Telaga Sarangan - WisataHits
wisatahits

Telaga Sarangan

Telaga Sarangan

Sudahkah Anda berwisata ke Magetan, Jawa Timur?

Kalau tidak, kami memiliki rekomendasi objek wisata untuk Anda saat berlibur di lingkungan kecil ini. Selain menjadi ikon wisata di Magetan, tempat wisata ini juga sangat asri dan suasana alamnya sangat nyaman. Telaga Sarangan Magetan.

Ya. Telaga Sarangan merupakan salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Jawa Timur. Tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal. Karena selain memiliki unsur keindahan, sejarah dan mitos, tempat ini juga menjadi tempat wisata murah di Jawa Timur.

Tertarik dan ingin tahu lebih jauh tentang tempat wisata Telaga Sarangan? Yuk, baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

telaga-sari-magetan

Telaga Sarangan

danau sarang merupakan salah satu objek wisata alam pegunungan yang terletak di lereng Gunung Lawu. Lokasinya kurang lebih 1.200 meter di atas permukaan laut.

Karena berada di ketinggian maka tidak dapat dipungkiri suhu udara di kawasan Telaga Sarangan akan sangat sejuk, cocok bagi anda yang selama ini hidup di tengah panas dan kebisingan perkotaan seperti di Jakarta dan sekitarnya.

danau sarang atau sering disebut Telaga Pasir memiliki luas sekitar 30 hektar dengan kedalaman dasar hingga 28 meter.

Hal pertama yang akan Anda rasakan saat menginjakkan kaki di tempat ini adalah perasaan nyaman dan tenang. Air danau jernih ditambahkan konteks perbukitan yang hijau subur, membuat setiap orang akan terkagum-kagum dan pasti betah untuk berlama-lama di lokasi Telaga Sarangan.

telaga-saragan-magetan-2019melalui instagram/telagaasaran

Sejarah dan Mitos Telaga Sarangan

Ada cerita yang beredar di kalangan masyarakat sekitar bahwa Telaga Sarangan bukanlah sembarang telaga. Banyak misteri Telaga Sarangan, sejarah dan mitos yang menandai dan mengiringi keberadaannya.

Konon, hingga kini keberadaannya terus dijaga oleh sepasang naga sakti yang berdiam di sekitar kawasan danau. Ada juga yang mengatakan bahwa pulau kecil di danau ini juga dihuni dan dijaga oleh sosok sakti yang mengendarai harimau putih.

Menurut beberapa warga sekitar, keberadaan Telaga Sarangan bermula dari kisah hidup sepasang naga yang kini dianggap sebagai penjaganya. Kedua naga tersebut konon merupakan perwujudan sepasang suami istri yang tinggal di sekitar kawasan Telaga Sarangan.

Suami istri adalah Kyai Pasir dan Nyai Pasir. Keduanya tiba-tiba menjelma menjadi dua naga besar setelah memakan sebutir telur yang mereka dapatkan setelah bertapa di tengah hutan untuk memohon kemudahan hidup kepada Yang Maha Kuasa.

Baca juga : Forum Wisata Taman Hutan Raya Mojosemi

misteri-danau-sarangmelalui instagram/telagaasaran

Setelah bertapa selama beberapa hari, permintaan mereka akan diterima oleh yang maha kuasa tetapi dengan satu syarat, yaitu menemukan sebutir telur di tengah hutan dan memakannya.

Pencarian telur dilakukan oleh suami istri. Setelah menemukan telur yang dimaksud, mereka kemudian pulang ke rumah dan mulai memasak serta berbagi telur untuk dimakan bersama.

Keesokan harinya ketika mereka sedang bekerja di ladang, Kyai Pasir dan Nyai Pasir tiba-tiba merasakan sesuatu yang aneh pada tubuh mereka, tubuh mereka sangat gatal sehingga tanpa disadari mereka mulai menggaruk dengan keras hingga terluka.

Bersamaan dengan itu, tubuh mereka tiba-tiba berubah menjadi naga besar, mereka menggeliat di tanah berpasir sampai mereka menciptakan sebuah kolam besar yang memancar dari mata air yang sangat deras.

Kedua naga itu terus berguling-guling hingga akhirnya cekungan terus membesar dan air hampir menenggelamkan Gunung Lawu. Menurut kepercayaan sebagian orang, cekungan inilah yang menjadi cikal bakal Telaga Sarangan.

Simak dan baca juga: Pantai Klayar Pacitan

telaga-sari-2019melalui instagram/telagaasaran

Lokasi Telaga Sarangan

Jika anda bertanya di mana Telaga Sarangan maka letak Telaga ini tidak jauh dari kota Magetan, jaraknya hanya sekitar 20,9 kilometer dan dapat ditempuh dari pusat kota hanya dalam waktu sekitar 40 menit berkendara.

Sedangkan dari pusat kota Provinsi Jawa Timur juga banyak terdapat tempat wisata alam seperti tempat wisata alam di lumajangjaraknya sekitar 27,7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Adapun alamat lengkapnya Telaga Sarangan beralamat di Ngluweng, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Jalan menuju Telaga Sarangan

Untuk mengakses tempat wisata ini, Anda bisa menempuh beberapa rute seperti di bawah ini:

Jalan Tawangmangu

Dari Tawangmangu, Anda tinggal mencari angkutan umum yang menuju Tawangmangu – Sarangan. Perjalanan yang Anda tempuh dari Tawangmangu ke Sarangan sangat dekat, hanya sekitar 5 kilometer saja.

