Yogyakarta Smart Park, taman hiburan yang asyik untuk bermain dan belajar - WisataHits
wisatahits

Yogyakarta Smart Park, taman hiburan yang asyik untuk bermain dan belajar

Smart Park adalah salah satu taman hiburan paling populer di Yogyakarta untuk kegiatan bermain dan belajar. Wisata edukasi ini menampilkan berbagai wahana menarik, seperti wahana bahari, teater sains, desa kerajinan, dan taman bermain.

Harga tiket: Rp18.000, Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl.Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Yogyakarta menawarkan banyak wisata menarik, mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi. Taman Pintar Yogyakarta merupakan salah satu wisata edukasi yang sering dikunjungi pelajar dan wisatawan. Di taman edukasi ini Anda bisa menemukan berbagai informasi menarik yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.

Bagi Anda yang ingin berwisata sekaligus belajar, mengunjungi taman di Yogyakarta ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi harga tiket yang ditawarkan cukup terjangkau yang menjadikan tempat wisata ini lebih unggul dari tempat lain di wilayah Yogyakarta.

Akses menuju tempat wisata ini juga mudah dijangkau, dekat dengan jalan raya dan pusat oleh-oleh Malioboro, anda bisa berwisata, menimba ilmu dan berbelanja setelahnya. Jika Anda ingin datang ke Taman Pintar, berikut berbagai informasi penting yang perlu Anda ketahui.

Wahana yang ditawarkan oleh Yogyakarta Smart Park

Wahana taman pintarKredit gambar: Google Maps Siti Nurjanah

1. Jalan-jalan di desa kerajinan

Anda bisa melihat berbagai kerajinan tangan khas daerah pedesaan dan kota Yogyakarta. Kerajinan-kerajinan yang berbeda ini sudah jarang ditemukan akhir-akhir ini, antara lain geguritan, batik tulis, aneka desain canting, kaos lukis, dan tembikar lukis.

Di bagian ini, anak tidak hanya bisa belajar, tetapi orang tua juga bisa berperan aktif dalam mengajari anak tentang berbagai kerajinan yang tersedia di sana. Sehingga pembelajaran dan pendidikan antara orang tua dan anak dapat berlangsung secara optimal.

2. Taman bermain

Di Taman Pintar Yogyakarta, tidak hanya zona belajar yang ramai dengan anak-anak, taman bermain juga menjadi tempat wajib untuk dikunjungi. Di bagian ini, anak-anak dapat bermain dan melakukan aktivitas fisik, termasuk jungkat-jungkit untuk memasuki terowongan pohon.

Di kawasan ini juga terdapat pembangkit listrik sederhana yang bisa dilihat oleh anak-anak, dengan penjelasannya, sehingga anak-anak bisa ikut belajar. Ada juga gong perdamaian di area bermain, yang besar dan bisa dimainkan oleh anak-anak. Ada juga sepeda spektrum warna untuk anak-anak yang ingin belajar warna visual.

3. Jalan-jalan bahari

Anda bisa menemukan sungai buatan di area Smart Park yang didesain khusus untuk aktivitas air dan laut. Meski sungai buatan ini tidak besar, namun tetap bisa digunakan untuk kegiatan anak-anak dan wisatawan yang mengunjunginya.

Sungai buatan ini dibuat di sekitar area taman ini, jadi jika Anda ingin menjelajahi kawasan wisata dengan cara yang berbeda, Anda bisa menyewa perahu. Nantinya, Anda bisa menyusuri berbagai taman bermain yang ada di sana dan menikmati pemandangan menarik yang tersaji di taman edukasi ini.

4. Teater Sains

Atraksi Taman Pintar YogyakartaKredit gambar: Google Maps Ari Wibowo

Ruang teater memang mampu menampung wisatawan dalam jumlah terbatas, untuk sesi teater bisa masuk dengan 50 hingga 60 orang. Anda yang masuk bisa menikmati berbagai film ilmiah yang diputar di sana.

Seperti banyak kawasan Taman Pintar lainnya, untuk memasuki kawasan ini Anda tidak perlu membayar karena sudah termasuk dalam tiket masuk. Di dalam teater terkadang ada kursus sains dan demonstrasi yang dapat diikuti oleh wisatawan.

