Pulau Wayag Raja Ampat, surganya para pecinta snorkeling dan diving - WisataHits
wisatahits

Pulau Wayag Raja Ampat, surganya para pecinta snorkeling dan diving

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Selpele, Waigeo Barat, Kab. Raja Ampat, Papua Barat; Kasus: Cek lokasi

Pulau Wayag merupakan ikon Raja Ampat yang sangat terkenal dengan keindahan pantai dan perbukitan karst yang memanjakan wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Kekayaan bawah laut dengan flora dan fauna yang menakjubkan membuat pulau ini selalu menarik pecinta alam dan petualang.

Pulau indah ini sendiri berada di utara Waisai. Perairannya sangat unik karena airnya memiliki banyak warna, tergantung kedalamannya. Di pantai, airnya akan berwarna biru kehijauan dan biru muda, sementara lebih dalam akan berwarna biru tua. Pulau ini juga memiliki pulau-pulau kecil yang berbentuk seperti batu karang dengan ditumbuhi puncak pohon yang membentuk gugusan yang indah.

Berpetualang di Pulau Wayag, maka Anda harus siap kembali ke alam. Tidak ada akomodasi, jadi Anda harus berkemah. Jalur internet juga tidak ada sehingga Anda harus rehat sejenak dari media sosial. Anda dapat menikmati alam bebas dan petualangan, menikmati perbukitan dan menyelam di perairan yang indah.

Wayag. Atraksi Pulau

Aktivitas Pulau WayagKredit gambar: Google Maps Tri W gmail

Keunikan keindahan alam pulau ini memang sangat menakjubkan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

1. Keindahan perairan

Pulau Wayag memiliki perairan yang sangat indah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk datang. Air lautnya tenang dan berwarna biru. Jika Anda berada di perairan dangkal, kejernihan airnya memungkinkan wisatawan untuk melihat terumbu karang di dasar air dan ikan-ikan yang hidup di sekitarnya dari atas perahu.

Tidak hanya itu, kehidupan bawah laut di perairan pulau ini juga sangat menakjubkan. Wisatawan dapat menemukan berbagai jenis terumbu karang, serta hewan laut yang hidup di sana. Dengan keindahan alam bawah lautnya, tak heran perairan di sekitar pulau ini menjadi spot populer untuk menyelam.

2. Keindahan pantai

Tak hanya alam bawah laut, keindahan pantai di kawasan pulau ini juga luar biasa. Pulau dengan perairan biru jernih ini berpadu dengan pasir putih yang membuatnya sangat indah. Dari pantai ini, pengunjung bisa menikmati kesejukan air. Kejernihannya juga memungkinkan pengunjung untuk melihat terumbu karang dan ikan-ikan kecil di dasarnya.

3. Pulau Karst

Objek wisata yang dimiliki Wayag.Kredit gambar: Google Maps NKN Multimedia

Pulau-pulau karst yang berjejer merupakan ciri khas Pulau Wayag dan menjadi daya tarik tersendiri yang membuat pulau ini banyak dikunjungi wisatawan. Pulau ini berbentuk seperti bukit dengan pepohonan di atasnya, sehingga terlihat hijau dengan birunya laut yang mengelilinginya. Keberadaan pulau karst ini menambah keindahan yang tersaji di lokasi wisata tersebut.

Untuk menikmati keindahan pulau ini, wisatawan harus mendaki bukit. Cukup melelahkan dan membutuhkan persiapan fisik untuk mendaki jalur ini. Selain itu, wisatawan harus sangat berhati-hati dan mengikuti jalan setapak agar tidak jatuh ke jurang di laut lepas, namun setelah sampai di puncak, semua perjuangan akan terbayar.

4. Hiu karang

Salah satu atraksi yang bisa memberikan pengalaman tak terlupakan adalah keberadaan hiu karang yang biasa berenang bebas di tepian pantai. Hiu ini ramah dan tidak berbahaya bagi wisatawan untuk memberi mereka makan. Tentu saja, makanan yang disediakan sudah dikontrol dengan bahan pengawet.

Alamat dan rute menuju lokasi

Wayag.  Alamat PulauKredit Gambar: Google Maps Kehidupan Adrian

Pulau Wayag adalah salah satu pulau di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Pulau ini milik Desa Weigo Barat, sebelah utara Waisai. Pulau ini sendiri juga masih memiliki gugusan pulau-pulau kecil. Menjadi ikon dari Kepulauan Raja Ampat sendiri, pulau ini banyak dikunjungi wisatawan dibandingkan pulau lainnya.

Untuk mengakses area pulau, Anda dapat memulai perjalanan dari kota Sorong dan naik speedboard ke Waisai. Perjalanan air ini akan memakan waktu sekitar 2 jam. Dari Waisai juga bisa langsung menuju Kepulauan Wayag yang memakan waktu sekitar 4-5 jam.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau WayagKredit Gambar: Instagram BAJO || RAJA AMPAT || SUMBA

Biaya untuk sampai ke Pulau Wayag sebenarnya tergantung dari mana perjalanan Anda dimulai. Jika dari Sorong bisa menggunakan speedboard dengan biaya Rp 100.000 hingga Rp 250.000 di Waisai. Saat memasuki Raja Ampat, seseorang harus membayar tiket masuk sebesar Rp 500.000 yang dapat digunakan selama satu tahun. Sedangkan turis asing harus membayar Rp 1.000.000.

