kebun Raya Bogor - WisataHits
wisatahits

kebun Raya Bogor

kebun Raya Bogor

kebun Raya Bogor atau KRB adalah salah satu pilihan tempat wisata di Bogor yang bisa anda pilih jika berkesempatan mengunjungi kota hujan.

Selain bisa menikmati keindahan alam ribuan jenis tumbuhan dan pepohonan, kamu juga bisa belajar banyak tentang sejarah, flora dan fauna di sini.

kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan kebun raya yang selain digunakan sebagai tempat untuk melestarikan berbagai jenis tumbuhan, juga sering dijadikan tujuan liburan oleh wisatawan lokal di Bogor dan daerah lain di Indonesia.

Dengan luas sekitar 87 hektar dan berisi sekitar 15.000 jenis tumbuhan, taman yang menyatu dengan Istana Bogor ini akan menjadi tempat yang sangat luas dan nyaman untuk bersantai bersama keluarga.

bogor-bogor-2019

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di kebun Raya Bogor ini. Meski sebagian besar wilayahnya dipenuhi taman bunga dan pepohonan, jangan berasumsi bahwa Anda hanya bisa duduk-duduk saja sambil memandangi bunga atau pepohonan.

Apalagi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selain kawasan yang berisi bunga dan tumbuhan serta pepohonan, Kebun Raya Bogor juga berisi berbagai jenis hewan yang masih hidup dan telah dilestarikan.

Selain itu juga terdapat bangunan dan benda bersejarah yang dapat menambah pengetahuan kita tentang peristiwa masa lalu sebelum kemerdekaan. Dengan demikian, bisa dikatakan Anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang benar-benar lengkap di kebun raya ini.

Sebagai informasi, Kebun Raya Bogor memiliki tiga cabang, yaitu: Kebun Raya PurwodadiKebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Bali.

Sejarah Kebun Raya Bogor

Ada cerita panjang yang telah menjadi cikal bakal lahirnya Kebun Raya Bogor. Beberapa tokoh penting dan berpengaruh pada masa kolonial bahkan terlibat langsung dan melontarkan ide pendirian kebun raya yang saat ini menjadi salah satu simbol dan kebanggaan warga. Kota Bogor ini.

Jika Anda pernah membaca cerita sejarah, khususnya sejarah pendudukan Kompeni di pulau Jawa, maka Anda pasti tahu bahwa pendirian kebun raya ini awalnya diprakarsai oleh seorang Jerman bernama Georg Karl Reindwardt.

sejarah-taman-bogor-bogor

Reindwardt sendiri adalah seorang profesor botani yang, sebelum ekspedisi ilmiahnya ke Indonesia, juga menjadi rektor sebuah universitas di Belanda.

Bahkan, tidak hanya membawa ide, Reindwardt juga terjun langsung membangun, mengumpulkan dan menanam bibit tanaman baru di Kebun Raya Bogor.

Sekarang, sebagai tanda pelayanan untuk pekerjaan yang telah dilakukan oleh Reindwardt, di wilayah tersebut kebun Raya Bogor dibangun sebuah tugu atau tugu yang disebut Tugu Reinwardt.

Selain itu, kepribadian lain yang juga memainkan peran utama dalam pembangunan kebun Raya Bogor hingga menjadi seperti yang kita lihat sekarang ini adalah seorang Belanda bernama Johannes Elias Teijsmann.

Sama seperti Reinwardt, Teijsmann juga seorang ahli botani yang senang mempelajari ilmu-ilmu alam, khususnya tumbuhan dan hewan.

bogor-bogor-taman gambar

Sepeninggal Reinwardt yang pada tahun 1823 harus kembali ke negara asalnya, Teijsmann-lah yang kemudian mengejar mimpi dan cita-cita Reindwardt untuk membangun dan mengembangkan Kebun Raya Bogor.

Dengan keuletan dan kerja keras seorang Teijsmann, akhirnya kebun Raya Bogor mengalami perkembangan pesat dengan kandungan ribuan tumbuhan dan pohon yang telah dikelompokkan berdasarkan jenis dan jenisnya.

Oleh karena itu, selain Monumen Rendwardt, di Kebun Raya Bogor Anda juga akan menemukan sebuah monumen bernama Tugu Teijsmann sebagai apresiasi atas jasa-jasanya.

Alamat dan Rute Menuju Kebun Raya Bogor

kebun Raya Bogor yang mana tempat wisata di bogor beralamat di Jalan Ir. Juanda Nomor 13, Paledang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat.

Untuk menuju tempat ini dari pusat kota Bogor, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 2,4 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 11 menit melalui jalan tol Jogorawi dan jalan Iskandardinata.

alamat bogor-bogor-bogor

Sedangkan untuk rute menuju Kebun Raya Bogor bisa disesuaikan dengan posisi atau titik awal keberangkatan.

Cara termudah untuk menemukan rute tercepat ke Kebun Raya Bogor adalah untuk menikmati aplikasi peta Google di ponsel android.

Baca juga: Gunung Pancar Bogor

Jam Buka Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor buka setiap hari untuk tamasya. Jam operasionalnya adalah 07.30 s/d 16.00 WIB.

Namun perlu diingat bahwa beberapa wahana dan fasilitas wisata di Kebun Raya Bogor Masing-masing memiliki waktu tayangnya sendiri. Dengan demikian, jam buka di atas adalah jam buka umum Kebun Raya Bogor.