5. Perpustakaan

Fasilitas lain yang tersedia dan sangat menarik adalah perpustakaan, di mana pengunjung dapat menemukan berbagai jenis buku yang diatur dengan cermat oleh sutradara. Untuk menemukan buku, Anda dapat menelusuri setiap rak atau menggunakan komputer yang disediakan untuk tujuan ini.

Di komputer, Anda juga dapat melihat berbagai video dan film yang tersedia, jadi bagi Anda yang memiliki pola belajar AV, duduk dan menikmati video adalah pilihan yang disarankan. Di perpustakaan juga sering diadakan pertunjukan wayang yang dapat dilihat oleh pengunjung.

Alamat dan petunjuk arah menuju lokasi Smart Park

Alamat Taman Pintar YogyakartaKredit gambar: Google Maps Dirty Harry

Anda bisa menuju Taman Pintar dengan mengunjungi lokasi di Jalan Panembahan Senopati No 1-3. Anda bisa datang dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, karena akses menuju tempat wisata ini termasuk dalam angkutan umum Yogyakarta, khususnya Trans Jogja.

Lokasinya juga tidak jauh dari Malioboro dan Bank Indonesia Yogyakarta, anda bisa berjalan kaki jika datang dari kawasan Malioboro sebelumnya. Karena cukup strategis, Anda bisa langsung menuju tempat wisata lain yang ada di sekitar taman edukasi ini yaitu Taman Budaya, Gedung Agung dan juga Benteng Vredeburg.

Rute menuju lokasi taman cukup mudah diingat, Anda bisa berjalan kaki jika memulai dari Malioboro. Anda juga bisa naik kendaraan pribadi dari arah kota Yogyakarta. Dengan hanya mengikuti jalan menuju Malioboro, Anda sudah bisa langsung menemukan Taman Pintar terdekat.

Harga Tiket Masuk Yogyakarta Smart Park

Tiket Taman Pintar YogyakartaKredit gambar: Google Maps Joshua F. Levante

Untuk tiket masuk Taman Pintar memiliki harga yang relatif terjangkau, Anda bisa datang sendiri atau datang langsung sebagai model rombongan. Anda hanya perlu membayar 10.000 rupee untuk anak-anak, sedangkan untuk dewasa sekitar 18.000 rupee.

Harga tersebut hanya harga tiket masuk, jika ingin menikmati berbagai wahana lain di taman ini, Anda perlu membayar tiket tambahan. Kalaupun menggunakan sistem seperti itu, harga tiket tambahannya tidak begitu mahal.

Ada beberapa pilihan wahana yang bisa Anda ikuti, antara lain program kreativitas mulai dari kreasi batik, gerabah, hingga lukis kaos. Untuk mengikuti program ini, Anda dapat membayar sekitar 10.000 hingga 35.000 rupee untuk satu orang.

Sedangkan wahana lain yang tersedia dan membutuhkan biaya tambahan adalah Planetarium, PAUD Barat dan Timur, Wahana Bahari, Dino Adventur, Teater 4 Dimensi dan beberapa wahana lainnya. Jangan khawatir, ada pusat informasi dan brosur yang bisa Anda gunakan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Smart Park

Aktivitas di Smart ParkKredit gambar: Google Maps Agus Prianto

1. Bermain sambil belajar

Tidak hanya dengan bermain di area Smart Park, Anda juga bisa mempelajari berbagai wahana yang tersedia. Ada banyak wahana yang bisa Anda gunakan untuk belajar dan bermain, di antaranya taman bermain sebagai taman bermain, desa kerajinan dan bangunan planetarium untuk belajar.

Tidak hanya anak-anak yang bisa belajar dan memperdalam ilmunya, orang tua dan pendamping yang datang juga bisa belajar dan menikmati berbagai wahana yang tersedia. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang memang ingin datang ke Yogyakarta untuk berkunjung dan memperdalam ilmu.

2. Nikmati wahana menarik

Wahana yang ditawarkan cukup bervariasi, ada sekitar 35 area yang bisa Anda masuki, baik untuk bermain maupun untuk mendidik diri sendiri. Ada juga sekitar 35.000 permainan yang bisa dimainkan pengunjung secara gratis.

