Keindahan Bendung Katulampa, destinasi wisata favorit di kota Bogor - WisataHits
wisatahits

Keindahan Bendung Katulampa, destinasi wisata favorit di kota Bogor

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 08.30-21.00 WIB, Alamat: Jl.Pemuda 2 No.32 Sindangrasa, Katulampa, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Berlibur ke pegunungan, air terjun, kebun binatang, bisa menjadi hal yang lumrah. Dan jika liburan ada di lokasi bendungan? Beberapa dari Anda mungkin belum pernah mencobanya. Sesekali datanglah ke Bendungan Katulampa di Bogor untuk menikmati suasana berbeda saat liburan. Layaknya bendungan, fungsi utamanya adalah untuk mengairi sawah yang mengelilinginya. Di Bogor, bendungan ini juga berfungsi sebagai pendeteksi dini banjir.

Struktur bendungan ini sangat kokoh, meski sesekali air deras mengalir melalui beberapa dinding yang dibangun. Di pagi dan sore hari, banyak pengunjung yang datang untuk menikmati suasana berbeda di waktu senggang. Tidak terlalu ramai jika dibandingkan dengan tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam dan wahana lainnya. Namun, ke depannya mungkin akan berbeda, karena sekarang ini hanya trend dan banyak dibicarakan.

Selain bendungan, di kawasan Katulampa juga telah dibangun beberapa destinasi wisata di lahan seluas 2 hektar. Seperti halnya kawasan Bandung pada umumnya, Katulampa juga dikelilingi perkebunan dan persawahan dengan pemandangan khas pedesaan. Jika Anda sedang berada di Bogor, tempat wisata baru ini tidak boleh Anda lewatkan untuk melengkapi rangkaian liburan yang Anda lakukan.

Objek Wisata Bendungan Katulampa

Objek Wisata Bendungan KatulampaKredit gambar: Google Maps dewina sinaga

Bicara soal daya tarik, Bendungan Katulampa tak kalah dengan tempat wisata di Bogor lainnya. Hal inilah yang membuat padatnya pengunjung saat liburan tiba. Buat kamu yang penasaran dan ingin tahu apa saja objek wisata Bendungan Katulampa, berikut sudah kami rangkum dengan penjelasan singkatnya!

1. Keindahan Bendungan Katulampa

Menikmati keindahan bendungan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Memang sepintas terlihat seperti bendungan pada umumnya, gembok dibangun sangat kokoh untuk mencegah masuknya air saat tidak dibutuhkan. Saat air surut, banyak bebatuan tak beraturan yang menghiasi dasar bendungan. Arus airnya yang cukup kencang dan menimbulkan riak yang cukup besar juga menjadi daya tarik tersendiri. Di luar bendungan, mustahil bagi Anda untuk memiliki pemandangan yang begitu indah.

Bendungan Katulampa juga dilengkapi dengan jembatan dengan bangunan yang unik dan kuno. Pengunjung diperbolehkan naik ke jembatan untuk menikmati keindahan bendungan atau mengambil foto. Liburan semakin lengkap ketika udara segar khas pedesaan mengelilingi pemandangan.

2. Kampung Penuh Warna

Di dekat Bendungan Katulampa yang juga berada di kecamatan yang sama, terdapat sebuah desa unik dengan berbagai warna menghiasi bangunannya. Disebut kampung warna-warni karena setiap rumah dan setiap dinding di tempat ini dicat dengan warna yang berbeda-beda. Salam selamat datang juga menghiasi keindahannya dan menyambut kedatangan Anda.

Ada sebuah sungai di desa yang menjadi tujuan wisata utama saat Anda berkunjung. Bukan sungai yang kotor, penuh bebatuan dan banyak pohon disekitarnya, tapi sungai dari aliran bendungan berubah menjadi wahana air mini. Meski airnya berwarna coklat, kebersihannya terjamin karena tidak ditemukan sampah sedikitpun.

3. Tebing Gricil Katulampa

Atraksi berikutnya adalah tebing Gricil yang baru saja diresmikan tahun 2020 kemarin. Tebing ini dibangun bekerjasama dengan warga setempat, lengkap dengan jogging track sepanjang 1,7 km. Selain itu, ada pula kebun organik bernama One Home Farm dengan berbagai jenis tanaman yang dikelola langsung oleh para petani muda dari kawasan Katulampa.

