Kebaruan dunia bunga Rafflesia Arnoldi di... - WisataHits
Jawa Barat

Kebaruan dunia bunga Rafflesia Arnoldi di…

LANGIT7.ID, Bogor – Setelah 16 tahun sejak upaya menanam Rafflesia arnoldi R. Br di luar habitatnya, beberapa umbi bunga muncul di awal September, salah satunya mekar di Kebun Raya Bogor, Senin (12/9/2022).

Upaya pelestarian Rafflesia arnoldi R. Br di luar habitatnya (ex situ) sejak tahun 1818 belum membuahkan hasil.

Sejak tahun 2006, para peneliti di Kebun Raya Rafflesia Bogor berupaya menanam benih Rafflesia arnoldii R. Br dari Bengkulu. Akhirnya, setelah 16 tahun berusaha, upaya tersebut membuahkan hasil.

Baca Juga: Mexico Garden Tours, Tempat Menarik Bagi Pecinta Tanaman Hias

Rafflesia arnoldi R. Br ditumbuhkan secara vakum. XVII di Kebun Raya Bogor, yang berisi koleksi jenis tanaman merambat (pendaki), termasuk 7 spesies Tetrastigma yang menjadi inang Rafflesia.

Rafflesia Arnoldi R. Br atau yang lebih dikenal dengan Padma Raksasa dikenal sebagai Puspa Langka Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993.

Bunga raksasa kharismatik asal Bengkulu ini tidak hanya ditetapkan sebagai Puspa Langka Nasional, tetapi juga termasuk dalam daftar tumbuhan yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 1999 dan Daftar Merah IUCN Status Dilindungi Sangat Terancam Punah.

Rafflesia arnoldi R. Br pertama kali ditemukan pada tahun 1818 di hutan Sumatera oleh seorang pemandu yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold, yang mengikuti ekspedisi Thomas Stanford Raffles, fasilitas itu dinamai menurut kisah penemunya, yaitu penggabungan antara Raffles dan Arnold. Terdapat 33 spesies Rafflesia di dunia dan 14 di antaranya tumbuh di Indonesia, 11 spesies di antaranya endemik Sumatera.

Sofi Mursidawati, peneliti dan kurator koleksi Rafflesia di Kebun Raya Bogor, menjelaskan jenis Rafflesia yang mekar adalah Rafflesia arnoldii R. Br dan ini pertama kali di dunia berbunga hasil budidaya di Bogor. kebun raya bunga.

“Meski diameternya tidak lebih dari 60 cm, yang pasti spesies ini adalah Rafflesia Arnoldii R. Br,” kata Sofi dalam keterangan tertulis, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: BRIN Temukan 2 Spesies Baru Begonia dari Kepulauan Maluku

Rafflesia Arnoldii R. Br tumbuh pada tumbuhan inang Tetrastigma lanceolarium (Roxb.) sebagai inang yang ditanam pada tanggal 22 Januari 1953 hasil rotasi tanaman (pertukaran benih) dari Florida pada tahun 1952,” tambah Sofi.

Sebelumnya Kebun Raya Bogor telah berhasil mengembangbiakkan varian lain yaitu Rafflesia patma Bl. 2010 untuk pertama kalinya dan telah berbunga 16 kali hingga saat ini (2019).

(jqf)

Source: langit7.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button