Watu Gunung Ungaran, Pesona Wisata Alam Nuansa Budaya Jawa di Semarang - WisataHits
wisatahits

Watu Gunung Ungaran, Pesona Wisata Alam Nuansa Budaya Jawa di Semarang

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Lerep Satu, Lerep, Kec. Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Wisata alam memang menjadi destinasi wisata terpopuler, salah satu wisata alam yang begitu populer di Ungaran, Semarang adalah Watu Gunung. Dengan udara segar dari pepohonan di sekitarnya, menghabiskan liburan di tempat wisata alam ini akan menjadi obat penenang yang paling efektif.

Terletak jauh dari kota dan menawarkan konsep yang kental dengan budaya Jawa menjadi salah satu daya tariknya. Sebelumnya tempat ini hanya ditumbuhi pohon cengkeh dan pala, entah kenapa pemilik tempat ini akhirnya membuka private villa pada tahun 2004.

Setelah berjalan beberapa lama, vila pribadi tersebut disulap menjadi tempat wisata dan dibuka untuk umum. Ciri khas Watu Gunung adalah bangunan joglo yang terawat dan terawat dengan baik. Tempat wisata alam ini berukuran 3,5 hektar dan memiliki beberapa fasilitas yang membuatnya begitu populer di Jawa Tengah.

Atraksi Gunung Batu

Atraksi batu gunungKredit gambar: Google Maps Gina Ariska

Setiap tempat wisata pasti memiliki daya tarik tersendiri, begitu juga dengan Watu Gunung yang memiliki beberapa daya tarik tersendiri dan mampu menjadikan tempat wisata alam ini menjadi favorit pengunjung dari Jawa Tengah maupun luar Jawa Tengah. Berikut beberapa atraksi tersebut.

1.Alam

Tentunya hal pertama yang dibicarakan saat membicarakan daya tarik tempat wisata ini adalah alamnya. Dari pepohonan yang terdapat di setiap sudut tempat wisata, wisatawan akan merasakan kenyamanan tersendiri. Apalagi jika ada kicauan burung yang hinggap di dahan pohon akan membuat pengunjung semakin rileks.

Lalu ada gunung dan bukit yang keindahannya bisa dilihat dari jauh. Keindahan alam bisa dinikmati sambil bersantai dan ditemani suara angin yang bertiup di antara dedaunan pepohonan, seketika rasa lelah apapun akan hilang dengan sendirinya.

2. Kolam renang

Selain itu, terdapat kolam renang yang bisa menjadi solusi bermain keluarga. Merupakan salah satu atraksi yang paling diminati pengunjung jika sudah menginjakkan kaki di tempat wisata alam ini. Ada 3 jenis kolam yang bisa digunakan, yang kesemuanya berbeda dalam ukuran dan kedalamannya.

Semua kolam ini sayang untuk dilewatkan saat berlibur di Watu Gunung Ungaran. Karena air kolamnya sangat jernih dan segar. Bahkan di tepi kolam terdapat air mancur yang membuatnya semakin indah.

Banyak orang akan terlihat bersenang-senang di kolam renang yang dikelilingi pepohonan hijau ini. Suara tawa dari anak-anak dan orang-orang di sekitar akan membuat kolam jadi ramai.

3. Gedung Joglo Bangunan

Bangunan joglo atau rumah adat Jawa yang dibangun dengan 4 tiang utama akan menjadi daya tarik selanjutnya. Di sekitar kawasan wisata alam ini terdapat sekitar 8 bangunan joglo yang terawat baik dan dijadikan ciri khasnya. Uniknya, setiap bangunan joglo memiliki nama masing-masing.

Dari yang pertama bernama Progo yang bangunannya berbentuk rumah etnik Jawa Bali, Walang Kekek yang rumah panggungnya, kantor induknya bernama Griyo Pholo, lalu ada Kemuning, Katak Ngorek, Wono Sekar, Jeng Yuyu, dan yang terakhir adalah Nyi rumpung. Semua nama tersebut diberi nama oleh pemilik tempat wisata itu sendiri.

