Berikan penghargaan tertinggi kepada 21 pekerja pariwisata yang dinominasikan | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

Berikan penghargaan tertinggi kepada 21 pekerja pariwisata yang dinominasikan | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU- Kembalinya pariwisata di Kota Batu menandai kontribusi penuh dari insan dan pihak pariwisata. Pemkot menggelar ajang penghargaan tertinggi bagi para profesional pariwisata yang bergerak di bidang pariwisata, budaya, dan industri kreatif (Ekraf) melalui Dinas Pariwisata (Disparta).

Sebanyak 21 nominasi dibuat atas komitmen mereka dalam memajukan industri pariwisata. Pada tahun 2022, Batu Tourism Award mengangkat brand “Shinning Power”, yang berarti kesatuan kekuatan masyarakat dan industri pariwisata, kerajinan dan budaya kota Batu untuk berkontribusi pada pemulihan ekonomi dan kesadaran masyarakat.

Acara ini menampilkan berbagai penampilan seperti Fashion Show Kontemporer “Bersinar Kreatif” oleh Kangni 2022, Teater Tuli Cemerlang bertajuk “Silent in Sound” dan flash mob dari Museum Angkut.

Menurut Kepala Disparta Kota Batu Areif As Siddiq, Kota Batu mengalami keterpurukan di masa pandemi, khususnya di sektor pariwisata. Namun sebagai pengakuan, Tourist Office memberikan penghargaan kepada pelaku industri dan artis. “Saya sangat bangga dan senang menerima penghargaan atas komitmen seluruh pemangku kepentingan pariwisata. Semoga bermanfaat bagi kita semua, pariwisata Kota Batu saat ini dan yang akan datang,” kata Arief, Selasa (13/12).

Malam itu, Arief mendapat penghargaan sebagai brand initiator. Ia berharap upaya menghidupkan kembali pariwisata di Kota Batu secara langsung akan mendongkrak perekonomian nasional. Mulai dari wisata di tingkat desa liburan, melalui destinasi alam dan buatan, hingga industri kreatif dan wisata budaya yang dilestarikan. “Selanjutnya, seluruh desa di Kota Batu sudah menjadi desa wisata, sembilan desa masih menjadi desa percontohan, lima desa sudah berkembang, 13 desa sisanya masuk kategori desa wisata maju,” jelasnya.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyatakan pada tahun 2022, meski masih belum secepat sebelum pandemi, pariwisata dan perekonomian Kota Batu dapat maju melalui kerja sama. Ia memuji kebersamaan dan keikhlasan masyarakat Kota Batu. Setiap ada kebutuhan, masyarakat Kota Batu tidak segan-segan mengangkat tangan dan membantu dengan ikhlas.

Misalnya dengan menyediakan lahan untuk jembatan dan akses jalan baru yang baru saja diresmikan tadi pagi. “Kesuksesan apapun selama saya memimpin bukanlah milik saya sendiri. Pencapaian ini milik masyarakat Kota Batu yang telah berpartisipasi dalam program pembangunan Kota Batu dan mendoakan keberhasilannya,” kata Dewanti.

Ajang bergengsi yang digelar Dinas Pariwisata Kota Batu kali ini cukup membanggakan, Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno juga menyampaikan apresiasinya terhadap acara tersebut.

Meski Menparekraf tidak hadir secara langsung, Sandiaga Salahudin Uno memberikan pernyataan dalam bentuk video singkat. Sandiaga Uno mengaku sangat mengapresiasi Batu Tourism Award 2022 tersebut.

Pada Batu Tourism Awards 2022, 21 nominasi yang diperebutkan mendapat penghargaan khusus. Diantaranya Piagam Penghargaan Desa Wisata Berprestasi, Desa Wisata Tradisi Kuliner Terbaik, Destinasi Wisata Alam, Workshop Seni Kreatif, Penjaga Punden dan Sub Bidang Kriya Musik dan Seni Pertunjukan.

Visit Data Report dan Tertib Protokol Kesehatan juga mendapat penghargaan. Hotel favorit, hotel inspiratif, pertanian kreatif dan banyak orang pariwisata lainnya.

Terakhir, Jatim Park Group juga diumumkan pada kategori Batu Art Festival, juara 1 JTP 2, juara 2 Museum Angkut, dan juara 3 JTP 3. Sedangkan Batu Art Festival kategori PHRI meraih juara Club Bunga Boutique Resort, urutan kedua adalah Selecta Batu, disusul oleh Kusuma Agrowisata. Kategori Stone Art Flower Festival masing-masing dimenangkan oleh desa Gunungsari, Sumberejo dan Sidomulyo. (tyo/udi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button