Rekomendasi Wisata Kalsel Tuan Rumah MTQ Nasional 2022 - WisataHits
Jawa Timur

Rekomendasi Wisata Kalsel Tuan Rumah MTQ Nasional 2022

TEMPO.CO, jakarta – Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ Nasional ke-29 Tahun 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 10-19 Oktober 2022 di Kalimantan Selatan. Event nasional ini diharapkan bisa mendatangkan ribuan karavan dan wisatawan ke Kalsel. menyempatkan diri mengunjungi tempat-tempat menarik di provinsi tersebut.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor juga mengajak para peserta dan tim untuk menyempatkan diri menggali potensi wisata di daerahnya. “Karena di daerah kita banyak objek wisata yang bisa dikunjungi,” ujarnya saat mengikuti acara karavan MTQ Taaruf nasional di Sungai Martapura, Kota Banjarmasin, Selasa, 11 Oktober 2022.

Menurut Sahbirin, Kalsel memiliki berbagai potensi wisata mulai dari religi hingga alam. Di kota Banjarmasin yang merupakan salah satu lokasi MTQ terdapat masjid bersejarah Kesultanan Banjar dan makam Sultan Banjar pertama yaitu Sultan Suriansyah, Masjid Sabilal Muhtadin dan Masjid Jami Sungai Jingah yang dapat dikunjungi.

Di Kabupaten Banjar, kata Sahbirin, objek wisata religi yang sudah mendunia dan dikunjungi jutaan orang adalah makam KH Zaini bin Abdul Gani atau Guru Sekumpul dan makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kalampayan.

Jika ingin mengunjungi tempat wisata alam, ada tempat wisata alam Tahura dan Bukit Batu di Kabupaten Banjar. “Kalau ke objek wisata alam Tahura hanya 20 menit dari kota Banjarbaru, ada wisata olahraga paralayang dan keindahan hutan dan pegunungan,” kata Sahbirin.

Salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan adalah pasar terapung di Lokbaintan, Kabupaten Banjar. Pengunjung dapat menikmati wisata sungai seperti wisata perahu. Pada malam Taaruf, atraksi perahu dan jukung hias ditampilkan di Sungai Martapura di kota Banjarmasin.

Meski telah digelar sejak 10 Oktober dengan rangkaian acara, hari ini Rabu 12 Oktober 2022, Pembukaan MTQ Nasional ke-29 akan digelar di Kiram Park, Kabupaten Banjar dan rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Sebanyak 12 venue MTQ Nasional ke-29 yang digelar pada 13-19 Oktober ini berlokasi di tiga wilayah yakni Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Baca juga: Ide Wisata Lengkap Liburan Akhir Pekan ke Bandung 3 Hari 2 Malam

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button