Pameran Nandur Srawung 2022 di Taman Budaya Yogyakarta, Yuk Intip Apa yang Baru? - WisataHits
wisatahits

Pameran Nandur Srawung 2022 di Taman Budaya Yogyakarta, Yuk Intip Apa yang Baru?

Pameran Nandur Srawung 2022 merupakan pameran seni rupa yang dikuratori oleh Arsita Pinandita, Bayu Widodo, Irene Agrivina, Rain Rosidi dan Sujud Dartanto.

Kali ini Nandur Srawung 2022 hadir dengan tema Matrix // Mayapada dan pada tahun 2022 merupakan tahun ke-9 penyelenggaraan Nandur Srawung.

Pameran Nandur Srawung 2022Pameran Nandur Srawung 2022, Foto: Sany/Piknikdong

Selain hadir dalam format pameran galeri, Nandur Srawung juga memiliki berbagai program dan aktivasi yang memberikan akses dan keterlibatan publik yang lebih luas.

Inklusivitas dan keterbukaan adalah semangat dari acara ini, membawa harapan bahwa seni dapat terhubung dengan semua orang.

Berapa lama pameran Nandur Srawung berlangsung?

Pameran Nandur Srawung di Taman Budaya YogyakartaPameran Nandur Srawung di Taman Budaya Yogyakarta

Nandur Srawung akan memulai pra-aktivasi acara mulai 1-11 Oktober 2022. Pameran utama akan berlangsung selama 7 hari, mulai 16-22 Oktober.

Bertempat di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), acara pembukaan pameran ini akan dimeriahkan dengan penampilan musik dan tari kontemporer.

Judul pameran Matrix//Mayapada membangkitkan gagasan pembacaan realitas ganda, antara fisik dan non-fisik.

Ide ini harus mampu menarik banyak kelompok/segmen peserta, baik konvensional maupun digital, sehingga mampu mengakomodir berbagai bentuk seni dan komponen sosial.

Seniman yang terlibat dalam Nandur Srawung 2022

Pameran Nandur Srawung 2022 di Taman Budaya YogyakartaPameran Nandur Srawung 2022 di Taman Budaya Yogyakarta

Peserta Nandur Srawung tidak hanya dari Indonesia, namun juga menampilkan seniman dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Australia, Austria, India, Korea Selatan, Meksiko, Prancis, Rusia, dan Jerman.

Selain pameran, ada program Nandur Gawe yang mendukung proyek-proyek seni dan Srawung Sinau yang menyambut para sarjana untuk melakukan penelitian.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ada juga Lifetime Achievement Award untuk seniman senior yang menunjukkan dedikasi dan konsistensi dalam dunia seni.

Selain itu, ada juga Young Rising Artist Award yang akan diberikan kepada artis muda terpilih berusia 35 tahun ke bawah.

Ada lebih dari 240 peserta, baik individu maupun kelompok, yang mengikuti pameran Nandur Srawung #9. Semuanya dibagi menjadi tiga program utama: Pameran, Nandur Gawe dan Srawung Sinau.

Nandur Gawe menyatukan 9 kolektif, yaitu Komunitas Padi Akar (Festival Layang-layang Ngaran), POTADS X Iyak Ambar, Peternakan Seni Susuhan, Kesenian Disabilitas Jogja, XXLAB, SMK 1 Purwokerto, Re:Karya Fest, WAFT dan Sanggar Matur Nuwun.

Selain itu, Srawung Sinau melibatkan 5 ulama diantaranya Jasmine Haliza, Pandu Paneges, Salihah Ramadhanita, Nafa Arinda dan Hardiwan Prayoga.

Dalam program harian penyelenggaraan pameran, akan dilakukan 6 program, antara lain seminar, workshop, talkshow tentang Srawung Sinau, talkshow oleh seniman, kunjungan ke pameran bagi penyandang disabilitas dan pop-up market.

Harga Tiket dan Cara Berkunjung ke Nandur Srawung 2022

Harap diperhatikan bahwa harga tiket masuk Nandur Srawung adalah nol rupiah alias gratis.

Pengunjung cukup mendaftar secara online melalui link bit.ly/kunjunganmayapada atau bisa juga langsung ke Galeri Taman Budaya Yogyakarta.

Pengunjung bisa datang ke Galeri Taman Budaya Yogyakarta mulai pukul 12:00-21:00 WIB.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button