Nah, berikut ini adalah daftar jam buka beberapa wahana spesial di Kebun Raya Bogor:

Kendaraan Jam operasional
Ketat 08.00 – 15.00 WIB
Toko cendera mata 08.00 – 15.00 WIB
museum zoologi 08.00 – 16.00 WIB
Herbarium 08.00 – 15.00 WIB
Perpustakaan 08.00 – 15.00 WIB

Baca juga: Taman Burung Bali

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Liburan ke Kebun Raya Bogor tidak membutuhkan banyak penggalangan dana. Bahkan untuk tempat wisata yang memiliki keindahan serta wahana dan fasilitas yang cukup lengkap seperti kebun raya ini, harga tiket yang ditawarkan bisa dibilang sangat terjangkau.

Untuk memasuki kawasan wisata Kebun Raya Bogor, Anda hanya perlu membeli tiket masuk seharga Rp 15.000 per orang. Sedangkan untuk turis asing, harga tiketnya Rp 25.000.

tiket masuk bogor-bogor-taman

Coba bandingkan harga tiket masuk Kebun Raya Bogor dengan harga tiket masuk tempat wisata lainnya. Dengan fasilitas dan wahana yang sama atau bahkan kurang, harga tiket biasanya akan lebih mahal.

Hanya saja jika anda membawa mobil dan berniat untuk berkeliling Kebun Raya menggunakan mobil, anda harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 30.000, namun ini opsional sesuai keinginan pengunjung.

Baca juga: Taman Budaya Sentul

Fasilitas dan Wahana di Kebun Raya Bogor

Tempat wisata yang menjadi icon dan pilar kota Bogor, kebun raya ini tentunya dilengkapi dengan fasilitas dan wahana yang cukup lengkap.

Anda dapat menemukan beberapa fasilitas umum seperti area parkir, tempat ibadah, toko suvenir, penjual makanan dan minuman, perpustakaan, mobil wisata di Kebun Raya Bogor.

bogor-taman-fasilitas

Begitu juga dengan wahana wisata yang tersedia. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kebun raya ini tidak hanya berisi tanaman dan pohon, tetapi juga berbagai jenis hewan, bangunan, dan benda-benda bersejarah.

Nah, dari sekian banyak wahana wisata yang ada di Kebun Raya Bogor, ada beberapa yang cukup ramai sehingga disebut sebagai wahana favorit pengunjung.

Wahana tersebut antara lain:

Baca juga: Kebun Binatang Bali Gianyar

1. Danau Gunting

bogor-taman-bogor-danau-gunting

Entah di mana atau mengapa danau ini disebut Danau Gunting. Pastinya, danau ini menjadi salah satu tempat favorit yang selalu ramai dikunjungi pengunjung.

Di sini, pengunjung biasanya menghabiskan waktu duduk menikmati pemandangan danau yang terlihat sangat alami. Selain itu, ada juga pengunjung yang menggunakan objek danau gunting sebagai background foto.

Baca juga: Ilusi Bogor

2. Suka merusak jembatan

bogor-taman-bogor-jembatan-istirahat-cinta

Dari namanya diketahui bahwa jembatan ini terkait dengan masalah cinta.

Konon, siapa pun yang melewati jembatan itu dengan pasangannya dan kemudian romansa mereka akan gagal dan berakhir dengan perpisahan.

Saya tidak tahu apakah itu benar atau tidak, tetapi ternyata banyak orang yang mempercayainya. Meski begitu, jembatan ini memiliki pesona tersendiri dari segi arsitektur, sehingga banyak yang memilihnya sebagai tempat berfoto. Dan tentunya orang-orang tersebut adalah pengunjung yang tidak percaya dan tidak takut dengan mitos jembatan cinta putus.

Baca juga: Glamping di tepi danau

3. Patung Tangan Dewa

taman-bogor-bogor-patung-tangan tuhan

Trik favorit Kebun Raya Bogor selanjutnya adalah patung berbentuk tangan yang menopang patung laki-laki dalam posisi telungkup dengan mulut terbuka.

Dengan latar belakang bangunan Istana Bogor di belakangnya, patung yang juga dikenal dengan sebutan The Hand of God ini terlihat begitu unik dan juga seolah menjadi lokasi foto yang sangat bagus.

Baca juga: Ladang Kuntum Bogor

4. Museum Zoologi

taman-bogor-zoologi-museum

Museum ini berisi berbagai jenis kerangka dan tubuh hewan yang telah diawetkan. Faktanya, paus biru yang dikatakan sebagai hewan terbesar di dunia, Anda dapat menemukan kerangkanya di museum zoologi Kebun Raya Bogor.

Selain itu, di museum ini juga sering dipentaskan diorama yang menceritakan tentang kehidupan satwa di habitat aslinya. Jadi, selain mempelajari bentuk kerangka atau tubuhnya, Anda juga bisa mengetahui bagaimana hewan ini hidup di habitatnya masing-masing.

Baca juga: Museum Geologi Bandung

5. Taman Meksiko

bogor-jardin-meksiko

Taman ini berisi ratusan spesies sukulen dengan ukuran berbeda. Yang unik dan membuat taman ini menjadi salah satu tempat menarik di Kebun Raya Bogor adalah adanya 3 patung yang memakai topi Meksiko yang disebut topi Sombrero.

Selain menikmati kesejukan taman, Anda juga bisa berfoto dengan ketiga patung khas Meksiko tersebut.

Simak juga dan baca: Taman Safari Bogor

Selain cantik dan memiliki fasilitas dan wahana yang lengkap, tidak bisa dipungkiri lagi Tiket Masuk Kebun Raya Bogor yang sangat terjangkau menjadi salah satu alasan banyaknya pengunjung yang datang ke kebun raya ini setiap harinya. Bagi Anda yang menyukai tempat wisata seperti ini, pastikan untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor saat musim perayaan.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button