4. Danau buatan

Objek wisata yang dimiliki oleh Gunung BatuKredit gambar: Google Maps Faisal Riza Rahman

Bukan hanya kolam renang yang ada di tempat wisata alam ini. Ada juga danau buatan yang bisa dinikmati pengunjung. Di tepi danau buatan, terdapat sebuah bangunan seperti gubuk kayu yang bisa digunakan pengunjung untuk duduk dan beristirahat.

Di dalam danau buatan, beberapa jenis ikan hias berenang hilir mudik, pengunjung dapat menikmati keindahannya dari atas gubuk kayu di tepi danau buatan. Selain itu, ada perahu yang bisa digunakan untuk mengelilingi danau buatan.

5. Sungai buatan

Selain danau buatan, ada sungai kecil buatan di dekatnya yang mengalirkan air ke danau buatan. Pengunjung dapat menikmati keindahan sungai yang mengalir dari tempat pengamatan yang mengelilinginya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Batu GunungKredit gambar: Twitter Tanda Kehidupan Akavia

Terletak di Kecamatan Ungaran Barat, Lerep, Lerep Satu, Semarang, Jawa Tengah. Watu Gunung berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Semarang, dapat diakses dengan kendaraan bermotor selama 42 menit.

Untuk rute dari kota Semarang bisa dimulai dari Simpang Lima Semarang menuju Jl Brigjen Katamso harus melewati RS Bhayangkara dan belok kiri di Jl Demak masuk tol. Kemudian ambil jalan tol Tanjungmas – Srondol. Ikuti jalan tersebut sampai masuk Jalan Tol Srondol – Jatingaleh sampai di Poltekkes Kemenkes Semarang kemudian pindah jalur ke Jalan Tol Ungaran.

Tiba di jalur 430 ambil jalan keluar, setelah sampai di pertigaan tol belok kiri menuju Jl Letjen Suprapto. Kemudian sesampainya di pertigaan di Jl. Diponegoro belok kanan ke Alun-Alun Lama Ungaran. Setelah sampai di Alun-Alun Lama Ungaran, belok kiri ke Jl. Kaligarang.

Dari Jl. Kaligarang lurus terus sampai masuk Jl. Srikandi Raya. Dari Jl. Srikandi Raya, Anda dapat menemukan tujuan wisata Anda di sisi kiri jalan.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Batu Gunung UngaranKredit gambar: Google Maps Raden Oktova Gamma Star

Sama seperti tempat wisata di Ungaran lainnya, Watu Gunung mengenakan tiket masuk sebesar Rp 20.000-25.000 per orang. Harganya tergantung pada kunjungan selama seminggu atau selama liburan. Namun dengan harga yang ditawarkan, Anda pasti akan menikmati kesegaran air dan kesegaran lingkungan sekitar yang bisa menghilangkan penat, apalagi dengan keindahan alam yang mengelilinginya.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung, tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Sebaiknya berkunjung pada hari kerja, agar Anda bisa puas memanfaatkan semua fasilitas yang tersedia.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Watu Gunung

Kegiatan menarik di Watu GunungKredit gambar: Facebook Vera

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di wisata alam Watu Gunung. Kegiatan tersebut bisa dilakukan bersama keluarga, teman, atau bahkan bersama pasangan, berikut beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di tempat wisata alam yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini.

1. Ambil gambar

Berlibur identik dengan berfoto-foto, maka wajar saja jika Anda berlibur di tempat wisata alam ini menjadikan berfoto sebagai aktivitas wajib pertama yang harus dilakukan. Wisatawan bisa berfoto dengan bangunan joglo, atau dengan latar belakang pepohonan dan pegunungan, berfoto sambil berperahu di tengah danau buatan, bahkan berfoto sambil berenang di kolam.

Semua ini bisa dilakukan dengan orang-orang terdekat. Mengabadikan momen bersama orang-orang terdekat akan sangat berkesan dan foto-foto tersebut juga bisa dijadikan bahan cerita bersama kedepannya.

