Keindahan Telaga Saat, Eksotis Wisata Alam Diselimuti Kabut di Puncak Bogor - WisataHits
wisatahits

Keindahan Telaga Saat, Eksotis Wisata Alam Diselimuti Kabut di Puncak Bogor

Harga tiket: Rp25.000, Jam operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Kota Bogor dan sekitarnya memang dikenal sebagai kawasan wisata dengan pemandangan yang menawan. Contohnya tercermin di Telaga Saat Puncak, destinasi baru yang memadukan lanskap pegunungan dan perairan. Terletak di kecamatan Cisarua di desa Tugu Utara, tempat ini cukup mudah dijangkau.

Terbentang di atas lahan seluas 1,5 hektar, posisinya berada di antara hiruk pikuk perbukitan terjal dan kebun teh. Udaranya sangat segar karena dikelilingi oleh berbagai pepohonan. Dilengkapi dengan perairan yang jernih, dan kabut tipis juga menyelimuti kawasan ini. Tak heran, saat pertama kali menginjakkan kaki di sini, Anda akan tertawa terbahak-bahak.

Telaga Saat mendapat julukan “surga tersembunyi” di Puncak, Bogor. Kehadirannya bagaikan permata yang tak ternilai harganya. Selain itu, sejauh mata memandang, Anda akan melihat deretan pepohonan yang menciptakan rasa kesegaran. Dataran yang menaungi objek wisata ini terletak di ketinggian 2.182 meter di atas permukaan laut. Selain itu, Anda berkesempatan melihat panorama lereng gunung.

Atraksi Danau Saat

Daya tarik Danau SaatKredit gambar: Google Maps Venom Neo

1. Area air yang tenang dan jernih

Sebagai sebuah danau, Anda berkesempatan untuk menikmati pemandangan air yang jernih dan relatif tenang ketika Anda mengunjungi objek wisata ini. Sanitasi masih terjaga dan alami, belum tercemar oleh tangan-tangan nakal manusia. Memandang danau mampu menghadirkan ketenangan tersendiri di hati.

Tak heran, banyak wisatawan yang merasa betah berlama-lama seolah ragu untuk pulang begitu berada di kawasan ini. Udaranya sangat segar sehingga Anda merasa seperti sedang terburu-buru melalui sistem pernapasan Anda. Menariknya, ke mana pun Anda memalingkan wajah, panorama tidak akan lepas dari suasana yang benar-benar hijau.

Puncak gunung di kejauhan, hamparan perkebunan teh, dll. Bayangan pepohonan tercermin di permukaan air, yang memberikan potret yang sangat estetis. Ada dermaga kayu yang bisa Anda gunakan untuk sedikit tenggelam di tengah danau. Berkunjung ke sini seperti kembali ke suasana pedesaan yang tenang tempo dulu.

2. Lokasi tersembunyi

Lokasi yang tersembunyi bukan berarti sulit untuk diakses, melainkan lokasi Danau Saat Puncak yang dikelilingi oleh perkebunan teh dan hutan lindung. Karena pamornya tidak sepopuler tempat wisata lain di kawasan Puncak, tak heran suasananya begitu tenang. Mungkin wisatawan tidak akan menyangka ada danau indah di belakang markas perkebunan.

Lingkungannya cukup asri sehingga udara disini masih sangat segar dan bebas polusi. Cocok sebagai sarana penyembuhan diri karena tuntutan aktivitas sehari-hari yang tinggi. Belum lagi ukurannya yang cukup lega dan lapang, tak ayal berhasil menciptakan perasaan bebas. Saat Anda menjelajahi daerah tujuan, Anda akan merasa seperti memulai petualangan di tengah hutan.

3. Spot Foto Eksotis

Keberadaan spot foto eksotis di tempat ini sangat mudah ditemukan, bahkan tidak berlebihan jika dikatakan bahwa setiap sudut memiliki kesan indah tersendiri. Ada dua tanggapan yang bisa diberikan pengunjung segera setelah tiba, antara sibuk memilih tempat terbaik karena semuanya baik-baik saja, atau bersenang-senang tanpa henti.

Bahkan, Anda tidak perlu ditata karena dekorasinya sudah lebih dari cukup untuk membuat potret Instagram-worthy. Berdiri saja biasa atau di kuil, hasilnya dijamin menarik, asalkan yang memotret memiliki skill mumpuni, dan diikuti kamera yang mumpuni.

