Bukit Siguntang, Pendakian Pusaka Kerajaan Sriwijaya di Palembang - WisataHits
wisatahits

Bukit Siguntang, Pendakian Pusaka Kerajaan Sriwijaya di Palembang

Bukit Siguntang adalah objek wisata dan bukit bersejarah di kota palembang. Bukit yang unik dalam menelusuri peninggalan kerajaan sriwijaya yang di dalamnya terdapat makam dan reruntuhan kerajaan dari abad ke 6 sampai 13 masehi.

Harga tiket: Rp2.000, Jam operasional: 07.00-16.00 WIB, Alamat: Jl.Bukit Lama, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan; Kasus: Cek lokasi

Palembang adalah sebuah kota di Sumatera Selatan. Palembang juga merupakan ibu kota Sumatera Selatan. Kota ini sangat terkenal di masyarakat akan kekayaan yang dimilikinya dan berpotensi menjadi destinasi wisata yang sangat menarik tentunya. Kota ini bisa menjadi referensi untuk berwisata saat liburan telah tiba.

Selain terkenal dengan masakan empek-empek khasnya, kota ini juga terkenal dengan destinasi wisatanya yang sangat beragam. Mulai dari wisata kuliner, wisata alam, hingga wisata sejarah yang tentunya sangat formatif bagi wisatawan. Kali ini Anda akan dibawa dalam perjalanan mengunjungi salah satu destinasi wisata sejarah Palembang yaitu Bukit Siguntang.

Bagi wisatawan yang menyukai sejarah, objek wisata ini tentunya wajib untuk dikunjungi. Banyak hal yang akan didapatkan ketika Anda mengunjungi tempat ini. Tempat ini sangat informatif bagi para wisatawan yang mengunjunginya. Jadi, jangan lupa mampir ke bukit ini bersama keluarga, orang tersayang, sahabat dan orang tersayang.

Atraksi Bukit Siguntang

Objek Wisata Bukit SiguntangKredit gambar: Google Maps Agustinus Prasetyoadi

1. Bukit Suci dan Suci

Mengunjungi bukit ini merupakan pengalaman tersendiri bagi wisatawan. Karena kondisi bukitnya yang konon sangat suci dan suci, apalagi saat itu masih demikian dari abad 14 hingga 17. Berbagai macam makam kerajaan dapat ditemukan di bukit ini. Tak heran jika wisata ini merupakan wisata edukasi yang berbalut sejarah dan religi.

Makam yang terletak di Bukit Siguntang misalnya adalah Puteri Kembang Dadar, Raja Sigentar Alam, Puteri Kembang Selako, Panglima Tuan Tunjungan, Panglima Bagus Kuning, Panglima Jago Lawang dan juga Pangeran Raja Batu Api. Raja Sigentar Alam yang disebutkan sebelumnya masih memiliki darah keturunan Iskandar Zulkarnaen.

Selain itu, ada banyak makam di bukit ini, sehingga ketika mengunjungi daerah ini, Anda juga akan menemukan berbagai jenis patung dan prasasti. Arca dan prasasti ini termasuk peninggalan kerajaan Sriwijaya beberapa tahun yang lalu sekitar tahun 1920. Arca dan prasasti ini digunakan oleh masyarakat kuno sebagai tempat pemujaan dewa dan bangsawan.

Namun, ketika Anda mengunjungi tempat ini, Anda hanya akan menemukan makam raja-raja sebelumnya. Jadi di mana patung dan prasasti itu? Sekarang, Arca dan prasasti ini tentu saja disimpan oleh pemerintah dan kini menjadi museum di Museum Nasional Jakarta serta Museum Sejarah Sriwijaya.

Banyak orang percaya bahwa cikal bakal orang Melayu di Asia Tenggara adalah bukit ini. Sehingga bukit ini dianggap keramat oleh mereka. Karena keberadaannya yang sakral, sudah menjadi kebiasaan untuk melakukan ritual di bukit ini dalam hal mengadakan ritual.

2. Bukit tertinggi

Keberadaan bukit ini sangat terkenal dengan puncaknya karena ketinggiannya hampir 29-30 meter di atas permukaan laut. Selain sebagai wisata yang sangat informatif tentunya wisatawan bisa menikmati keindahan kota Palembang dari atas bukit yang puncaknya memang tinggi ini.

Bukit ini tampak dari kejauhan sebagai bukit yang sangat rimbun dengan pepohonan yang menjulang tinggi di atasnya. Selain itu, di sebelah barat laut dan barat daya bukit ini, Anda akan menemukan rawa yang sangat luas. Dan konon di rawa inilah reruntuhan perahu kuno ditemukan.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Bukit Siguntang

Alamat Bukit SiguntangKredit gambar: Google Maps Aminudin Rohman

Bagi anda yang akan berwisata di bukit ini, pastikan untuk mengetahui alamat dari bukit ini. Keberadaan Bukit Siguntang berada di kawasan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan. Keberadaan bukit ini sangat mudah dijangkau oleh wisatawan karena jarak dari pusat kota tidak terlalu jauh. Jaraknya sekitar 6 km dari pusat kota dan bandara.

Karena letaknya di tengah kota, jalan menuju objek wisata puncak bukit ini sangat mudah dijangkau. Wisatawan dapat menggunakan angkutan umum atau angkutan pribadi. Angkutan umum yang biasa digunakan untuk menuju bukit ini adalah angkutan kota berupa bus. Namun bus ini tidak masuk ke dalam venue, wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 100 meter.

