Pesona Pantai Dato, surga laut yang tersembunyi dan eksotik di Majene - WisataHits
wisatahits

Pesona Pantai Dato, surga laut yang tersembunyi dan eksotik di Majene

Pesona Pantai Dato, surga laut yang tersembunyi dan eksotik di Majene
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pangale, Baurung, Kec. Banggae Timur, Kab. Majene, Sulawesi Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Dato merupakan destinasi wisata bahari yang populer di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Begitu masuk, wisatawan akan disuguhi keindahan yang jarang ditemukan. Apalagi wisata pantai selalu terlihat alami karena dikelilingi tumbuhan hijau berupa mangrove dan pohon kelapa. Selain itu, udaranya segar sehingga cocok untuk kunjungan keluarga.

Pantai ini dilengkapi dengan air laut yang bersih dan pasir putih. Perpaduan keindahan tersebut menjadikan wisata semakin unik dan menarik perhatian. Dari sudut lain juga terdapat batu karang besar yang menjulang tinggi sebagai tempat melihat pantai dari atas. Tamu yang berkunjung dijamin tidak akan bosan meski sudah lama berada di sana.

Liburan pantai disarankan pada pagi hari agar puas mencoba permainan air. Wisatawan juga bisa membawa perlengkapan jika ingin membuat liburannya semakin berkesan. Oleh karena itu, cobalah mengunjungi Pantai Dato untuk melihat panoramanya. Yang paling penting adalah mengikuti aturan di tempat wisata.

Atraksi Pantai Dato

Atraksi Pantai DatoKredit gambar: Google Maps Ikhwan Mahmud

1. Keindahan air laut

Perairan laut Pantai Dato memang menjadi keistimewaan yang selalu dijaga dengan baik oleh pengelola. Saat cuaca sedang cerah, traveler akan dimanjakan dengan air berwarna biru kehijauan. Kawasan perairan yang dihuni berbagai biota laut ini pasti akan memanjakan mata Anda saat melihatnya dari dekat.

Traveler juga bisa menikmati keindahan ombak dari bebatuan besar di pesisir pantai. Jika Anda berada di atas Anda akan melihat keindahan laut dan pasir. Namun, para tamu harus berhati-hati karena batu ini sangat tinggi dan tidak dijaga oleh penjaga. Oleh karena itu disarankan untuk mengajak keluarga atau teman selama mendaki ke ketinggian batu tersebut.

2. Tampilan yang menarik

Pantai Dato dikenal memiliki bentang alam yang sangat menarik. Kawasan pantai dilengkapi dengan pepohonan hijau yang menjadikan destinasi ini asri. Selain itu, udara sekitar sangat segar dan baik untuk kesehatan saat dihirup. Selain itu, pantainya jauh dari polusi sehingga destinasi alam ini cocok untuk relaksasi.

Anda bisa datang ke pantai dengan smartphone untuk mengabadikan keindahan pemandangannya. Saat matahari terbit atau terbenam, langit berubah warna menjadi tampak memukau, yang sering diabadikan dalam foto. Hal inilah yang membuat traveler selalu senang saat menghabiskan waktu bermain di pantai.

3. Kebersihan wisata pantai

Pantai Dato selalu dibersihkan oleh agen agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung. Pasir putih pantainya tidak tercemar sampah, sehingga bisa dijadikan tempat istirahat sambil bermain. Kebersihan inilah yang membuat wisatawan betah.

Suasana menenangkan di sekitar pantai sering dijadikan tempat bersantai. Dengan demikian, wisatawan tidak akan terganggu dengan polusi atau bau sampah. Anda yang berkunjung juga harus menjaga alam dengan tidak mencemari lingkungan. Sehingga pantai dapat dinikmati oleh semua orang setiap saat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai DatoKredit gambar: Google Maps Farid Asyhadi

Pantai Dato terletak di Dusun Pangale, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Tempat rekreasi ini tidak memakan waktu lama karena letaknya yang cukup dekat dengan kota. Biasanya tamu yang datang membawa kendaraan pribadi atau naik pete-pete. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan jasa travel rental yang disediakan di pusat kota.

Wisatawan yang ingin ke sana bisa berangkat dari Jalan Madjene. Lalu langsung menuju kawasan Jalan Lettu Moh Yamin yang dekat dengan tujuan. Jalan beraspal mudah dilalui karena mulus dan tidak ada bebatuan yang curam. Pengunjung yang datang dari luar Majene dapat melihat tanda-tanda di sepanjang jalan menuju pantai.

Kemudahan akses menuju sirkuit alam ini juga terlihat dari jalur yang disediakan di Google maps. Bahkan masyarakat disana sangat ramah menyambut para wisatawan yang datang. Dengan demikian, traveler bisa langsung bertanya seputar titik lokasi. Nikmati liburan dengan melihat indahnya aktivitas penduduk lokal di sekitar jalan raya pantai.

Harga tiket masuk wisata pantai

Sebelum menikmati suasana Pantai Dato, pengunjung harus membeli tiket terlebih dahulu. Di loket Anda akan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Harga tiket berlaku setiap hari dari jam buka hingga kawasan wisata tutup. Selain itu, wisatawan mancanegara akan dikenakan harga tiket yang sama.