Baik itu cerah atau mendung, Anda akan selalu memiliki ide untuk berpose di salah satu dari banyak alternatif yang tersedia. Ada dermaga kayu yang terletak agak ke belakang dari tepi danau, rerumputan hijau yang rimbun, deretan pepohonan, bahkan airnya sendiri. Pilih saja sesuai hati karena panoramanya mampu memanjakan setiap pasang mata.

Saat hujan, Anda bisa memanfaatkan peralatan sederhana seperti payung yang akan membuat hasilnya semakin cantik. Caranya adalah dengan menonjolkan suasana melankolis seolah-olah sedang mengalami kehilangan. Fakta membayangkannya saja sudah membangkitkan perasaan antusias. Apalagi tempat ini sangat cocok sebagai lokasi foto prewedding.

4. Terselubung kabut tipis

Objek wisata milik Danau SaatKredit gambar: Instagram Nusan_klasik

Kabut halus merupakan salah satu lokasi yang sering diincar wisatawan. Hal itu karena hadirnya kesan misterius sekaligus menawan. Bayangkan Anda sedang berpose di tengah hutan yang diselimuti kabut tipis. Telaga Saat Bogor menawarkan kesempatan yang luas untuk memilih berbagai tema fotografi.

Kabut tidak berbahaya karena kemunculannya dipicu oleh suhu udara yang relatif rendah. Mengingat posisi danau yang berada di antara kebun teh penghancur dan hutan lindung, situasi ini tidak mengherankan. Namun, Anda sebenarnya perlu menyiapkan jaket atau sejenisnya untuk menghangatkan tubuh.

5. Meninggalkan aroma khas

Memiliki kedalaman sekitar 10 meter, danau ini ditemukan menyimpan cerita kerajaan masa lalu yang tersebar dari mulut ke mulut. Konon para penunggang kuda di bawah pimpinan Raja Kian Santang pada masa Kerajaan Pajajaran terjebak di sini. Berdasarkan cerita, konon akan ada aroma khas seperti air kencing kuda dari perairan tersebut.

Tentunya berita tersebut harus dikonfirmasi secara langsung, bisa jadi cara orang mengartikan suatu bau berbeda. Mungkin itu bisa menjadi salah satu alasan lagi mengapa setiap orang harus berkunjung ke sini setidaknya sekali seumur hidup. Tentu saja, selain menjadi dasar eksotisme itu sendiri. Cukup unik dan menarik untuk ditelusuri kebenarannya.

Alamat dan rute menuju lokasi Danau Saat

Alamat danau saat iniKredit gambar: Gogole Maps Hana Zekiy

Danau ini memanjang hingga ke Desa Tugu Utara di Kecamatan Cisarua, dengan jarak tempuh sekitar 35,2 km dari pusat kota Bogor. Dapat diakses menggunakan kendaraan roda empat dan perkiraan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam menggunakan jalan tol. Namun, dibutuhkan sedikit tenaga ekstra saat mendekati daerah tujuan karena medannya terjal, berbatu dan licin.

Untuk melakukan ini, pastikan untuk mengemudi perlahan dan hati-hati agar tidak melukai diri sendiri. Ukuran jalannya cukup sempit, sehingga membutuhkan konsentrasi yang besar saat melintas, apalagi jika melewati kendaraan roda empat lainnya. Kabar baiknya adalah manajemen menawarkan sewa mobil Komodo tepat di sebelah pintu masuk.

Dengan adanya mobil komodo, anda dapat memarkir kendaraan pribadi anda kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan fasilitas yang tersedia. Jauh lebih aman untuk kesehatan dan barang-barang pribadi Anda. Beroperasi 8:00 pagi hingga 6:00 sore setiap hari. Disarankan untuk datang lebih awal agar tidak terjebak macet, terutama bagi Anda yang merupakan penduduk wilayah metropolitan.

Manfaatkan panduan Google Maps jika Anda tidak ingin tersesat. Bagaimanapun, tujuan Anda adalah di antara kehancuran hutan dan perkebunan. Meski di sepanjang perjalanan Anda disuguhkan pemandangan yang memukau, berhati-hatilah agar tidak memutar kepala secara sembarangan agar setir tetap terkendali. Nikmati panorama eksotis begitu Anda tiba di landmark.