Anda dapat menemukan halte bus yang berbeda di sekitar tur ini. Diantaranya adalah halte simpang SMA 10 B yang hanya berjarak 537 meter. Ada juga halte bus Putri Kembang Dadar yang berjarak sekitar 1 km, serta halte SMA N 1 yang juga berjarak sekitar 1 km.

Hal yang perlu Anda ketahui saat akan pergi ke tempat wisata adalah harga tiket masuknya. Bukit ini sangat recommended karena harga tiket masuknya sangat bersahabat dengan kisaran hanya Rp 2.000 hingga Rp 3.000. Untuk anak-anak hanya dikenakan biaya Rp 3.000 saja. Wisata ini tentunya sangat murah dan bersahabat.

Namun, ingat juga bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini, disarankan pada pagi hari. Karena udaranya bahkan lebih sejuk dari pada siang hari. Tempat ini buka mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB selama seminggu penuh dari Senin hingga Minggu.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bukit Siguntang

Aktivitas di Bukit SiguntangKredit gambar: Google Maps Nurul Wahjuningsih

Selain memiliki pesona tersendiri, sebuah tempat wisata tentunya juga memiliki aktivitas yang menarik dan tentunya biasa dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke bukit ini. Dan tentunya kegiatan menarik ini menjadi simbol bagi setiap orang yang berkunjung ke tempat ini. Diantara kegiatan tersebut adalah:

1. Kunjungan Edukasi

Tujuan utama wisatawan berkunjung ke Bukit Siguntang adalah untuk menimba ilmu tentang sejarah. Jika terkadang anak cepat bosan dengan apa yang dikatakan guru di sekolah, maka mengajak anak berlibur ke bukit ini pasti bisa mengubah persepsi mereka. Sehingga diharapkan pembelajaran cerita akan membuat anak menjadi menyenangkan.

2. Ziarah ke Makam Raja

Karena keberadaan bukit ini, masih terdapat beberapa makam raja yang dulunya merupakan keluarga kerajaan Sriwijaya, sehingga banyak orang menganggapnya keramat. Bahkan pada zaman dahulu, bukit ini digunakan sebagai tempat peribadatan oleh umat Buddha. Untuk itu, tidak asing lagi jika banyak dijumpai orang yang berziarah ke tempat ini.

3. Sebelum pernikahan

Bagi yang akan menikah, biasanya pasangan akan melakukan prewedding terlebih dahulu. Sekarang, Tempat wisata alam ini bisa menjadi contoh referensi untuk prewedding. Jika biasanya prewedding dilakukan di pantai atau tempat wisata lainnya, kali ini di atas bukit akan memberikan kesan tersendiri.

Sensasi pengambilan foto prewedding di tempat ini sangat berbeda. Karena tempat ini merupakan tempat bersejarah. Jangan salah sangka dulu, karena tempat ini juga memiliki panorama alam yang sangat indah. Karena bukit ini berada pada ketinggian tertentu dan juga dianggap sebagai bukit tertinggi.

4. Menyegarkan

Ketika liburan telah tiba, tentunya hal utama yang harus dilakukan adalah menyegarkan diri. Wisatawan tentu ingin bersantai setelah seminggu bekerja atau setelah lulus ujian. Hal ini dapat dilakukan dengan mengunjungi situs sejarah bukit ini.

Ketika wisatawan memutuskan untuk menyegarkan diri di tempat ini, tentunya mereka akan disuguhkan dengan berbagai peninggalan zaman dahulu dengan ciri khasnya masing-masing. Keberadaan peninggalan purbakala ini tentunya dikelola dan juga dilestarikan oleh pengelola setempat.

5. Ritual Waisak

Setiap tahun, umat manusia pasti akan merayakan hari raya menurut kepercayaannya masing-masing. Begitu juga dengan umat Buddha yang pastinya akan merayakan hari raya Waisak. Karena bukit ini fenomenal dengan makam-makam dari kerajaan-kerajaan sebelumnya dan sebagai tempat pemujaan suci bagi umat Buddha, umat Buddha pun mengunjungi bukit ini setiap tahun.

Kunjungan umat Buddha tentunya untuk merayakan Waisak dan tempat ini pasti akan dipenuhi dengan itu.

Fasilitas yang ada di Bukit Siguntang Palembang

Fasilitas Bukit SiguntangKredit gambar: Google Maps Bee Bee

Hal terakhir yang sering diperhatikan wisatawan adalah fasilitas yang disediakan di tempat ini dan sekitarnya. Tenang, Anda tidak perlu khawatir tentang apa yang Anda butuhkan. Karena lokasi wisata ini berada di sekitar pusat kota, maka fasilitas yang disediakan bisa dibilang cukup memadai.

Bagi yang ingin bermalam, tidak perlu mencari penginapan. Anda tinggal memilih hostel mana yang akan disewa karena di sekitar tempat ini banyak terdapat hostel yang direkomendasikan. Dan bagi yang mudah lapar, jangan khawatir juga. Karena di sini juga mudah untuk menemukan berbagai restoran dengan menu dasar yang ditawarkan.

Itulah sedikit ulasan tentang Bukit Siguntang yang merupakan destinasi wisata sejarah dan edukasi di Palembang. Bagi yang berwisata ke kota ini, jangan lupa mampir ke bukit unik ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button