Alamat lokasi dan rute

Alamat Bendungan KatulampaKredit gambar: Google Maps Eko Budi Utomo

Sesuai dengan namanya Bendung Katulampa, alamat lengkapnya berada di Kecamatan Katulampa, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tidak sulit untuk menemukan lokasinya karena tidak jauh dari kota. Hanya dengan jarak sekitar 8,4 km dari pusat kota Bogor, Anda bisa mencapai lokasi kurang dari 30 menit dengan kendaraan bermotor.

Anda bisa menggunakan terminal kota Bogor sebagai landmark untuk mengambil rute yang benar. Baik Anda menggunakan kendaraan umum maupun pribadi, ambillah arah yang mengarah ke Jalan Raya Tajur Bogor. tidak jauh dari tempat ini Anda akan menemukan desa yang penuh warna. Lanjutkan sedikit ke bendungan. Namun, jika Anda ingin memanfaatkan permainan desa, harap parkirkan kendaraan Anda di tempat yang telah disediakan.

Biaya masuk

Harga Tiket Masuk Bendungan KatulampaKredit gambar: Google Maps dadi maskar

Untuk lokasi bendungan tidak dipungut biaya alias gratis. Namun jika ingin menikmati keseruan bermain di kampung warna warni atau kampung air harus membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah per orang. Cukup murah untuk merasakan liburan yang bisa didapat.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06:00 hingga 17:00, berhati-hatilah agar tidak melebihi jam tutup selama kunjungan Anda.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Bendungan Katulampa yang MenarikKredit gambar: Google Maps Anggieta Santoso Edi

Lokasi wisata Bendungan Katulampa sebenarnya bukanlah bendungan utama, melainkan kawasan lain di Kecamatan Katulampa. Seperti di desa warna warni, Tebing Gricil, dan juga Desa Air. Bagi yang belum pernah mengunjungi lokasi tersebut, berikut aktivitas menarik yang biasa dilakukan pengunjung saat berlibur ke sana!

1. Memancing

Kegiatan memancing tidak hanya bisa dilakukan di laut atau di sungai saja, di kolam pemancingan kawasan Katulampa juga tidak kalah serunya. Jenis ikan yang bisa ditangkap antara lain ikan mas, gurami, lele, nila dan lain-lain. Tidak perlu membawa alat pancing sendiri, ada tempat yang menyewakan alat pancing beserta umpannya. Menariknya, colokannya bisa dibawa pulang, tentunya dengan membayar biaya tambahan.

Jika saat memancing perut Anda lapar, Anda bisa memasaknya langsung di tempat dengan bantuan pengelola. Untuk ini ada tarif tersendiri yang juga perlu Anda persiapkan. Selain itu, jika Anda kurang beruntung dan tidak mendapatkan ikan, Anda masih bisa menikmati semua jenis ikan di kolam dengan membelinya dari pengelola.

2. Arung jeram

Selain itu dalam berkunjung ke desa air, Anda bisa melakukan aktivitas yang dapat memacu adrenalin. Apalagi kalau bukan rafting dengan aliran Sungai Ciliwung yang juga mengarah ke bendungan utama. Arusnya cukup deras dengan ciri khas bebatuan sungai menjadi tantangan utama. Anda tidak hanya mendapatkan manfaat olahraga dari kegiatan ini, tetapi juga petualangan dan kerja tim di atas perahu karet.

Jangan khawatir soal keselamatan, helm dan jaket pelampung adalah alat keselamatan utama yang bisa Anda dapatkan. Selain itu, ada pengawas tersendiri di dalam perahu yang juga berfungsi sebagai instruktur. Bagi Anda yang mabuk laut, olahraga arung jeram ini tidak disarankan karena arus dan ombak akibat benturan bebatuan dan permukaan yang tidak rata cukup tinggi.

3. Perkemahan

Lokasinya yang berada di perkampungan dengan pemandangan khas tumbuhan hijau menjadi alasan lain untuk dijadikan tempat perkemahan. Pengelola juga menyediakan perlengkapan camping, seperti tenda dan sleeping bag. Jadi Anda tidak perlu membawanya dari rumah, atau jika Anda tidak berencana untuk bermalam dari awal. Bumi perkemahan masih berada di kawasan desa air, Katulampa Bendung.

