10 Pantai Nusa Tenggara Timur (NTT) yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

10 Pantai Nusa Tenggara Timur (NTT) yang Wajib Dikunjungi

10 Pantai Nusa Tenggara Timur (NTT) yang Wajib Dikunjungi

Temukan berbagai pilihan tempat wisata pantai populer di Nusa Tenggara Timur. Obyek wisata bahari eksotis, terindah dan populer yang wajib Anda jelajahi saat berlibur.

Kepulauan timur Indonesia semakin ramai dikunjungi wisatawan karena pesona alamnya yang tidak tradisional. Sebut saja Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merupakan provinsi dengan banyak gugusan pulau. Karena kondisi geografis tersebut, NTT memiliki deretan wisata bahari yang indah, pantai dengan warna pasir yang unik, bentukan alam yang berbeda dan lingkungan yang indah.

Penasaran? Berikut rekomendasi pantai eksotis di Nusa Tenggara Timur yang bisa Anda pilih untuk liburan berkesan.

1. Pantai Tablolong

Pantai TablolongKredit gambar: Google Maps hafiz alif

Pergi berlibur dari pantai yang terkenal bukanlah langkah yang buruk. Terbukti dengan kepopuleran pantai Tablolong yang tak lain adalah pesona alamnya. Lokasi pantai di kabupaten Kupang Barat ini cukup dekat dengan pusat kota, yaitu hanya berjarak sekitar 25 km saja.

Karena aksesnya yang terbilang mudah dan lokasinya yang cenderung dekat, Pantai Tablolong sepertinya tidak pernah sepi dari wisatawan. Lalu apa yang membuat pantai ini menarik? jelas pesona pantai pasir putih dengan laut biru luas menjadi magnet wisata. Namun ada juga Pulau Rote di depan pantai yang sering dijadikan target fotografi para pengunjung.

Harga tiket: Rp2.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Tablolong, Kec. Kupang Barat, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

2. Pantai Merah Muda

pantai merah mudaKredit gambar: Google Maps Rohit Sarang

Nama pink beach sebenarnya sudah banyak ditemukan di daerah Nusa Tenggara. Bahkan di gugusan pulau sekitar Nusa Tenggara Barat, Bima dan Lombok terdapat wisata pantai dengan nama yang mirip. Memang pantai-pantai tersebut memiliki kesamaan yaitu penampakan pasir berwarna pink yang sangat emblematic.

Anda pasti tidak bisa melewatkan fenomena alam ini. Karena pasir berwarna pink ini tidak ditemukan di tempat lain. Untuk menyaksikan pesona pantai ini, Anda harus pergi ke Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru. Letaknya yang cukup tersembunyi membuat keindahan alamnya tidak diragukan lagi.

Lokasi Panti Asuhan Pink yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Pulau Komodo ini sering dijadikan tempat shooting bagi para pengunjung. Kesan kontras birunya samudra, pasir merah jambu dan juga hijaunya perbukitan di sekitarnya menjadi latar belakang layaknya sebuah lukisan. Apalagi kawasan laut di sekitar Pulau Komodo juga memiliki biota laut alami yang bisa diamati saat snorkeling atau diving.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

3. Pantai Kolbano

Pantai ColbanoKredit Gambar: Google Maps Ibrahim Bajuri

Nama pantai Kolbano saat ini mulai populer berkat foto-foto eksotis yang beredar di media sosial. Para influencer ini memamerkan pesona hamparan kerikil warna-warni di pesisir pantai. Kerikil-kerikil ini menggantikan peran pasir putih yang biasa dijumpai di wisata bahari, oleh karena itu pantai Kolbano menjadi tempat yang memiliki kesan unik.

Namun tidak hanya itu, begitu Anda menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan melihat pantai surga. Air lautnya begitu jernih menampilkan warna perpaduan antara biru dan hijau tosca. Ditambah dengan penampakan batu karang raksasa di dekat pantai, tak heran jika wisatawan datang untuk berfoto di tempat ini.