Harga Tiket Masuk Summit Lake

Harga Tiket Summit LakeKredit Gambar: Google Maps Moses Heryanto – Tx Travel Bogor

Penting untuk mengetahui tiket masuk terlebih dahulu agar bisa mempersiapkan budget dengan baik sebelum datang ke Telaga Saat. Setiap pengunjung harus membayar biaya retribusi sebesar Rp25.000 untuk tiket dan ini sudah termasuk tiket masuk Telaga Warna. Selain itu, ada tambahan yang harus kamu bayar begitu tiba di loket tepat di sebelah pintu masuk destinasi ini, yaitu Rp 10.000.

Biaya lain yang harus Anda keluarkan adalah sewa parkir sebesar Rp 2.000 untuk roda dua, sedangkan untuk roda empat Rp 5.000. Jika ingin menikmati fasilitas berupa komodo akan dikenakan biaya tambahan per 1 jam 30 menit sebesar Rp 400.000 tanpa sopir. Untuk menghemat biaya, akan lebih baik jika Anda datang secara rombongan.

Sedangkan jika Anda ingin menghabiskan banyak waktu di sana, Anda dapat meminta antar jemput tanpa khawatir akan keterlambatan. Tentunya alternatif ini harus didiskusikan dengan penyedia jasa transportasi wisata. Tarif lain yang perlu Anda ketahui adalah fotografernya, dimana per foto dipatok sekitar Rp 5.000 dan ada kemungkinan negosiasi jika ingin melakukan banyak pose.

Hal menarik yang dapat dilakukan di Danau Saat

Aktivitas di Danau SaatKredit Gambar: Instagram Eka Hartatik

1. Jelajahi danau

Ada persewaan perahu yang bisa digunakan saat ingin mengarungi perairan Danau Saat Puncak. Akan menyenangkan jika dilakukan dengan pasangan, anggap saja sebagai waktu kencan akhir pekan. Suasananya cukup kondusif untuk menambah kedekatan sekaligus menciptakan momen romantis.

2. Piknik

Piknik akan selalu menjadi pilihan yang sangat baik untuk dilakukan selama tamasya alam. Hadirnya kesan natural, segar dan damai merupakan kombinasi yang paling lengkap dan tidak boleh dilewatkan. Anda dan kelompok bisa menggelar tikar di atas rumput sambil menyantap makanan rumahan. Gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan keintiman.

3. Berhenti di perkebunan teh

Aktivitas menarik di Danau SaatKredit gambar: Facebook Holiday Yuk

Salah satu cara bisa memiliki banyak peluang, mungkin bisa diterapkan saat berkunjung ke Telaga Saat. Posisinya yang tidak jauh dari Telaga Warna dengan gabungan biaya retribusi, serta perlintasan kebun teh menjadi keuntungan tersendiri. Tidak ada salahnya mengambil kesempatan ini untuk sekedar berfoto di antara pepohonan teh.

4. Lukisan

Jika Anda memiliki bakat melukis, cobalah tantang diri Anda dengan melukis di kawasan wisata ini. Mengingat banyaknya lokasi yang menarik, tidak akan terlalu sulit untuk menemukan objek yang tepat untuk eksperimen. Jika memungkinkan, mungkin lebih baik menggunakan tablet sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang alat melukis seperti kanvas.

Fasilitas yang tersedia di Lake At Peak

Fasilitas di danau di PeakKredit Gambar: Google Maps Moses Heryanto – Tx Travel Bogor

Tidak perlu khawatir dengan ketersediaan fasilitas umum di Telaga Saat karena meskipun tersembunyi, kebutuhan dasar pengunjung dapat terpenuhi dengan maksimal. Anda dapat dengan mudah menemukan deretan bangku untuk duduk sejenak, toilet, warung makan, tempat parkir yang luas, pengintai, komodo, dan mushola.

Jika Anda ingin mengabadikan momen indah tetapi tidak memiliki keterampilan fotografi yang cukup dan kamera yang memadai, di sini bahkan seorang fotografer pun dilengkapi. Apalagi, saat tergiur menelusuri danau, sejumlah perahu juga disiapkan sebagai solusi. Pada dasarnya, Anda bisa bepergian dengan nyaman tanpa mengkhawatirkan hal-hal sepele.

Danau Saat di Puncak Bogor bisa dibilang objek wisata yang lengkap karena selain menarik dari segi eksotisme alam juga didukung dengan fasilitas yang memadai. Bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan tempat ini akan menjadi salah satu primadona kawasan Puncak. Hanya tinggal menunggu waktu saja sebelum memancing rasa penasaran para wisatawan di mana-mana.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button