2. Berenang atau bermain air

Salah satu aktivitas wajib pengunjung saat berkunjung ke Watu Gunung adalah menikmati jernih dan sejuknya air dari 3 kolam tersebut. Pengunjung bisa berenang di kolam yang memiliki kedalaman dan luas yang cukup, atau bagi pengunjung yang tidak bisa berenang, ada kolam yang dirancang khusus untuk bermain air.

Ketiga kolam tersebut dikelilingi pepohonan dan beberapa patung khas Jawa sehingga akan sangat indah untuk berfoto di sekitar kolam. Jika sudah cukup puas bermain air, pengunjung bisa beristirahat di gazebo yang terletak tidak jauh dari 3 kolam renang tersebut.

3. Mendayung perahu di danau buatan

Kegiatan selanjutnya adalah mendayung perahu kayu di tengah danau buatan. Kegiatan ini bisa dilakukan bersama orang-orang terdekat seperti keluarga, teman atau bahkan pasangan jika ingin lebih romantis. Saat sudah sampai di titik yang bagus, pengunjung bisa berhenti sejenak untuk berfoto.

Perahu yang disediakan dapat menampung hingga 4 orang, tetapi harus cukup untuk 2 orang agar tetap stabil saat mendayung. Setelah puas mengikuti wisata perahu, wisatawan bisa duduk-duduk di sekitar danau buatan sambil menyaksikan aliran sungai kecil yang masuk ke danau.

4. Perhatikan ikannya

Hal yang Dapat Dilakukan di Watu GunungKredit gambar: Facebook Zaenatul Ironah

Di danau buatan Watu Gunung ini terdapat beberapa ikan hias. Ikan-ikan akan terlihat berenang bebas kesana kemari bersama ikan-ikan lainnya. Dari gazebo di sekitar danau buatan pengunjung bisa melihat ikan-ikan, pengunjung juga bisa memberi makan ikan tapi tidak membuang makanan yang bisa mencemari danau buatan.

5. Nikmati alam

Bagi Anda yang merasa lelah dengan keramaian dan banyak pikiran, berlibur ke tempat wisata alam ini bisa menjadi obat yang paling mujarab. Karena alamnya yang masih sangat indah maka pengunjung akan melupakan semua pikiran yang ada di kepala mereka.

Keindahan alam pepohonan hijau yang dimeriahkan oleh kicau burung serta semilir angin yang sepoi-sepoi membuat pengunjung merasa lebih rileks. Apalagi dari kejauhan Anda akan melihat pegunungan dan perbukitan yang membuat pemandangan alam sekitarnya begitu indah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Area Watu GunungKredit gambar: Google Maps Kapten Rio

1. Area parkir kendaraan

Yang pertama adalah area parkir kendaraan bagi pengunjung. Semua kendaraan akan dapat parkir dengan aman di tempat parkir kendaraan, tetapi sebagai tindakan pencegahan, barang berharga pengunjung tidak boleh tertinggal di dalam kendaraan.

2. Toilet dan kamar mandi

Di Watu Gunung Ungaran juga terdapat kamar mandi yang dapat digunakan pengunjung untuk berganti pakaian sebelum dan sesudah berenang di kolam. Kamar mandi ini juga bisa digunakan untuk mandi setelah bermain di kolam renang. Lalu ada toilet yang bisa digunakan untuk buang air kecil atau besar bagi pengunjung.

3. Katering

Di tempat wisata alam ini juga terdapat warung makan dengan konsep jawa yang sangat kental. Pengunjung dapat mencoba beberapa makanan dan minuman yang ditawarkan di stand makanan saat mereka lapar.

Sebuah nasihat untuk anda yang ingin berlibur ke Watu Gunung Ungaran. Datanglah saat weekday, karena saat hari libur, tempat wisata alam ini akan ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai daerah. Saat berada di dalam kawasan wisata, perhatikan kebersihannya agar tempat wisata ini tetap bisa dinikmati oleh pengunjung lain.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button