Semua wahana di Taman Pintar Yogyakarta dikelompokkan menurut tema dan objek ilmunya. Misalnya, bagi Anda yang tertarik dengan fisika, Anda dapat memasukkan wahana fisika yang tersedia. Sama halnya dengan topik pengetahuan lainnya, seperti biologi, astronomi, tetapi juga kreasi budaya.

3. Lihat Teater Pendidikan

Di taman edukasi ini terdapat teater yang akan menayangkan berbagai video dan film edukasi secara rutin. Anda bisa pergi ke sana secara rombongan, sehingga tidak perlu menunggu lama untuk menikmati film yang akan diputar.

Sebagai permulaan Anda bisa bersama sekitar 50 orang tetapi jangan khawatir karena tempat duduk dan fasilitas di dalamnya cukup bagus. Anda juga bisa memanfaatkan agenda lain, seperti pameran pengetahuan yang sering diadakan di sana.

4. Lihat budaya khas Yogyakarta

Aktivitas seru di Smart ParkKredit Gambar: Google Maps Taman Pintar Yogyakarta

Banyak sekali budaya khas Yogyakarta yang bisa anda lihat disana, sangat cocok bagi anda yang ingin melihat langsung perbedaan budaya Yogyakarta pada masa lalu. Apalagi saat ini, budaya ini sudah tidak asing lagi di masyarakat.

Bentuk budaya yang ditampilkan tidak hanya dalam bentuk fisik, tetapi juga dalam bentuk budaya dan budaya, seperti membuat seni membatik menggunakan canting. Budaya khas Yogyakarta juga bisa Anda temukan dalam berbagai aktivitas masyarakat di sekitar Taman Pintar.

5. Nikmati tempat wisata lainnya

Selain menikmati berbagai fasilitas dan wahana yang tersedia, Anda juga bisa menikmati berbagai tempat wisata lainnya di sekitar taman bermain ini. Beberapa tempat wisata tersebut antara lain Malioboro, Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Keraton Yogyakarta yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Apalagi akses dan lokasi Taman Pintar di pusat kota Yogyakarta, Anda bisa pergi kemana saja dari taman ini, baik untuk mengunjungi tempat wisata populer lainnya maupun untuk mengakses fasilitas umum di Yogyakarta. Anda yang ingin datang dan menikmati banyak wisata bisa memulainya dari Taman Edukasi Yogyakarta.

Fasilitas yang tersedia di Taman Pintar Yogyakarta

Fasilitas Taman Pintar YogyakartaKredit gambar: Google Maps Nia Chusnul

Tidak kalah dengan tempat wisata lain di Yogyakarta, terdapat banyak fasilitas yang bisa digunakan wisatawan di kawasan ini, antara lain:

1. Tempat parkir yang luas

Karena merupakan tempat wisata yang dikunjungi setiap tahun, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah parkir. Tempat parkir yang tersedia cukup luas, selain itu keamanannya cukup baik untuk Anda menikmati wahana dengan aman.

2. Toilet atau kamar kecil

Juga mengenai toilet dan kamar mandi, karena merupakan tempat wisata dengan area yang luas, toilet dan kamar mandi dapat ditemukan di kawasan Taman Pintar Yogyakarta yang tersebar di banyak tempat. Toilet dan kamar mandi bersih dan siap pakai.

3. Ruang kesehatan

Selain fasilitas biasa di tempat wisata, Anda bisa menemukan ruang kesehatan jika Anda atau pengunjung lain mengalami kecelakaan atau sedang tidak sehat. Ada peralatan P3K yang cukup lengkap yang bisa digunakan pengunjung.

4. Layanan Pengunjung

Berikutnya adalah pelayanan pengunjung yang baik, Anda dapat menanyakan tentang rute, wahana dan berbagai informasi lainnya di service center yang tersedia. Jadi Anda tidak perlu khawatir tersesat atau tersesat saat berada di sana.

Demikian informasi singkat mengenai berbagai wahana yang ada di Taman Pintar Yogyakarta, semoga dapat membantu anda yang ingin datang kesana dalam waktu dekat. Taman Pintar mungkin menjadi tempat yang tepat bagi Anda yang ingin datang untuk wisata keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button