Ini Mudjiono, Penyedia Jasa Kuda Langganan Presiden Jokowi di Solo - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Ini Mudjiono, Penyedia Jasa Kuda Langganan Presiden Jokowi di Solo – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Mas Ngabehi Mudjiono Prasetyo. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Mas Ngabehi Mudjiono Prasetyo bukan pemilik kuda biasa di Solo, tapi sudah lama menjadi pemasok kuda untuk kereta emas yang kerap digunakan Presiden Jokowi di berbagai acara.

Teranyar, ia menyediakan kuda dan kereta emas untuk pesta pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dan Erina Sofia Gudono.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

Muji, sapaan akrabnya, menjadi penyedia jasa kuda sejak Jokowi mendaftar sebagai calon walikota Solo ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Pilkada 2005, serta untuk sejumlah kegiatan kampanye Jokowi.

Penyedia kuda bukan hanya langganan kegiatan politik Jokowi. Muji juga menyiapkan kuda untuk kegiatan keluarga Presiden yang lebih privat, yakni pernikahan anak Presiden Jokowi.

Pernikahan Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda dan pernikahan Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution beberapa tahun lalu juga menggunakan jasa Muji.

Baca Juga: Kaesang dan Erina Gelar Pernikahan di Pura Mangkunegaran Solo dan Cetak Sejarah

“Alhamdulillah senang jadi sudah termasuk makanan. Saya tidak menyangka istilah tersebut, istilah Ngarit bisa dipercaya nomor satu di Indonesia. Grace termasuk,” ujarnya sambil tersenyum saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (27/11/2022).

Saat itu, Muji baru saja selesai mengikuti simulasi perjalanan kereta emas untuk acara pernikahan Kaesang dan Erina dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran Solo.

Setiap hari Muji menawarkan jasanya di sekitar Museum Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) dan sebelah utara Pasar Klewer. Selain itu, ia menawarkan jasa berkuda pada kegiatan Solo Car Free Day setiap Minggu pagi.

Baca Juga: Wah, 10 Golden Move Disiapkan untuk Karnaval Pernikahan Kaesang Erina di Solo

Punya 20 kuda

Tugas pengangkutan adalah pekerjaan yang dilakukan Muji sejak kecil. Maklum, keluarganya bekerja menyediakan jasa mengemudi. Pedagang kuda langganan Presiden Jokowi ini merupakan generasi keempat yang masih berkarya di Kota Solo.

Warga Desa Jajar Solo mengatakan, keluarganya memiliki sekitar 20 ekor kuda pacu. Kuda-kuda itu disimpan di kandang, tetapi Muji dan saudara-saudaranya bertanggung jawab atas pengumpulan kuda mereka sendiri.

Untuk pernikahan Kaesang-Erina, Muji mengaku pertama kali dihubungi dinas Pemkot Solo pada Desember 2022 untuk menyediakan kuda dan kereta emas. Ia diberi tugas menyiapkan 10 gerbong emas, yang kemudian ditambah menjadi 12 gerbong emas.

Baca Juga: Potret 3 Menteri yang Berpartisipasi dalam Simulasi Karnaval Pernikahan Kaesang Erina

Ia menyebut tidak ada persiapan khusus untuk melayani keluarga Presiden Jokowi. “Biasa saja, soalnya sering dipakai,” ujarnya. Muji tidak menjelaskan berapa besaran biaya jasanya kepada keluarga Presiden Jokowi.

“Intinya di sana, saya terima begitu saja,” jelasnya. Dia juga tidak menyebutkan tingkat tarif untuk warga negara biasa. “Situ punya banyak uang, oke. Saya tidak memungut tarif, yang utama makan, seperti kata Pak Ustaz, banyak, sedikit, syukuri,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button