9 tempat wisata di pacitan yang bersebelahan dengan pantai, tidak kalah keren dan asri - WisataHits
Jawa Timur

9 tempat wisata di pacitan yang bersebelahan dengan pantai, tidak kalah keren dan asri

Berbicara tentang Pacitan, puluhan pantai indah langsung terlintas di benak Anda bukan? Tidak bisa dipungkiri bahwa wisata pantai di Pacitan memiliki pesona yang luar biasa, seperti Pantai Watukaung, Pantai Sruni atau lainnya.

Namun jika kita ingin menelusuri lebih jauh, Pacitan yang terletak di wilayah Jawa Timur ini memiliki banyak tempat wisata indah yang bisa Anda kunjungi selain pantainya. Sungai Maron di Pringkuku juga keren lho.

Anda bisa melakukan alternatif tempat wisata selain pantai di Pacitan, berikut sembilan tempat menarik lainnya untuk dijelajahi keindahannya. Ada banyak tempat indah yang bisa membuat Anda betah saat berlibur.

1. Kalimaron

9 tempat wisata di pacitan yang bersebelahan dengan pantai, tidak kalah keren dan asriKali Maron, Pacitan (instagram.com/azhari_irsyad)

Sungai Maron tidak akan dibuka sampai tahun 2021. Wisata menyusuri sungai ini dapat menarik minat pengunjung yang datang. Sungainya indah dengan gradien yang enak dipandang.

Lokasi Kali Maron berada di Desa Maron, Pringkuku, Pacitan. Jaraknya kurang lebih 15 km dari pusat kota Pacitan atau kurang lebih 45 menit berkendara. Lokasi mudah dijangkau karena akses jalan cukup memadai. Pemandangan alam di sekitarnya pun tak kalah indah.

Nah, selama di sana, mereka membawa Anda dengan perahu sejauh 4,5 km menyusuri sungai atau sungai, lho. Akan menyenangkan, bukan? Tiket masuknya cukup terjangkau, Rp 5.000 per orang. Jika ingin menyewa perahu, Anda perlu membayar Rp100.000 per perahu berkapasitas empat orang.

2. Calicocle

9 tempat wisata di pacitan yang bersebelahan dengan pantai, tidak kalah keren dan asriKali Cokel, Pacitan (instagram.com/pacitanku)

Selain Sungai Maron, Sungai Cokel merupakan alternatif lain untuk wisata sungai. Kali Cokel merupakan tempat yang sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan suasana sejuk dan damai untuk bersantai.

Tempat ini terletak di Desa Watu Karung, Pringkuku, Pacitan. Lokasinya juga tidak jauh dari lokasi Kali Maron. Jaraknya kurang lebih 15 km dari pusat Kota Pacitan dengan jarak tempuh 45 menit.

Keindahan Kali Cokel tak kalah indahnya. Pohon kelapa di sepanjang sungai dengan berbagai tanaman liar membuatnya terlihat bagus dan sejuk.

Untuk menikmati keindahan Kali Cokel, Anda perlu menyewa perahu. Ongkosnya sendiri Rp 15.000 per orang, lumayan murah kan? Hilir sepanjang 2km yang akhirnya berpuncak di Pantai Watu Karung.

3. Grojogan Dhuwur

9 tempat wisata di pacitan yang bersebelahan dengan pantai, tidak kalah keren dan asriGrojogan Dhuwur, Pacitan (instagram.com/hvic_32)

Grojogan Dhuwur adalah salah satu dari sekian banyak air terjun di Pacitan. Memiliki tiga aliran air dengan ketinggian yang berbeda, termasuk kolam untuk berenang.

Lokasi Grojogan Dhuwur berada di Barong Kulon, Desa Candi, Pringkuku, Pacitan. Rute dan akses ke lokasi wisata juga telah dibuatMemperbarui di Google Maps, yang membuatnya lebih mudah.

Sampai saat itu, Anda bisa bersantai bersama keluarga. Anda juga bisa berenang di kolam yang cukup segar. Airnya jernih dengan warna biru kehijauan, tapi tetap harus hati-hati ya.

4. Air Terjun Gringsing

9 tempat wisata di pacitan yang bersebelahan dengan pantai, tidak kalah keren dan asriAir Terjun Gringsing, Pacitan (instagram.com/prasetia_bhayu)

Ada pesona indah Air Terjun Gringsing lho. Meski tempatnya tersembunyi, keindahan tempat tersebut bisa membuat wisatawan mampir.

Air Terjun Gringsing terletak di Dusun Krajan, Desa Ploso, Tegalombo, Pacitan. Anda bisa menggunakan Terminal Desa Gemaharjo sebagai titik awal. Terminal dapat diakses melalui Pacitan dan juga Ponorogo. Desa Tegalombo hanya berjarak sekitar 3 km dari terminal.

Keindahan Air Terjun Gringsing terletak pada perairannya yang bertingkat-tingkat, tingginya sendiri sekitar 20 meter. Alam juga indah. Tiket masuknya cukup murah, Rp 5.000 per orang.