Baca juga : Gili Ketapang

Jadwal Perjalanan Surabaya

Bagi yang datang dari Surabaya bisa melalui jalan Surabaya – Madiun – Magetan. Sesampainya di terminal Magetan, Anda tinggal mencari angkutan umum yang langsung menuju ke Sarangan.

sejarah-danau-sarangmelalui instagram/telagaasaran

Rute Jakarta, Jogja dan Jawa Tengah

Bagi yang datang dari Jakarta, Jogja, dan Jawa Tengah, ada dua rute yang bisa Anda ambil tergantung moda transportasi yang Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan kereta api, setelah turun di terminal Solo Balapan, lanjutkan perjalanan ke Tirtonadi dengan taksi atau becak. Dari Tirtonadi, lanjutkan perjalanan ke Tawangmangu dengan bus. Nah, akhirnya setelah sampai di Tawangmangu, Anda bisa mengakses Telaga Sarangan dengan mencari dan naik angkutan umum melalui jalan Sarangan.

Kemudian bagi yang menggunakan bus dari arah Jakarta, Jogja dan Jawa Tengah, pada umumnya rutenya sama seperti di atas. Anda hanya perlu naik bus jurusan Solo lalu turun langsung di terminal Tirtondi. Kemudian rutenya sama persis dengan saat menggunakan kereta api.

Yang perlu diperhatikan, kondisi jalan yang menuju ke Telaga Sarangan ini harus anda perhatikan, meskipun sudah bagus namun jalurnya menanjak dan berkelok-kelok. Jadi harap selalu berkonsentrasi selama perjalanan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Wisata Keluarga Taman Air Ciputra Surabaya

Peta Telaga Sarangan dari Alun-alun Magetan

mitos-danau-sarangmelalui instagram/telagaasaran

Baca juga : Ranu Kumbolo

Harga Tiket Telaga Sarangan

Biaya masuk Telaga Sarangan Magetan 2019 masih sangat terjangkau. Pengelola Tempat Wisata Magetan menetapkan harga tiket sebagai berikut :

  • Tiket dewasa: Rp 7.500 per orang
  • Tiket anak: Rp 5000 per orang
  • Parkir motor : Rp 2.500
  • Parkir : Rp.5000
  • Parkir Bus : Rp 10.000

Catatan: Harga tiket di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung operator.

Fasilitas Telaga Sarangan

Tentunya fasilitas wisata di Telaga Sarangan cukup lengkap. Ada banyak fasilitas dan wahana yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke sini.

Selain fasilitas umum seperti tempat parkir, kamar kecil, kamar mandi, tempat ibadah, dll, ada juga tempat foto, sewa kuda, sewa speedboat, jual sayur, dan restoran untuk mencoba berbagai menu kuliner khas Jawa Timur. .

Akomodasi di Telaga Sarangan

Ini juga berlaku untuk akomodasi. Jika anda ingin menginap di sekitar lokasi Telaga Sarangan, anda tinggal mencari dan menyewa hotel atau homestay tersebar di wilayah Sarangan. Fasilitas dan harga sewa hotel disini tentunya bervariasi, bisa anda sesuaikan dengan keinginan anda dan juga dengan bekal dana yang anda miliki.

Baca juga : Coba Talun Pierre Malang

hotel-a-telola-saraganmelalui instagram/telagaasaran

Apa yang bisa kamu lakukan di Telaga Sarangan?

Tentunya banyak hal yang bisa kamu lakukan di Telaga Sarangan Jawa Timur ini. Selain bersantai dan menikmati panorama alam lereng Gunung Lawu yang asri dan segar di udara, Anda juga bisamengeksplorasi objek danau dengan mengelilingi bagian tengah menggunakan kapal cepat. kapal cepat disini kalian bisa sewa sekitar Rp 50.000 sekali main.

Lalu, jika Anda suka menunggang kuda, ada juga tempat persewaan kuda di sini. Anda dapat bersantai di atas kuda untuk menjelajahi semua titik di sekitar kawasan Telaga Sarangan.

Menunggu mereka yang mencintai selfie atau berpose di depan kamera, ini beberapa juga tempat Foto instagenic yang bisa dicoba.

Terakhir, bagi yang suka berburu kuliner, di restoran-restoran yang bertebaran di sekitar danau, berbagai menu kuliner telah disiapkan untuk mengisi perut. Tinggal menyiapkan konten portofolio yang cukup agar Anda lebih puas.

Baca juga : Wisata edukasi Kampung Cokelat Blitar

fasilitas sarang-danaumelalui instagram/telagaasaran

Baca juga tempat menarik lainnya di Jawa Timur seperti Wisata di Jatim 2 Malang Park.

Demikian sedikit gambaran atau ulasan tentang Telaga Sarangan.

Intinya, ternyata keseruan liburan tidak hanya ditemukan di tempat-tempat cantik nan super mahal. Buktinya hanya dengan berkunjung Telaga Sarangan Magetan, kami sudah merasakan kegembiraan dan kesenangan yang tak terlukiskan. Selain tempatnya yang asri dan nyaman, biayanya juga cukup terjangkau. Lalu kapan liburan ke Telaga Sarangan?

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button