Ayam lodho dari menu hajatan yang menjadi ikon kuliner Trenggalek - WisataHits
Jawa Timur

Ayam lodho dari menu hajatan yang menjadi ikon kuliner Trenggalek

KOMPAS.com – Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Jawa Timur) memang sudah terkenal dengan wisata alamnya. Namun tidak hanya wisata alamnya saja yang menarik, destinasi kuliner khas daerah ini juga digemari para traveler.

Salah satu yang paling terkenal adalah ayam lodho khas Trenggalek. Sajian ayam lodho khas Trenggalek banyak digandrungi karena kenikmatannya berkat banyaknya bumbu dan rempah yang digunakan.

Hal lain yang membuat ayam Lodho semakin istimewa adalah ayam bakar arangnya. Kemudian ayam dimasak dengan berbagai bumbu kental agar bumbu meresap ke dalam daging.

“Cara memasaknya detail. Mulai dari tingkat kematangan hingga penyajiannya,” kata Kepala Biro Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Trenggalek, Sunyoto, dalam siaran persnya, Senin (14/11/2022). .

Baca Juga : Resep Ayam Lodho Khas Trenggalek Disajikan dengan Sayuran Urap

Dengan begitu rasa ayam lodho menjadi lebih nikmat dan mengenyangkan. Kaldu ayam lodho biasanya ditemani dengan cabai merah yang dimasak utuh. Cocok untuk penggemar masakan pedas, karena cabe bisa langsung disantap.

“Kalau mau pedas, pakai cabai saja. Sambal ayam lodho biasanya tidak pedas,” kata Sunyoto.

FYI, dulu ayam lodho disajikan utuh ekornya. Seiring waktu, ayam dipotong dengan cara ini tanpa mengubah karakteristik rasa ayam lodho.

Hampir semua rumah makan di Trenggalek menawarkan menu masakan ayam lodho dengan harga terjangkau. Untuk kecamatan, harga menu ayam lodho antara Rp 15.000 hingga Rp 20.000 per porsi.

“Dengan harga segitu, potongan ayamnya besar-besar, dan semua ayam Lodho berasal dari ayam lokal,” jelas Sunyoto.

Baca Juga: 15 Oleh-oleh Khas Trenggalek Sebelah Alen-alen Ada Jualan Pisang dan Ikan Bakar

Salah satu penjual ayam lodho yang paling populer dan menjadi tujuan para turis maupun orang luar adalah Rumah Makan Spesial Ayam Lodho milik Pak Yusuf.

Ayam Lodho Pak Yusuf dapat ditemukan di jalan utama yang terletak di jalan utama Trenggalek-Tulungagung, lebih tepatnya di desa Kedunglurah, kabupaten Pogalan Trenggalek. Lokasi restoran ini mudah diakses dan memiliki tempat parkir yang luas.

Restoran Ayam Lodho Pak Yusuf berdiri sejak tahun 1987 dan sudah dijalankan secara turun temurun. Berkat menikmati cita rasa Ayam Lodho Pak Yusuf, cabang-cabang Ayam Lodho Pak Yusuf juga bisa ditemukan di berbagai kota di Jawa Timur.

Rasa Ayam Lodho Pak Yusuf tidak jauh beda dengan resto lainnya. Ayam lodho yang sudah diiris, disajikan hangat dengan kuah yang gurih, lengkap dengan urap-urap.

Harga per porsi di rumah makan Ayam Lodho Pak Yusuf mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 100.000 untuk paket super.

FYI: Ayam lodho dulunya disajikan sebagai hidangan utama di setiap festival rakyat Trenggalek.

Baca Juga: Nasi Gegok, Makanan Khas Trenggalek Yang Disuka Wisatawan Porsi Rp 3.000

“Dulu, masakan ayam Lodho hanya disajikan untuk hajatan oleh masyarakat saja,” kata Ayub Naulak, pengelola restoran Ayam Lodho kepada Pak Yusuf Trenggalek.

Namun berkat rasanya yang kuat, sajian ini juga menjadi tujuan banyak pecinta kuliner, baik wisatawan Trenggalek maupun mancanegara.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button