Harga tiket: Rp2.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Kolbano, Kab. Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

4. Pantai Liman

Pantai LimanKredit gambar: Google Maps Wishnu EW

Jika Anda datang ke NTT dan berkunjung ke Kupang, maka sempatkanlah untuk pergi ke desa Uitiuh Tuan. Lokasi persisnya berada di Kecamatan Semau bagian selatan. Mengapa pergi ke daerah ini? Ternyata di desa Uitiuh Tuan ini ada pantai tersembunyi yang wajib dikunjungi traveler. Namanya Pantai Liman yang sarat dengan pesona alam yang indah.

Yang pertama kali terlihat di mata adalah hamparan pasir berwarna coklat. Keunikan pasir pantai ini menjadi salah satu penyalur daftar pantai unik NTT. Jangan hanya terlena dengan halusnya pasir coklat, pastikan untuk memanfaatkan kesejukan laut dengan berenang atau bermain air di sekitar pantai.

Setelah puas bermain air, Anda juga bisa bersantai menikmati suasana pantai yang sejuk dan tenteram. Bagi Anda yang menyukai fotografi, maka sempatkanlah untuk mendaki Bukit Liman di dekat pantai. Bukit ini akan menjadi tempat yang ideal untuk melihat pemandangan pantai atau mengagumi alam sebagai lukisan Tuhan.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Uitiuhtuan, Kec. Semau Selatan, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

5. Pantai Coca

Pantai CocaFoto oleh Paularps di Flickr

Pantai Koka atau Pantai Koka bisa menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi selanjutnya. Biasanya pantai ini menjadi tujuan peristirahatan para wisatawan yang melakukan perjalanan dari Kota Ende ke Maumere. Namun, nama Pantai Koka sendiri cukup dikenal sebagai kawasan wisata favorit warga setempat.

Daya tarik utama pantai ini sebenarnya hampir sama dengan Pantai Liman yaitu hamparan pasirnya yang berwarna coklat. Berbeda dengan wisata bahari lain yang diselimuti pasir putih, warna coklat ini justru menjadi magnet wisata. Jika diperhatikan, pemandangan di sekitar pantai ini semakin lengkap dengan deretan bukit-bukit tinggi yang ditumbuhi tumbuhan hijau.

Kontras warna laut, pasir, dan perbukitan siap memanjakan mata wisatawan. Selain itu beristirahat sambil menikmati segarnya udara pantai dapat menghilangkan penat dan penat selama perjalanan. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini. Mulailah dengan bersantai, berenang, berfoto di bebatuan sekitar pantai atau beristirahat.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Wolowiro, Kec. Paga, Kab. Sikka, Nusa Tenggara Timur.

6. Pantai Lasiana

Pantai LasiaKredit gambar: Google Maps Bayu Mee

Jika berbicara tentang pantai NTT, tentu Lasiana tidak akan pernah lepas dari pembahasan. Destinasi wisata di Kecamatan Kelapa Lima, Kupang ini memang sudah dikenal wisatawan lokal maupun mancanegara. Yang membuatnya terkenal adalah deretan pohon kelapa yang diibaratkan seperti pantai Florida.

Berpose di dekat deretan pohon kelapa saat matahari di ufuk barat menjadi ide favorit untuk mengisi galeri foto. Namun pesona Lasiana bukan hanya itu saja, hamparan pasir putih dan laut biru juga patut untuk diabadikan. Bahkan jika Anda tertarik menyelam, Anda bisa melihat bangkai kapal Jepang yang tersembunyi di pesisir pantai Lasiana.

Harga tiket: Rp2.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Lasiana, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

7. Pantai Mali

Pantai MaliKredit gambar: Google Maps Imanuel Djaha

Jika pasir putih sangat umum di wisata bahari, maka di Desa Kabola Kabupaten Alor terdapat sebuah pantai yang unik. Hamparan bibir pantainya begitu luas dan landai bercampur dengan beberapa karang kecil. Saat air pasang, pohon-pohon di pinggir pantai juga ikut terendam air laut.Fenomena ini kerap menjadi incaran foto.

