Keindahan Telaga Warna, Panorama Alam Eksotis yang Mistis di Bogor - WisataHits
wisatahits

Keindahan Telaga Warna, Panorama Alam Eksotis yang Mistis di Bogor

Harga tiket: Rp7.500, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Telaga Warna Bogor merupakan salah satu destinasi wisata alam yang memiliki beragam keindahan yang tak pernah tergores oleh waktu. Meski banyak bermunculan destinasi wisata baru dengan konsep yang sangat kekinian, namun danau ini tetap memiliki tempat di hati para wisatawan.

Wisatawan yang datang tidak hanya dari dalam negeri saja, namun banyak juga wisatawan yang rela datang dari luar negeri hanya untuk berlibur di destinasi wisata yang satu ini. Tak heran jika danau ini juga menjadi andalan pariwisata dan kebanggaan kota Bogor.

Oleh karena itu, sayang sekali jika Anda tidak mampir ke destinasi wisata di kota Bogor ini. Namun, sebelum mengunjungi danau, ada baiknya membicarakan beberapa hal yang berkaitan dengan tempat tersebut. Nah, itulah beberapa hal yang berkaitan dengan destinasi wisata Telaga Warna.

Atraksi Telaga Warna

Atraksi danau warnaKredit gambar: Google Maps Dd Lab

1. Hutan hujan tropis

Saat Anda sampai di danau ini, Anda akan melihat sebuah danau besar di tengah hamparan hutan yang sangat eksotis. Pasalnya, Telaga Warna memang dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih terjaga dengan baik. Oleh karena itu, jangan heran jika nuansa alam yang ada di tempat wisata yang satu ini benar-benar terpancar.

Hutan hujan tropis yang ditemukan di sana bukanlah dataran, melainkan pegunungan tropis yang tinggi. Jadi Anda bisa melihat keindahan hutan sampai ke puncak. Hal ini mungkin jarang Anda temui saat mengunjungi tempat wisata lainnya.

2. Kekayaan flora

Flora tempat wisata ini tidak bisa dianggap remeh. Hal ini karena ada berbagai jenis flora yang tumbuh di wilayah tersebut. Misalnya seperti Paku Tihang, Rotan, Kihiur, Puspa dan masih banyak lagi. Flora yang tumbuh di sana juga tidak hanya sedikit, tetapi jumlahnya tak terhitung. Tak heran jika kawasan tersebut terlihat sangat rimbun.

Udaranya tentu saja sangat segar dan asri, yang akan membuat Anda semakin betah menghabiskan waktu di destinasi wisata yang satu ini. Mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang dipadukan dengan warna hijau pepohonan. Sangat cocok bagi Anda yang ingin sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk suasana kota besar.

3. Berbagai jenis fauna

Objek wisata yang dimiliki oleh Color LakeKredit Gambar: Instagram Andi Almira Cr

Karena ada hutan dengan pepohonan yang sangat lebat, tentunya banyak juga hewan yang hidup disana. Bahkan, di sini juga terdapat binatang seperti babi hutan, macan tutul, jenis burung liar. Jika Anda beruntung, Anda akan dapat mengamati hewan-hewan ini menampakkan diri kepada para wisatawan yang datang.

Namun, tidak semua pengunjung danau ini diperbolehkan untuk melukai atau merusak habitat hewan-hewan yang ada di sana. Pasalnya, satwa di sana sangat dilindungi agar jumlahnya tidak berkurang.

4. Warna air tunggal

Sesuai dengan namanya, tempat wisata Telaga Warna Bogor ini memiliki keistimewaan pada airnya yang memiliki warna yang unik. Hal ini dikarenakan warna air di danau ini sering berubah-ubah.

Perubahan warna tersebut disebabkan oleh adanya alga yang hidup di air danau. Dengan demikian, saat terkena sinar matahari, danau akan rata hingga airnya tak lagi berada di tempat yang sama.

Alamat dan Arah Telaga Warna

Alamat danau warnaKredit gambar: Google Maps Fadly Alkahfi

Lokasi tempat wisata danau ini berada di antara hutan Hambalang dan hutan Gunung Megamendung. Alamat danau ini berada di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Bogor. Tepatnya berada di kawasan perkebunan Gunung Mas. Danau ini berada pada jarak yang cukup dekat dari pusat kota Bogor karena membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk menempuhnya.

Rute perjalanan menuju tempat wisata ini juga dapat ditempuh baik dengan kendaraan umum maupun dengan kendaraan pribadi. Untuk bisa sampai ke Telaga Warna Bogor, cukup arahkan kendaraan Anda ke Masjid Atta’awun yang merupakan tempat terdekat dengan gerbang masuk tempat wisata ini.

Kemudian, di sisi kiri masjid terdapat jalan berbentuk batu bulat yang merupakan pintu masuk ke tempat wisata danau. Hal yang sama akan berlaku jika Anda memilih untuk menggunakan transportasi umum. Naik saja bus menuju Cianjur lalu turun di pinggir Jalan Raya Puncak. Anda dapat berjalan kaki ke danau sekitar 10 menit.

Namun jika anda pernah berlibur ke tempat wisata Cimory Riverside Bogor yang merupakan salah satu wisata kuliner yang menawarkan menu olahan susu yoghurt yang berbeda. Jadi, jaraknya hanya sekitar 15 km dari danau ini dan Anda bisa menempuhnya hanya dalam waktu sekitar 40 menit saja. Juga gunakan peta navigasi untuk membuat perjalanan Anda lebih mudah.

