Keindahan Curug Dago Bandung, Air Terjun dan Prasasti Raja Thailand - WisataHits
Jawa Barat

Keindahan Curug Dago Bandung, Air Terjun dan Prasasti Raja Thailand

MataramNews.co.id – Berbicara tentang wisata alam, kota Bandung memiliki banyak jenis wisata yang menarik untuk dijelajahi. Bandung juga disebut kota kembang karena udaranya yang sejuk dan memiliki banyak momen bersejarah yang perlu Anda ketahui. Banyak wisatawan mengunjungi Bandung sebagai tujuan wisata. Dan satu-satunya tempat wisata yang bisa anda kunjungi adalah Curug Dago.

Tentu bagi warga Bandung, Air Terjun Dago ini sudah dikenal. Ada banyak jenis air terjun di Bandung yang bisa Anda kunjungi. Di dalamnya ada air terjun yang sejuk dan wahana seru di luar. Bandung juga sering disebut sebagai surga tersembunyi di Indonesia. Dan bagi anda yang tertarik dengan air terjun, anda bisa mengunjungi Curug Dago.

Suasana alam yang disajikan masih asri dan sarat dengan budaya Sunda. Hal inilah yang menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Bahkan pengunjungnya sendiri berasal dari luar kota atau luar provinsi. Khusus untuk warga Jawa Barat, Curug Dago bisa dijadikan tempat liburan dan mengajak teman atau kerabat serta berbagi momen bersama mereka.

Jadi tanpa harus keluar kota atau luar negeri. Anda bisa merasakan sensasi alam yang luar biasa karena Curug Dago tidak kalah bagusnya dengan wisata lainnya. terutama yang memiliki fitur air terjun di dalamnya. Selain itu, tiket masuk ke Curug Dago gratis, sehingga cocok untuk dikunjungi semua orang. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Curug Dago. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Tentang kisah Curug Dago

air terjun dago

Curug Dago merupakan bahan tuff seperti daerah lain di Ir. H. Djuanda yang terbentuk dari Kuarter. Anda pasti tahu bahwa Curug Dago merupakan hasil dari letusan Gunung Tangkuban Perahu. Curug Dago memiliki 2 relung yang merupakan hasil erosi atau pengikisan aliran sungai.

Dan relung pertama sendiri berada di dekat sungai, dan relung kedua memiliki batu-batu vulkanik. Selain itu, ceruk pertama sendiri mengandung banyak lapisan bumi yang tebal. Curug Dago sendiri kini menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Hotel ini terletak di bagian utara Bandung. Dimana situs ini merupakan Kawasan Konservasi dan merupakan satu kesatuan dengan kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda.

Dan kini air terjun tersebut memiliki pemandangan yang sangat sejuk dengan ekosistem hutan dan perkampungan Sunda. Kanan dan kiri adalah sungai Essigpundung. Dan dilengkapi dengan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini memiliki dua prasasti batu peninggalan kerajaan Thailand. Hingga tempat ini diabadikan dan dijadikan tempat wisata yang banyak dikunjungi orang.

Curug Dago merupakan salah satu objek wisata air terjun yang juga dijadikan sebagai aset berharga yang perlu dilestarikan. Curug Curug ini bersumber dari sungai Cikarundung dan Sungai Maribaya yang bermuara ke kota Bandung. Lokasinya masih tergolong tersembunyi karena berada di atas bukit Dago. Tak heran jika Curug Dago juga merupakan bagian dari kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda.

Rute dan lokasi air terjun Dago

Saat ini banyak wisatawan terutama anak muda yang berkunjung ke tempat tersebut. Selain menyimpan sejarah, pemandangan alam yang disajikan bisa memanjakan mata. Namun, hal ini juga tidak luput dari cerita misteri di masyarakat tentang Air Terjun Dago. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, air terjun ini memiliki kisah seorang raja Thailand yang mengunjungi daerah tersebut. dan ada 2 prasasti batu tulis.

Yang merupakan peninggalan raja Thailand yang masuk ke Curug Dago tepat pada tahun 1818 Masehi. Menurut penelitian para sejarawan, jika kedua prasasti tersebut merupakan peninggalan Raja Rama V, julukan Raja Chulalonkorn. Lalu dimana letak Air Terjun Dago? Mungkin masih banyak dari kalian yang belum tahu kan?

Lokasi Air Terjun Dago ini tepatnya di Desa Dago, Kecamatan Coblog, Kota Bandung, Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia. Bagi Anda yang ingin berlibur ke Temaot, Anda bisa menikmati pemandangan alam di sekitar air terjun yang penuh dengan ekosistem hutan. Ada 2 jalur alternatif yang bisa Anda ambil yaitu melalui jalur Terminal Dago atau melalui Taman Budaya Ganesha Dago.

Atau bisa melalui Dago Tea House yang letaknya tidak terlalu jauh dari air terjun. Namun sayang, jika jalur ini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Anda juga dapat menggunakan posisi parkir di tempat parkir mobil Kulturpark. Dan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan jalan setapak dan beberapa anak tangga yang curam.

Parkiran Curug Dago

Tersedia tempat parkir untuk kendaraan roda dua. Dan lokasinya tidak terlalu jauh sehingga Anda bisa melihat jembatan yang menghubungkan area jeram dan batu andesit hitam. Selain itu, kawasan ini juga merupakan bagian dari puncak air terjun, sehingga wisatawan bisa melihat keindahan Sungai Cikarundung.

Kalau ditanya berapa harga tiket masuk curug dago? Maka jawabannya adalah gratis alias gratis. Anda dapat mengunjungi tempat ini kapan saja tanpa mengeluarkan uang. Jadi Anda hanya perlu menyiapkan uang untuk membayar parkir. Tempat parkir yang disediakan cukup luas dan dapat menampung banyak wisatawan.

Jika Anda berhasil melewati tempat parkir ini, Anda bisa berjalan kaki menuju air terjun. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda harus berhati-hati karena jalan dan tangganya curam dan licin. Jaraknya sekitar 80-100 meter, jadi Anda sudah sampai di Air Terjun Dago. Untuk lebih jelasnya anda bisa pantau Google Maps untuk menuju tempat ini. Karena tidak sedikit pengunjung yang kesulitan menemukan Curug Dago.

Fasilitas Air Terjun Dago

Semua tempat wisata telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang dapat menarik perhatian pengunjung. Dan kawasan ini sendiri cukup lengkap, Anda bisa dengan mudah menikmati semua fasilitas yang ada. Misalnya stand yang menawarkan banyak makanan dan minuman, rest area dan lain sebagainya. Jadi Anda bisa duduk santai dan menikmati keindahan alam air terjun.

Dan untuk akomodasinya sendiri, Anda akan menemukan hotel, resort, villa dan losmen yang bisa Anda temukan dengan mudah. Selain itu fasilitasnya sangat lengkap, ada air panas dan fasilitas lainnya. Dan untuk restoran, wisatawan bisa menuju ke kawasan wisata tersebut. Bagi anda yang tertarik dan ingin berkunjung ke Curug Dago bisa mengatur jadwal terlebih dahulu bersama teman atau kerabat lainnya.

Menyimpulkan

Sekian ulasan tentang Curug Dago yang bisa anda kunjungi dan untuk warga Jawa Barat bisa langsung mengunjunginya tanpa dipungut biaya apapun alias gratis. Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Nantikan informasi lebih lanjut dari kami, terima kasih.

Source: mataramnews.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button