Keindahan Air Terjun Dingin Kali, surga alam yang tersembunyi di Luwu Timur - WisataHits
wisatahits

Keindahan Air Terjun Dingin Kali, surga alam yang tersembunyi di Luwu Timur

Keindahan Air Terjun Dingin Kali, surga alam yang tersembunyi di Luwu Timur

Air Terjun Dingin Kali di Luwu Timur menawarkan suasana liburan yang berbeda, dengan pemandangan hutan yang hijau dan desain air terjun buatan yang unik.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Tabarano, Kec. Wasuponda, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Di Indonesia sendiri masih banyak objek wisata yang masuk kategori tersembunyi atau belum banyak diketahui orang. Alhasil, kondisinya masih sangat bersih dan asri, jauh dari kerusakan. Di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, ada Air Terjun Kali Dingin, namanya permata tersembunyi dengan keindahannya yang tak terbantahkan.

Bagi yang membutuhkan tempat untuk sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk kota, ditemani keindahan alam dan suara air terjun yang menyejukkan hati, rasanya perlu mencoba berwisata ke salah satu ikon baru Luwu Timur ini.

Apa saja daya tarik tempat wisata ini, dimana lokasinya, berapa harga tiket yang perlu disiapkan untuk fasilitas disana? Buat yang penasaran, berikut informasi lengkapnya agar bisa mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat ke sana.

Daya Tarik Air Terjun Dingin Kali

Daya Tarik Air Terjun Dingin KaliKredit gambar: Google Maps Ikhwan Mahmud

Air terjun ini mengalir dari sungai yang berada di atas bukit, bentuknya sangat eksotik dan pastinya berbeda dengan air terjun biasa di daerah lain. Berikut beberapa atraksi Air Terjun Kali Dingin yang akan memukau pengunjung.

1. Pemandangan alam yang hijau

Di sekeliling wisata menawan ini terdapat pemandangan hijau dari berbagai jenis pohon yang sudah ada sejak lama. Sebelumnya, tempat ini merupakan perkebunan yang pemiliknya “disulap” menjadi tempat wisata dengan tampilan yang berbeda, terutama di bagian air terjun.

2. Air Terjun Berjenjang

Pada tempat Air Terjun Dingin Kali terlihat seperti bebatuan yang dipenuhi lumut, sengaja dirancang untuk menghadirkan aliran air terjun yang indah. Bebatuannya ditata berlapis-lapis seperti kepala jamur, kemudian air mengalir dengan kecepatan yang cukup tinggi dari sungai di atasnya.

Aliran air terjun tersebut kemudian akan membentuk tontonan yang menakjubkan, ditambah dengan suara gemericik air yang menenangkan.

Ketinggian air terjun buatan ini sangat bervariasi, kebanyakan hanya berkisar 0,5 hingga 1 meter yang kemudian menyatu dengan kolam di bagian bawah.

3. Air jernih

Air terjun yang mengalir selalu sangat jernih, bahkan di dasar kolam pun pengunjung dapat melihat dasar kolam dengan mudah.

4. Kunjungan keluarga

Di tempat ini banyak tempat menarik yang bisa dicoba bersama keluarga, apalagi bagi yang memiliki anak kecil, terdapat kolam renang khusus yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas menyenangkan.

5. Penyembuhan Wasuponda

Air Terjun Kali Dingin tidak sulit dijangkau, jadi bagi warga Luwu Timur yang menginginkannya menyegarkan bisa datang kapan saja tanpa harus mencari liburan panjang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Dingin KaliKredit Gambar: Google Maps Angler Boncosan

Berada di Desa Tabarano, Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, tempat ini menjadi sorotan para wisatawan. Pasalnya, letaknya tidak terlalu jauh dari ibu kota Luwu Timur, yakni Malili.

Jika dihitung-hitung, hanya membutuhkan waktu 52 menit untuk sampai ke tempat ini, atau sekitar 37,4 km. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua jika ingin pergi sendiri, bisa juga mengendarai mobil.

Untuk mencapai Air Terjun Kali Dingin ini memang harus upaya karena ada bagian jalan yang berbatu dan kiri kanan jalan ada hutan. Namun semua itu akan terbayar setelah sampai dan melihat langsung betapa indahnya air terjun tersebut.

Jika berkendara dari Malili, wisatawan bisa mengambil jalan utama dari Wewang Riu Malili menuju Sorowako. Kemudian belok kanan menuju Jalan H Abdullah sekitar 1 km lalu belok kanan lagi menuju Jalan Dr. Sam Ratulangi atau Jalan Poros yang menghubungkan Malili hingga Tabarano.

Setelah 31 km perjalanan, tinggal belok kiri dan ikuti jalan lurus sekitar 2,1 km sebelum sampai di air terjun cantik ini. Jangan lupa untuk menikmati pemandangan di sepanjang jalan yang tentunya cukup mengesankan dan tentunya masih alami.