Baca Juga: 5 Fakta Pantai Benges Pacitan Dengan Tebing Karang Yang Menggemaskan

5. Telogo Sono

9 tempat wisata di pacitan yang bersebelahan dengan pantai, tidak kalah keren dan asriTlogo Sono, Pacitan (instagram.com/hendry_sasmita)

Telogo Sono berada di lokasi yang cukup tersembunyi. Dikelilingi perbukitan yang hijau dan asri, menawarkan panorama alam yang indah. Tempatnya juga keren banget lho.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Lokasi Telogo Sono berada di Dusun Sono, Desa Kalikuning, Tulakan, Pacitan. Jaraknya kurang lebih 16 km dari pusat kota Pacitan menuju utara. Butuh waktu sekitar 50 menit untuk sampai ke tempat wisata.

Sekilas Telaga Sono mirip Ranu Kumbolo di Gunung Semeru lho. Air danau yang jernih dan segar seharusnya tidak pernah mengering. Masuknya gratis, Anda hanya perlu membayar biaya parkir.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan. Buka 24 jam, Anda bisa berkemah, berenang di air danau, berfoto dan bersantai sambil menikmati keindahan alam yang mempesona.

6. Goa Gong

9 tempat wisata di pacitan yang bersebelahan dengan pantai, tidak kalah keren dan asriGoa Gong, Pacitan (instagram.com/adindaputri99)

Goa Gong adalah tempat selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Pacitan. Goa ini konon mirip Goa Pindul atau Goa Jomblang di Gunungkidul, Yogyakarta.

Keindahan goa ini cukup eksotis karena dihiasi dengan stalaktit dan stalagmit yang menawan. Stalaktit dan stalagmit kemudian diterangi dengan lampu LED warna-warni.

Goa Gong yang terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan ini memiliki panjang sekitar 256 meter. Mengunjungi objek wisata sangat mudah.

Biaya masuk Goa Gong juga cukup murah yaitu Rp 20.000 per orang. Jika Anda ingin menyewa untuk memimpinAnda harus membayar Rp30.000.

7. Gua Tabuhan

9 tempat wisata di pacitan yang bersebelahan dengan pantai, tidak kalah keren dan asriGua Tabuhan, Pacitan (instagram.com/erinekacitra)

Selain Goa Gong, ada goa lain yang bisa anda kunjungi yaitu Goa Tabuhan. Gua Tabuhan telah dijadikan referensi wisata sejak tahun 1928. Tak heran jika turis asing datang ke sana.

Situsnya sendiri terletak di Desa Wareng, Punung, Pacitan. Jaraknya kurang lebih 30 km dari pusat kota Pacitan atau kurang lebih satu jam perjalanan. Akses ke situs ini juga mudah.

Bentuk Gua Tabuhan mendatar dengan stalagmit yang indah. Dipercaya bahwa gua ini adalah tempat Pangeran Diponegoro dipenjarakan sebagai seorang anak, lho. Dulu disebut Goa Tapan.

Penamaan Gua Tabuhan juga sangat unik. Jika Anda masuk ke dalam gua dan menabrak batu, akan ada suara seperti tawon yang dipukul. Sejak saat itu namanya berubah menjadi Goa Tabuhan.

8. Taman Beiji

9 tempat wisata di pacitan yang bersebelahan dengan pantai, tidak kalah keren dan asriTaman Beiji, Pacitan (instagram.com/anitasaputtri)

Taman Beiji merupakan salah satu wisata keluarga yang bisa Anda kunjungi di Pacitan. Memiliki alam dengan pemandangan yang indah, udaranya cukup sejuk karena banyak pepohonan.

Lokasinya cukup strategis yaitu berada di jalur utama Solo-Pacitan. Alamatnya sendiri berada di Desa Dadapan, Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Cukup mudah ditemukan dengan papan nama yang jelas.

Keunikan tempat tersebut adalah keindahan alamnya dengan pepohonan yang rindang. Tangga membawa Anda ke puncak bukit dengan bangunan perahu kayu yang keren. Anda bisa menikmati keindahan Teluk Pacitan dari puncak.

Tidak hanya itu, ada banyak tempat menarik untuk difoto lho. Aktivitas lain yang bisa kamu coba adalah keluar.

9. Gunung Lanang

9 tempat wisata di pacitan yang bersebelahan dengan pantai, tidak kalah keren dan asriGunung Lanang, Pacitan (instagram.com/petualangantanseng)

Gunung Lanang merupakan bagian dari gugusan Gunung Limo, gunung tertinggi kedua setelah Gunung Sepang. Namun, keindahan Gunung Lanang lebih diminati para pecinta alam di kawasan tersebut.

Gunung Lanang terletak di Desa Mantra, Kebonagung, Pacitan. Lokasi ini merupakan tempat yang tepat untuk menikmati keindahan Kota Pacitan pada malam hari. Anda juga bisa menikmati matahari terbit di sana.

Gunung Lanang memiliki dua puncak namun hanya satu yang bisa dikunjungi. Yang satunya lagi berupa bebatuan yang licin, sehingga cukup berbahaya. Cara naiknya juga cukup mudah. Dibutuhkan sekitar 15 menit untuk sampai ke puncak dari tempat parkir.

Pacitan terkenal memiliki banyak pantai yang indah dan indah. Namun jika ditelusuri lebih jauh, masih banyak wisata selain pantai yang tak kalah keren dan indahnya. Perbukitan, gua, air terjun, dan taman mendominasi kawasan 1001 Goa.

Baca Juga : Wisata Pantai Klayar Pacitan: Lokasi, Rute, Harga dan Tips

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button