Kegiatan ini cukup menyenangkan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Selain menikmati pemandangan alam, mereka juga bisa mengikuti kelas untuk lebih mengenal alam. Sebut saja kegiatan ini sebagai media pendidikan anak. Jika tak ingin kedinginan sambil menikmati keindahan alam tempat wisata ini, ada penginapan khusus yang dibangun di atas kolam ikan. Biayanya cukup murah dengan fasilitas yang cukup lengkap antara lain Wifi, kamar mandi dan juga kamar tidur yang nyaman.

4. Kegiatan keluar

Aktivitas menarik di Bendungan KatulampaKredit gambar: Google Maps Fairiko S

Berkenalan dengan alam tidak harus dilakukan saat berkemah, kegiatan outdoor juga merupakan bagian darinya. Namun kali ini bukan jalan-jalan biasa, melainkan dengan beberapa permainan air yang cukup seru. Anak-anak pasti akan menyukai aktivitas yang dilakukan di sungai yang bersambung dari bendungan ini. Ada tempat sewa ban jadi lebih aman dan pasti tertarik main lebih lama di air.

Kedalaman airnya cukup lumayan, sekitar perut orang dewasa. Sayangnya, tidak ada pelampung yang disewakan, namun ban karetnya cukup untuk menjaga keselamatan anak-anak. Arusnya cukup tenang, tidak perlu khawatir bahaya. Setiap pengunjung yang datang ke tempat ini pasti ingin bermain air. Kali ini bukan di desa air tempatnya berada, melainkan di desa warna-warni. Jadi, selain bermain air, Anda juga bisa menikmati keindahan desa unik yang dicat dengan berbagai warna. Tersedia desain karakter kartun yang mungkin disukai anak-anak.

5. Joging

Ini mungkin tidak umum saat mengunjungi Bendungan Katulampa. Namun jika ingin melakukan olahraga ringan, jogging bisa menjadi pilihan utama yang bisa dilakukan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, jogging track ini berada di atas tebing Gricil dengan panjang track 1,7 km. Ketiga spot tersebut tidak jauh, baik Kampung Air, Kampung Warna Warni, dan juga Tebing Gricil. Jadi, di lingkungan sekitar atau tempat wisata, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru.

6. Cat bola

Dengan luas sekitar 2 hektar, Bendungan Katulampa juga menawarkan aktivitas yang tak kalah menarik dari tempat wisata lainnya. Paint Ball adalah kegiatan yang paling menyenangkan bagi sebagian pengunjung. Dalam kegiatan ini diperlukan kerjasama tim untuk memenangkan permainan.

Paintball, juga dikenal sebagai air soft gun, adalah olahraga baru yang sangat populer. Seperti dalam perang, Anda menggunakan senjata api yang digunakan untuk menembak lawan. Namun jangan khawatir, bola yang digunakan bukanlah bola asli, melainkan bola karet yang diisi dengan cat berwarna.

Fasilitas yang Disediakan

Fasilitas Katulampa SpillwayKredit gambar: Google Maps K Jericho

Meski sebagian besar diprakarsai oleh anak muda dan warga setempat, fasilitas yang diusulkan cukup lengkap. Diantaranya mushola, toilet, anda juga memiliki tempat parkir aman yang luas. Di sekitar lokasi wisata juga terdapat warung, sehingga Anda tidak perlu membawanya dari rumah jika ingin mengisi perut lapar setelah beraktivitas. Saung dapat digunakan sebagai tempat istirahat dan juga merupakan salah satu fasilitas yang dapat dinikmati. Apalagi ada juga Wifi yang bisa didapat di beberapa sudut lokasi.

Bendungan Katulampa memang tidak menyajikan pemandangan alam seperti tempat wisata lain seperti pegunungan. Namun, banyak sekali permainan yang ada di tempat-tempat tersebut dan ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain itu, hingga saat ini slot ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga sangat memungkinkan untuk menambah game yang sudah ada. Pemerintah mulai melirik destinasi-destinasi wisata tersebut sehingga kemungkinan besar hal tersebut akan terjadi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button