Harga tiket masuk wisata air terjun

Satu hal yang selalu menjadi pertanyaan sebelum datang ke suatu tempat wisata adalah berapa harga tiketnya. Khusus untuk kawasan wisata air terjun ini, tiket masuk untuk dewasa sekitar Rp10.000 sedangkan untuk anak-anak sekitar Rp5.000.

Harga ini dapat berubah atas kebijakan pengelola situs, jadi pastikan untuk melakukannya update jaga harga tiket terbaru agar Anda bisa menyiapkan dana yang cukup untuk menghabiskan waktu di sana.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Kali Dingin

Aktivitas menarik di Air Terjun Kali DinginKredit gambar: Google Maps Sita Hadilang

Beragam aktivitas bisa dilakukan saat tiba di wisata menawan ini, sehingga sering disebut full hidden tour. Mulai dari relaksasi, memanfaatkan pemandangan hingga lintas alam jelajahi objek wisata dari pintu masuk hingga ujung dalam tempat Air Terjun Kali Dingin berada.

1. Nikmati pemandangannya

Kegiatan ini tidak dipungut biaya, dimana pengunjung dapat menikmati pemandangan alam hingga puas. Dari mengamati hamparan pepohonan hijau dan bunga warna-warni. Hingga terlihat keunikan dan nilai seni yang tinggi dari pemandangan air terjun tersebut.

Semua orang akan bosan setelah menjelajahi air terjun dan berbagai hal tempat besar di daerah ini. Seperti pemandangan bebatuan berlumut yang mendukung aliran air hingga membentuk air terjun.

2. Berenang

Beberapa kolam disediakan pengelola, mulai dari ukuran dangkal untuk anak-anak hingga ukuran besar untuk pengunjung dewasa. Di kolam yang dangkal, orang tua dapat menggunakannya sebagai cara untuk mengajari anak berenang dan mencegah anak berenang. fobi air.

Uniknya, kolam ini tidak menggunakan keramik modern, melainkan terbuat dari lapisan semen sehingga lebih terlihat alami. Aliran air sungai yang masuk dan keluar kolam juga sangat jernih, sehingga kebersihan air kolam selalu terjaga.

3. Foto selfie

Salah satu kegiatan wajib di kawasan wisata Air Terjun Dingin Kali adalah berfoto, selain untuk mengabadikan momen, juga sebagai cara eksis di jejaring sosial. Jangan khawatir, di tempat wisata tersebut terdapat banyak tempat menarik untuk selfie, wefie atau sekedar untuk berfoto pemandangan alam.

Beberapa dari mereka sedang dalam perjalanan ke lokasi yang dirancang khusus gaya jalanan di drama korea romantis. Ada taman bunga di kiri dan kanan menambah suasana nyaman.

Ada juga tempat lebih baik di bawah air terjun, dengan latar belakang susunan batu hijau berlumut yang indah.

Jika Anda menginginkan pemandangan hutan hijau, Anda dapat menemukannya tempat di beberapa gazebo yang tersedia. Sehingga memberikan kesan unik dalam pengambilan gambar.

4. Istirahat di gazebo

Setelah puas menjelajahi tempat-tempat wisata, berenang dan berfoto-foto, saatnya beristirahat di gazebo kecil berdesain natural. Terdapat beberapa gazebo yang tersebar di lokasi-lokasi strategis di kawasan wisata air terjun, tinggal pilih yang diinginkan asalkan belum diisi oleh pengunjung lain.

5. Mendaki

Jika ingin merasakan sensasinya lintas alam dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh, anda bisa mencoba jalan kaki jalur menuju destinasi wisata Air Terjun Dingin Kali Kamu tahu. Hitung-hitung olahraga, sebelum bersantai di depan pemandangan air terjun yang mempesona.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Instalasi Air Terjun Kali DinginKredit Gambar: Google Maps Air Terjun Dingin Kali

Di tempat-tempat wisata permata tersembunyi yang dimiliki oleh Luwu Timur ini juga menawarkan beberapa fasilitas untuk meningkatkan kepuasan wisatawan, seperti:

1. Kopi

Terdapat sebuah kafe yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman, bagi pengunjung yang tidak membawa bekal sendiri.

2. Toilet

Toilet juga tersedia bagi pengunjung, terutama yang ingin membersihkan badan sebelum dan sesudah berenang.

3. Parkir mobil

Tersedia tempat parkir yang cukup luas bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan sendiri atau rombongan.

Karena Air Terjun Dingin Kali merupakan salah satu destinasi unggulan di Luwu Timur, tidak ada salahnya untuk memasukkannya ke dalam daftar destinasi liburan Sulawesi Selatan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button