Intensifkan penerimaan pajak daerah, Bappenda luncurkan ready-to-doll - WisataHits
Jawa Barat

Intensifkan penerimaan pajak daerah, Bappenda luncurkan ready-to-doll

SUMEDANG,- Dalam rangka meningkatkan penerimaan pajak daerah, Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dengan melakukan permintaan pelayanan dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.

Hal itu mengemuka terkait sosialisasi pajak daerah terkait optimalisasi PAD dan intensifikasi Dana Bagi Hasil Pusat dan pajak provinsi di Sumedang Islamic Center yang diumumkan Senin (9/12) oleh Wakil Bupati Sumedang. H. Erwan Setiawan, dibuka pada tahun 2022).

Kepala Bappenda Kabupaten Sumedang Rohana mengatakan, sistem aplikasi pajak daerah (Siapdol) online Bappenda mampu menampung semua layanan informasi terkait seluruh administrasi perpajakan daerah di Sumedang.

“Layanan Readydol telah kami buat dengan penambahan fungsi QRIS, e-Services PBB P2 dan kerjasama antara Bank bjb, Bumdes dan Koperasi sebagai agen Point Payment Online Bank (PPOB). Di MPP juga ada Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan pengawasan wajib pajak antara Bappenda dan KPP Pratama,” ujarnya.

Dijelaskannya, di Kabupaten Sumedang dukungan PAD kurang dari 20 persen, sedangkan 80 persen berasal dari dana transfer dari pemerintah pusat dan provinsi.

“PAD kita kurang dari 20 persen yang 80 persennya merupakan dana transfer dari pemerintah pusat dan provinsi, sehingga PAD perlu ditingkatkan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Erwan Setiawan berharap dengan sosialisasi ini, para peserta lebih memahami bagaimana mengoptimalkan dan mengintensifkan pajak daerah dan mempraktekkannya.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan potensi PAD dapat tergali, karena PAD saat ini masih kurang optimal,” ujarnya.

Menurut dia, masih banyak pendapatan yang hilang dan masih banyak objek pajak yang tidak tertagih seperti restoran, hotel, dan tempat wisata.

“Tolong lakukan yang terbaik. Kerjasama dengan pemangku kepentingan terkait lainnya. Kita jangan terpaku pada jumlah target, masih banyak potensi PAD yang harus kita gali,” kata wakil bupati.

Turut hadir Kepala Badan Pengawasan dan Penilaian Bapenda Provinsi Jawa Barat, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Sumedang Pratama, Kepala Perangkat Daerah, Ketua Forum Camat, APDESI, Ketua APINDO, PHRI, KADIN, IPAT, Kepala Badan Forum Bumdes dan para kepala pelayanan publik di kabupaten. (bn/bs/hms)

Source: www.patrolicyber.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button