Karena air lautnya yang sangat jernih dan bersih, pantai Mali juga menjadi tujuan wisata favorit untuk scuba diving. Anda bisa langsung melihat kerajaan laut di sekitar pantai. Karena letaknya yang cenderung menghadap ke timur, pantai Mali juga mampu menyuguhkan pemandangan indah matahari terbit yang muncul dari ujung cakrawala.

Harga tiket: Rp20.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: kecamatan Kabola, Kab. Nah, Nusa Tenggara Timur.

8. Pantai atau Pulau Meko

Pantai atau Pulau MekoKredit Gambar: Google Maps Muhammad Iqbal

Pantai Meko atau Pulau Meko, mana yang benar? Bisa dibilang kedua nama itu benar, karena wisata bahari ini merupakan pulau kecil yang hanya terdiri dari pasir putih. Kumpulan pasir putih yang menjulang di atas permukaan air ini merupakan tempat yang tepat untuk berfoto seolah sedang berada di pulau pasir yang sepi.

Nama destinasi wisata ini semakin populer karena menyajikan panorama bahari yang begitu indah. Kemasyhuran ini pun sudah sampai ke telinga turis mancanegara. Saking indahnya dipandang mata, pantai atau pulau ini kerap dijadikan spot favorit untuk foto prewedding, social media enthusiast, atau selebritis influencer.

Anda bisa mencapai pantai ini dari pelabuhan Pelni Larantuka kemudian menyeberangi pelabuhan Tobilota. Setelah itu, Anda harus pergi ke desa Meko dimana banyak penduduk setempat menawarkan perahu untuk menyeberang dan berkeliling pulau. Di sini Anda juga bisa snorkeling atau naik perahu untuk mengagumi keindahan terumbu karang.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: kecamatan Witihama, Kab. Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

9. Pantai Nihiwatu

Pantai NihiwatuKredit gambar: Google Maps Prika Nugraha

Beralih ke Sumba Barat, ada pantai yang masuk dalam peringkat 100 pantai terbaik dunia. Tak tanggung-tanggung, Pantai Nihiwatu menduduki peringkat ke-17. Keindahan Pantai Nihiwatu terlihat dari hamparan pantainya yang luas yang diselimuti pasir putih halus nan bersih.

Di sekitar pantai juga masih diselimuti perbukitan hijau yang melengkapi pemandangan. Ditambah dengan deru ombaknya, berada di Pantai Nihiwatu pasti menenangkan hati. Bagi yang gemar berselancar, ombak di Pantai Nihiwatu bisa dijadikan tempat latihan. Bagi Anda yang ingin bermain di air, pastikan mengutamakan keselamatan.

Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Hoba Wawi, Kec. Wanokaka, Kab. Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

10. Pantai Wini

Pantai WiniKredit gambar: Facebook ahlyfa ramu

Destinasi liburan bahari ini menggabungkan wisata budaya dan alam yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Memang, pantai ini diselimuti oleh bentangan pantai yang luas, air laut yang tenang dan deretan pegunungan di sekitar pantai. Berfoto, berenang, dan menjelajahi pantai adalah beberapa kegiatan wajib bagi pengunjung.

Namun yang tak kalah menarik adalah menyaksikan kapal-kapal melintas di lepas Wini. Hal ini terjadi karena lokasi Pantai Wini berada di perbatasan Indonesia. Tepatnya berbatasan dengan distrik Oekusi yang termasuk dalam negara Timor Leste. Dengan potensi wisata yang sangat tinggi, tidak heran jika pengelola pantai ini akan melejit kedepannya.

Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Wini, Humusu C, Kec. Insana Utara, Kab. Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Obyek wisata pantai di Nusa Tenggara Timur memang dikaruniai pesona yang tak kalah dari daerah lainnya. Bahkan beberapa situs tersebut sudah dikenal dan mendominasi lokasi wisata lokal. Tak hanya itu, ragam pesona yang ada di setiap pantai pastinya akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Oleh karena itu, pastikan untuk singgah di Pantai NTT.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button