Harga Tiket Masuk Danau Warna Bogor

Harga Tiket Telaga WarnaKredit Gambar: Google Maps Lidia Y Tarck

Agar liburan Anda menyenangkan di danau yang satu ini, Anda perlu membayar tiket masuk terlebih dahulu. Jika Anda datang ke sini pada hari kerja, Anda harus membayar tiket 5.000 rupee untuk satu orang. Sedangkan jika Anda datang ke sini pada akhir pekan, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar 7.000.500 rupee untuk satu orang.

Sementara itu, wisatawan asing akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp100.000 pada hari biasa dan Rp150.000 pada akhir pekan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan jam buka yang akan dibuka mulai pukul 8 pagi dan tutup pada pukul 5 sore. Karena Telaga Warna buka setiap hari, tidak ada alasan untuk tidak berkunjung ke sini karena tempat wisata tutup.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Telaga Warna

Kegiatan danau warnaKredit gambar: Google Maps Ita Marita

1. Beri makan monyet

Aktivitas menarik pertama dari tempat wisata ini adalah memberi makan monyet-monyet liar yang hidup di sana. Hampir di mana-mana di daerah itu banyak monyet liar berkeliaran. Namun kera-kera yang ada di sana bukanlah peliharaan pengelola, melainkan berasal dari hutan.

Karena kerang berinteraksi dengan wisatawan di Telaga Warna Bogor, monyet-monyet di sana sudah biasa mengerumuni wisatawan yang meminta makanan. Karena itu, berhati-hatilah saat membawa makanan ke danau. Pasalnya, jika tidak diberi makan, monyet-monyet tersebut bisa menjadi gila dan sedikit menakutkan.

2. Rubah Terbang

Karena banyak pohon yang sangat tinggi, ada juga taman bermain berbentuk flying fox. Tentu saja, ini adalah sesuatu yang disukai banyak turis. Dengan flying fox ini, Anda bisa merasakan sensasi menikmati hamparan alam yang luas dan menyegarkan. Panjang lintasannya sendiri mencapai 100 meter.

3. Naik kano

Selain flying fox, Anda juga bisa berkano di tengah danau dan akan dipandu langsung oleh perusahaan rental kano. Namun, tentunya Anda harus membayar biaya sewa sampan. Harganya mulai dari Rp30.000 hingga Rp50.000 saja. Aktivitas menarik ini juga bisa menjadi pengalaman yang luar biasa saat mengunjungi danau ini.

4. Ambil foto Ria

Aktivitas Danau Warna LainnyaKredit gambar: Google Maps Arif Rachman

Berfoto merupakan aktivitas menarik yang sayang untuk dilewatkan saat Anda berlibur di Telaga Warna. Sehingga Anda bisa mengingat setiap momen berharga yang dibuat di tempat wisata yang satu ini. Apalagi juga karena banyak sekali spot foto keren dan keren dengan pemandangan alam yang indah.

Dengan begitu, hasil jepretan Anda dijamin tidak akan mengecewakan. Untuk spot foto yang populer di kalangan wisatawan yaitu air danau. Anda dapat mengambil foto selfie dengan latar belakang air danau yang terus berubah warna.

5. Bersepeda

Siapa sangka Anda bisa bersepeda di satu-satunya kawasan wisata alam ini. Pasalnya, ada tempat persewaan sepeda untuk semua wisatawan. Anda hanya perlu membayar 10.000 rupee untuk dapat menyewa sepeda. Dengan cara ini Anda juga bisa menjelajahi kawasan danau tanpa harus berjalan kaki.

Fasilitas yang tersedia di Telaga Warna Bogor

Fasilitas Telaga Warna BogorKredit gambar: Google Maps Telaga Warna Resort & Resto

1. Rumah jaga

Di Telaga Warna telah disediakan pos jaga sehingga Anda dapat mengajukan pengaduan jika terjadi masalah. Anda dapat segera melaporkan sesuatu kepada pengelola pos jaga. Selain itu, pos jaga ini juga bisa digunakan untuk mencari informasi terkait tempat wisata ini.

2. Masjid

Bagi wisatawan muslim, telah disiapkan mushola sebagai tempat beribadah. Kondisi mushola di sana juga cukup terawat dan bersih. Dengan demikian, kegiatan ibadah dapat dilakukan dengan nyaman.

3. Katering

Di tempat wisata ini sudah terdapat beberapa restoran dengan berbagai menu yang lezat. Restoran Rindu Alam merupakan restoran yang banyak dipilih wisatawan karena menawarkan menu makanan khas Sunda. Lokasinya tidak jauh dari pintu depan wisata ini.

4. Toilet umum

Toilet merupakan fasilitas penting yang harus ada di kawasan wisata. Pengelola tempat wisata ini juga telah menyediakan beberapa toilet umum untuk wisatawan.

4. Menara Pengawal

Bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas bird watching telah disediakan menara observasi yang cukup tinggi. Dari menara, Anda dapat dengan bebas melihat berbagai jenis burung atau bahkan memotretnya. Pastinya sangat menyenangkan bagi anda yang menyukai binatang khususnya burung.

Demikian hal-hal yang berkaitan dengan eksotisme alam Telaga Warna di Bogor. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata ini saat waktu liburan sudah tiba. Ajak teman dan keluarga Anda untuk membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button