Keindahan Air Terjun Muara Jaya, Pesona Air Terjun Eksotis di Majalengka - WisataHits
wisatahits

Keindahan Air Terjun Muara Jaya, Pesona Air Terjun Eksotis di Majalengka

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 07.00-16.00, Alamat: Desa Argamukti, Kecamatan. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Curug Muara Jaya. Wisata alam di wilayah Majalengka memiliki keindahan dan pesona alam yang paling banyak dilirik oleh wisatawan. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa maupun hari libur.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dalam perjalanan menuju objek wisata ini. Hamparan luas pemandangan keindahan alam yang masih alami pasti akan memanjakan mata siapa saja yang datang ke sini.

Apalagi air terjun Muara Jaya ini memiliki 2 tingkat yang sangat menakjubkan untuk dilihat. Ketinggian air terjun disini juga cukup tinggi yaitu 60 meter untuk air terjun utama. Sedangkan air terjun kedua memiliki ketinggian lebih rendah yaitu 13 meter. Di sekitar lokasi air terjun terdapat berbagai jenis pohon rindang yang tumbuh menambah nilai natural dari air terjun ini.

Daya Tarik Curug Muara Jaya

Air Terjun Muara JayaKredit gambar: Instagram Endar Nugrahä

1. Air Terjun Berjenjang

Keunikan lain yang kita temukan di air terjun Muara Jaya yang memiliki 2 tingkat atau biasa disebut air terjun. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, 2 air terjun di sini memiliki ketinggian yang berbeda. Air terjun utama memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Tentu saja cukup tinggi untuk sebuah air terjun yang terbuat dari proses alami.

Dengan keunikan tersebut, tak heran jika air terjun ini mampu memukau banyak pengunjung. Tak sedikit yang rela berbasah-basah untuk menikmati sejuknya air di sini.

2. Hamparan alam yang luas dan mempesona

Pengunjung disuguhkan pemandangan alam dan pepohonan rindang di sepanjang perjalanan menuju Curug Muara Jaya. Selain itu, air terjun yang menawan serta bebatuan kecil dan besar di bawah air terjun yang mengalirkan air yang jernih dan sejuk memberikan kesan tersendiri.

Pengunjung dapat melihat rimbunnya pepohonan yang rindang dengan mata telanjang. Rasakan alam bumi tanpa debu atau polusi. Pemandangan dedaunan hijau yang rimbun dan udara alam yang menakjubkan akan menenangkan pikiran.

3. Udara yang sangat sejuk

Salah satu hal yang dicari pengunjung saat berwisata di alam adalah kesegaran dan keindahan alam. Tempat wisata alam ini menyuguhkan udara yang segar, alami dan dapat menenangkan pikiran. Karena lokasinya yang sangat jauh dari kota, sehingga tidak mungkin tercemar polusi.

Pengunjung dapat menikmati udara segar menikmati sensasi dinginnya air terjun dan keindahannya, serta pemandangan alam yang indah. Dengan berbagai pepohonan yang rindang, hamparan kebun sayur yang luas karena tanah di sini sangat subur.

4. Sediakan arena berkemah

Daya Tarik Curug Muara JayaKredit gambar: Instagram @lekiwae

Arena ini diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin merasakan sejuknya alam dan dinginnya hutan pada malam hari di sekitar Curug Muara Jaya. Pada malam hari udaranya dingin, ditemani oleh suara alam dan suara air terjun.

Jika Anda berkemah, ingatlah untuk membawa perlengkapan berkemah seperti senter, jaket tebal, kantong tidur, kasur, dan tenda. Karena pada malam hari suhu disana akan sangat dingin. Jangan lupa membawa kompor dan korek api untuk membuat kopi panas sebagai penghangat tubuh.

5. Gedung Pendopo

Ada dua bangunan pendopo, satu besar dan satu kecil. Gedung ini bernama Gedung Pertemuan Muara Jaya. Bangunan ini terletak tidak jauh dari lokasi air terjun dan berfungsi sebagai tempat peristirahatan bagi pengunjung.

Jadi tidak perlu khawatir ketika selesai bermain dan menikmati pemandangan Air Terjun Muara Jaya, sudah disediakan tempat untuk beristirahat. Sambil bersantai menikmati pemandangan alam, pengunjung juga bisa menikmati beberapa kuliner yang sudah ditawarkan di beberapa warung terdekat.

Alamat dan rute menuju lokasi air terjun Muara Jaya

Alamat air terjun Muara JayaKredit gambar: Google Maps Boedax Baragajoel

Air terjun Muara Jaya terletak di Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Tepatnya berada di Desa Apuy, Desa Argamukti. Akses jalan menuju lokasi wisata berada di jalan utama Majalengka – Cikijing, tepatnya di kecamatan Maja. Perjalanan dapat dilanjutkan ke arah timur dimana Desa Argalingga berada.

Perlu diketahui, kondisi jalan di sini cukup sempit, menanjak dan berkelok-kelok cukup terjal, sehingga sangat menyulitkan kendaraan untuk melintas. Beberapa aspal rusak dan banyak bebatuan dan lubang di sekitar 2 km terakhir juga terlihat di desa Aigalingga.