Untuk berkeliling pulau, Anda harus menyewa speedboard. Biaya sewanya sendiri tergantung dari jarak yang ditempuh. Rata-rata Rp 7.500.000 untuk jarak jauh saja sekitar Rp 10-12 juta, dengan kapasitas 10-12 orang, jadi akan jauh lebih murah jika menyewa speedboard dengan rombongan.

Untuk akomodasi juga tergantung budget. Jika Anda ingin menghemat uang, Anda dapat membangun tenda. Atau, Anda bisa menginap di homestay dengan kisaran harga Rp 300.000 hingga Rp 400.000 per malam. Sedangkan untuk resort dengan fasilitas lengkap, harga sewa kamar per malam bisa mencapai Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000 per malam.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Wayag

Kegiatan di Pulau Wayag.Kredit gambar: Google Maps Bibi_Bhswt

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pulau cantik ini. Kegiatan ini akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan dan Anda tidak akan menyesal menghabiskan waktu di kepulauan Raja Ampat yang ikonik ini. Beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut.

1. Berenang

Perairannya yang jernih dan dangkal memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas berenang. Selain itu, pantai di sekitar Pulau Wayag memiliki ombak yang tenang. Oleh karena itu, berenang untuk menikmati kesejukan air laut merupakan kegiatan yang menyenangkan dan cukup aman dari bahaya hanyut oleh ombak.

2. Snorkeling dan Menyelam

Perairan daerah ini menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat indah, sehingga kegiatan snorkeling atau diving menjadi kegiatan favorit wisatawan yang datang ke pulau ini. Banyak resor menawarkan peralatan sewa untuk kegiatan ini, serta akomodasi dan pemandu.

3. Perjalanan dengan kapal

Aktivitas seru di Pulau Wayag.Kredit Gambar: Instagram BAJO || RAJA AMPAT || SUMBA

Anda dapat mencoba aktivitas ini sendirian. Naik perahu dan mengayuh melalui perairan dangkal akan membuat pengalaman liburan Anda semakin menyenangkan. Dari atas perahu ini, Anda akan dapat melihat keindahan terumbu karang dan juga ikan-ikan kecil yang berenang di dasarnya. Kejernihan airnya membantu Anda menikmati ekosistem di perairan dangkal ini.

4. Mendaki

Anda juga bisa melakukan aktivitas ini sendirian. Pendakian ke puncak Pulau Wayag akan memberikan Anda spot terbaik untuk menikmati keindahan alam yang terhampar di bawahnya. Meski pendakiannya cukup berat, namun semua itu akan terbayar dengan sesaji alam yang sepadan dengan tenaga yang harus dikeluarkan.

Akomodasi di sekitar

Akomodasi di dekat Pulau WayagaKredit gambar: Google Maps Hermann Gruber

1. Resor Teluk Sorido

Hostel ini terletak di Yenbuba, Kabupaten Raja Ampat. Ini adalah akomodasi terbaik jika Anda ingin bermalam di Kepulauan Raja Ampat. Lokasinya yang nyaman juga didukung oleh keindahan pemandangan alam di sekitarnya. Penduduk sekitar hostel juga sangat ramah. Hostel ini juga menawarkan akomodasi untuk menyelam, termasuk pemandu.

2. Keluarga angkat Praja

Hostel ini terletak di Pulau Waigo, tidak terlalu jauh dari Pulau Wayag. Hanya sekitar 3 kilometer. Hostel ini menawarkan tempat menginap yang nyaman, tetapi juga nuansa yang sangat tradisional. Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan menu seafood yang lezat.

3. Resor Eco Misool

Hostel ini sangat direkomendasikan ketika mengunjungi Raja Ampat. Tempatnya juga tidak terlalu jauh dari lokasi pulau. Menyediakan layanan mewah, resor ini juga menawarkan fasilitas berupa akomodasi untuk menyelam dan snorkeling. Anda juga akan mendapatkan pemandu agar lebih mudah menemukan tempat terbaik untuk menyelam.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di Pulau Wayag.Kredit gambar: Google Maps Motopacker Indonesia

Pulau Wayag merupakan tujuan wisata bagi pengunjung yang ingin berpetualang ke alam, sehingga Anda tidak akan menemukan banyak fasilitas yang memadai. Namun, Anda bisa menemukan transportasi berupa perahu untuk berkeliling kawasan ini. Fasilitas ini menjadi kebutuhan Anda untuk menikmati kawasan ini.

Tidak ada akomodasi yang tersedia di area pulau. Jika Anda ingin bermalam, Anda bisa membangun tenda. Dengan berkemah, Anda tidak hanya menghemat uang, tetapi juga lebih menikmati alam. Namun jika tidak ingin berkemah, Anda harus mencari penginapan di area lain pulau.

Hostel atau resort di kawasan Raja Ampat biasanya akan menawarkan berbagai wisata. Jika Anda ingin melakukan aktivitas menyelam atau snorkeling, resor tempat Anda menginap akan menyediakan peralatan menyelam. Selain itu, Anda juga akan dipandu ke tempat-tempat terbaik untuk melihat keindahan alam bawah laut di perairan pulau ini.

Pulau Wayag yang menjadi ikon Kepulauan Raja Ampat memang menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Dengan keindahan alamnya, Anda bisa merasakan petualangan menembus alam, mendaki bukit dan menyelam ke laut, serta rehat sejenak dari media sosial tanpa adanya internet di kawasan ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button