliki waktu yang sulit dengan 100m untuk pergi. Mengatasi perlawanan dari Jawa Timur, Jambi berusaha melakukan sprint di 15 meter terakhir untuk finis pertama. Persaingan yang ketat terlihat dari hasil catatan waktu kedua tim dengan selisih yang sangat tipis.

Songa-Adventure-Probolinggo-b.jpgAtlet Kejurnas Arung Jeram 2022 di Songa Adventure Probolinggo. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

Jambi menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 3 menit 48,21 detik, atau lebih cepat 0,95 detik dari waktu Jawa Timur 3 menit 49,16 detik. Penampilan ini mengantarkan mereka ke Final A melawan Jawa Barat, yang mengalahkan Sumatera Utara di Tahap 1.

Tim yang kalah di etape 1, Jawa Timur dan Sumatera Utara, berhadapan untuk memperebutkan tempat ketiga. Jawa Timur akhirnya berhak menduduki peringkat ketiga usai mengalahkan Sumut dengan catatan waktu 4 menit 07,11 detik kali 3 menit 32,52 detik.

Kondisi yang hampir sama juga terjadi pada kategori remaja. Jambi mengalahkan Jawa Timur pada babak pertama dan langsung melaju ke final. Jambi menghasilkan waktu 4 menit 04,5 detik, lebih cepat 18,17 detik dari Jawa Timur yang saat itu finis dengan catatan waktu 4 menit 22,92 menit.

Direktur Event Kejurnas Arung Jeram Abdullah mengatakan, Kejurnas kali ini memang sangat seru dan intens. Para atlet benar-benar bertanding dengan semangat dan strategi yang mereka tanamkan sejak dari kota asal masing-masing.

Meski seru, ia tidak melupakan keselamatan para atlet selama pertandingan. Kelompoknya menyiapkan hingga 40 orang untuk menjaga titik-titik terjal di jalur arung jeram. Untuk memastikan keamanan atlet selama kompetisi. Tim penyelamat yang diturunkan bukan sembarang orang. Mereka adalah tim yang terlatih dalam penyelamatan, salah satunya dari Marinir.

Tak hanya itu, kata pria yang juga Ketua Harian FAJI Kabupaten Probolinggo, Songa Adventure yang menjadi tuan rumah kejuaraan ini, telah menyiapkan 80 persen kebutuhan event tersebut. Mulai dari perahu, pelampung, dan rakit semuanya disediakan tuan rumah. Sehingga para atlet tidak harus membawa barang berat keluar dari provinsi masing-masing.

“Kami mengurus kebutuhan para atlet. Bahkan, kami memeriksa semua kondisi peralatan untuk memastikan kondisinya baik. Sehingga keselamatan para atlet dapat terjaga dan terjamin,” ujar salah satu tour operator Songa Adventure Probolinggo.

Sebelumnya, Kabupaten Probolinggo juga menjadi tuan rumah Kejuaraan Daerah Arung Jeram (Kejurda) Jatim 2022 yang digelar selama tiga hari atau sejak Rabu (19/10/2022) dan berakhir kemarin Jumat (21/10/2022) di Songa Adventure Rafting, Desa Condong. , Kecamatan Gading , Kabupaten Probolinggo.

Kejuaraan Arung Jeram 2022 diikuti oleh 10 tim peserta. Kini Songa Adventure Kabupaten Probolinggo kembali menjadi venue pilihan Kejurnas Arung Jeram 2022 dengan peserta dari 21 provinsi.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button