Aceh Besar dan Aceh Tengah menjalin kerjasama untuk memperkuat perekonomian - WisataHits
Jawa Barat

Aceh Besar dan Aceh Tengah menjalin kerjasama untuk memperkuat perekonomian

Aceh Besar dan Aceh Tengah menjalin kerjasama untuk memperkuat perekonomian

Senin, 9 Januari 2023 | 19:15 WIB

| penulis :

Buku catatan : tobari

Jantho, Info Publik – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dan Aceh Tengah mencapai kesepakatan dalam bentuk kerjasama di Gedung Dekranasda Aceh Besar untuk memperkuat ekonomi dan gizi antara kedua daerah.

“Alhamdulillah, kami telah mencapai kesepakatan untuk memperkuat kerja sama ekonomi antara kedua kawasan. Nanti kami detailkan platformnya untuk kerja sama lebih lanjut,” kata Plt Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, Minggu (1/8/2023) malam.

Kesepakatan antar daerah tersebut dilakukan oleh Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dan Pj Bupati Aceh Tengah Ir T Mirzuan MT pada pertemuan keduanya di Gedung Dekranasda Aceh Besar.

Menurut Iswanto, kerjasama tersebut juga terkait dengan upaya pengendalian inflasi dan ketahanan pangan di kedua daerah. Kerja sama serupa sebelumnya telah dilakukan antara pemerintah kabupaten Aceh Besar dan kota Banda Aceh.

Secara rinci kerjasama tersebut meliputi bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan pariwisata. Kerja sama berfokus pada penguatan nutrisi dan melawan infeksi.

Aceh Besar yang merupakan daerah swasembada bahkan memiliki surplus pangan dan merupakan sentra peternakan di Aceh akan mendukung stabilitas ketersediaan pangan di Aceh bagian tengah. Yakni berupa pengiriman gabah atau beras ke Aceh tengah.

“Kami langsung koordinasi dengan lintas orang yang berkepentingantermasuk dengan produsen gabah di Aceh Besar, terkait kerjasama ini,” ujar Iswanto.

Nantinya, program kerjasama penyediaan pangan akan menentukan kebutuhan pangan di Aceh tengah, dan produsen gabah di Aceh Besar akan memenuhi kuota kebutuhan Dataran Tinggi Gayo.

Kelebihan gabah dari Aceh Besar selalu dikirim ke provinsi dengan biaya angkut yang tinggi. Selain itu, beras gabah yang diolah menjadi beras kualitas premium akan kembali ke Aceh dengan harga yang tinggi.

“Kami ingin surplusnya langsung ke masyarakat Aceh, dalam hal ini Aceh Tengah. Dan konsep ini sudah disetujui oleh Plt Bupati Aceh Tengah,” kata Iswanto.

Sedangkan Aceh Tengah akan berbagi “ilmu” dengan Aceh Besar untuk sektor perkebunan dan pariwisata, termasuk kerjasama ke depan antara pemangku kepentingan pariwisata di Aceh Besar dan Aceh Tengah.

Termasuk juga sektor perkebunan, khususnya hortikultura, yang menjadi keunggulan Aceh Tengah. (MC.ACEH BESAR/toeb)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button