Di bagian depan terdapat lahan untuk parkir kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil hingga bus. Karcis parkir juga berukuran saku, yakni Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 2.000 untuk sepeda. Ruang yang disediakan sudah dibatasi agar kendaraan roda dua dan empat tidak bercampur.

Jika wisatawan ingin menggunakan permainan yang tersedia, mereka dapat menyewanya di pantai. Harga sewa bervariasi tergantung jenis permainan yang akan digunakan. Namun tidak perlu khawatir karena harganya dijamin tidak terlalu mahal. Sehingga wisatawan yang sedang berlibur cukup membawa bujet seperlunya dengan mengajak keluarga dekat.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Dato

Aktivitas seru di Pantai DatoKredit gambar: Google Maps Faisal Reza Sukmawan

1. Mainkan air

Pelancong Pantai Dato dapat bermain air di waktu senggang mereka. Ombaknya yang tidak terlalu besar sering digunakan untuk berenang. Selain itu, pengunjung juga bisa mencoba wahana seru seperti jet ski atau banana boat. Permainan ini dapat dimainkan dengan beberapa orang menggunakan ombak pantai yang bergelombang kecil.

2. Snorkling

Snorkeling cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut. Anda yang mahir menyelam bisa mencoba kegiatan ini untuk melihat terumbu karang, ikan-ikan kecil dan bintang laut, bahkan keindahan ini bisa diabadikan dengan kamera anti air. Anda dapat menyewa peralatan di pusat kota atau menyiapkannya sendiri dari rumah.

3. Berburu Foto

Kawasan pantainya memiliki panorama yang memanjakan mata karena masih alami. Traveler bisa mencari foto dengan memilih background yang menarik. Kegiatan tersebut bisa Anda lakukan bersama orang tersayang sebagai oleh-oleh. Wisatawan juga bisa memotret keindahan alam yang melimpah di sekitar pantai.

4. Piknik

Pantai Dato memiliki suasana yang sangat nyaman dengan angin yang sejuk. Hal ini menyebabkan banyak pengunjung yang mengajak keluarganya untuk sekedar piknik. Anda bisa menyiapkan bekal, tikar, dan hammock agar piknik semakin menyenangkan. Namun, tetap jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang disediakan untuk keperluan tersebut.

5. Nikmati makanan laut

Aneka olahan seafood yang dijual di kawasan pantai sangat menarik untuk dicoba. Traveler bisa memilih ikan bakar, kepiting, dan lobster yang disajikan pedagang. Tak hanya itu, Anda juga bisa membeli makanan laut mentah untuk dibawa pulang. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan meski tidak membawa perbekalan ke pantai.

6. Lihat pertunjukan

Pada hari-hari tertentu biasanya diadakan pertunjukan di kawasan Pantai Dato. Pertunjukan ini berupa live dance music yang dibawakan langsung oleh warga setempat. Tujuan dari acara tersebut adalah untuk menarik wisatawan berlibur. Anda bisa merekam berbagai pertunjukan menggunakan kamera sambil bersantai.

7. Permainan pasir

Pasir pantainya memang menjadi tempat yang sering digunakan untuk bermain. Biasanya wisatawan membawa perlengkapan berupa cetakan pasir untuk pertandingan voli. Pasirnya yang bersih seperti itu dijamin bikin traveler betah duduk di sana. Selain itu, pasirnya juga sangat lembut sehingga Anda tidak akan terganggu saat bermain karena tidak terdapat bebatuan kecil.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai DatoKredit gambar: Google Maps Ikhwan Mahmud

Beragam fasilitas yang ada di Pantai Dato cukup lengkap untuk membuat liburan Anda seru. Kawasan pantai menawarkan kursi pantai yang sering digunakan untuk berjemur dan bersantai. Namun untuk rombongan keluarga, Anda bisa duduk di gazebo untuk memperluasnya. Di setiap sudut terdapat warung makan yang menjajakan aneka makanan ringan hingga makanan berat.

Bagi wisatawan yang ingin bermain air bisa menyewa peralatan di tempat yang telah disediakan. Ada juga beberapa kamar mandi yang selalu dibersihkan oleh petugas agar tamu merasa nyaman. Di bagian depan terdapat tempat parkir kendaraan yang selalu dijaga oleh agen. Jadi Anda bisa menghabiskan liburan dengan santai tanpa takut kehilangan kendaraan.

Kawasan pantai ini belum menyediakan tempat ibadah, sehingga pengunjung bisa menumpang ke penduduk setempat. Pengelola akan terus bekerja mengembangkan semua fasilitas dan memperbaiki yang rusak agar pantai tetap ramai. Selain itu, Anda juga harus menjaga semua fasilitas dengan tidak merusak atau mencemari mereka selama Anda tinggal.

Demikian gambaran pantai dato majene yang cocok sebagai tempat rekreasi keluarga. Wisatawan yang berada di sekitar Sulawesi bisa singgah untuk menikmati keindahan destinasi ini. Namun perlu diingat bahwa jangan merusak alam selama liburan. Rencanakan juga budget yang cukup dan ajak kerabat ke pantai cantik ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button