Sesampainya di sana, Anda akan menjumpai pertigaan, lalu pilih arah kiri yang mengarah ke Ruajagaluh melalui kecamatan Sindang dan Garaswatu yang merupakan jalur alternatif menuju lokasi wisata. Setelah itu, Anda akan menemukan belokan kanan ke desa Argamukti, tempat Air Terjun Muara Jaya berada.

Perjalanan tidak sampai disitu saja, jarak dari pertigaan minimal 2 km dari desa Argamukti. Dan akses menuju lokasi cukup sempit, aspal rusak dan terdapat lereng yang terjal.

Bagi pengunjung yang ingin berkunjung dengan kendaraan umum, Anda dapat menggunakan angkutan umum dari kota Majalengka seperti L-300 atau Elf yang menuju ke Maja. Setelah sampai di kecamatan Maja, berhenti di area pasar dan cari pertigaan tepat di sebelah terminal bus. Kemudian ambil jalan kiri menuju Gunung Ciremai menuju Desa Argamukti.

Perjalanan selanjutnya bisa dilanjutkan menggunakan mobil pick up. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 4000 untuk menuju lokasi di dekat air terjun.

Jika Anda bingung, masih ada alternatif lain, yaitu menggunakan ojek yang juga tersedia di pasaran. Biaya kendaraan ojek sekitar Rp 10.000 per penumpang. Kemudian masuk ke desa Argamukti, bertemu pertigaan lalu ambil arah air terjun. Setidaknya butuh waktu sekitar 5 menit.

Jika sudah sampai di lokasi, Anda tinggal melanjutkan perjalanan menyusuri jalan kecil yang sudah beraspal sekitar 300 meter.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Muara Jaya Majalengka

Tiket Air Terjun Muara JayaKredit gambar: Google Maps Akhmad Hidayat

Saat memasuki objek wisata seperti Curug Muara Jaya, pengunjung harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuknya juga bervariasi, untuk tiket dewasa Rp 15.000 per orang, tiket masuk khusus anak-anak Rp 5.000 per orang.

Akan ada biaya parkir motor sebesar Rp 3000 per unit dan biaya parkir motor sebesar Rp 5000 per unit. Apalagi air terjun ini juga menawarkan tempat camping bagi pecinta alam, dengan harga tiket Rp 20.000 per orang.

Jam buka buka 24 jam sehari bagi pengunjung perkemahan, jika pengunjung tidak berkemah harus kembali ke puncak pada pukul 17.30.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Muara Jaya

Aktivitas di Air Terjun Muara JayaKredit gambar: Google Maps Nana Mulyana

1. Fitur air yang sangat menyegarkan

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan saat berwisata ke air terjun ini adalah bermain air di bawah aliran air terjun. Air terjunnya sangat jernih, terawat dan menyegarkan. Tidak jarang pengunjung bermain air terjun di sini.

Jangan lupa membawa baju ganti, karena kemungkinan besar baju akan basah terkena air. Serta perlengkapan mandi seperti sabun, sampo dan handuk untuk kenyamanan Anda.

2. Tempat bermain anak

Melengkapi air terjun Muara Jaya ini, terdapat taman bermain anak-anak yang bisa Anda temukan dalam perjalanan menuju air terjun. Jadi, jika Anda datang bersama keluarga, Anda bisa memanjakan anak-anak Anda dengan bermain di sini.

3. Perkemahan

Bagi pecinta alam, air terjun ini menawarkan arena khusus untuk berkemah. Jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi air terjun, menuruni anak tangga akan ada petunjuk arah menuju perkemahan.

Pengunjung bisa merasakan betapa tenang dan dinginnya alam di malam hari. Gemericik air terjun dengan suara alam lainnya. Hal ini cocok dilakukan saat liburan telah tiba.

4. Berburu Foto

Berburu foto menjadi salah satu hal wajib bagi pengunjung untuk mengabadikan kenangan manis agar tidak terlupakan. Terutama kaum milenial yang mencari spot foto menarik.

Air terjun yang indah ini menawarkan spot foto dengan menawarkan pemandangan alam yang luas dan rimbunnya dedaunan hutan yang hijau. Ditambah dengan spot foto berlatar belakang air terjun, air terjun akan membawa nilai estetika tersendiri.

Fasilitas yang tersedia di Curug Muara Jaya Majalengka

Fasilitas air terjun Muara JayaKredit gambar: Google Maps Herry R. Taufik

Beberapa fasilitas dan fasilitas sirkuit tergolong sangat lengkap dan memadai. Terdapat tempat parkir yang sangat luas, mushola, gedung pertemuan/pendopo, panggung hiburan untuk acara gathering, arena permainan anak, toilet umum dan camping ground.

Jalur menuju lokasi air terjun juga cukup aman. Ditambah lagi, ada warung makan untuk mengisi perut kosong setelah bermain air. Jadi, Anda tidak perlu lapar jika berwisata ke air terjun ini.

Berikut sedikit ulasan tentang wisata alam Curug Muara Jaya di Majalengka. Keindahan air terjun ini memang layak masuk daftar wisatawan saat liburan tiba. Semoga informasi yang saya berikan dapat menginspirasi khususnya bagi para wisatawan yang ingin singgah di tempat wisata tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button