Keindahan air terjun Sidomba yang unik sangat cocok untuk liburan Nataru 2023 - WisataHits
Jawa Barat

Keindahan air terjun Sidomba yang unik sangat cocok untuk liburan Nataru 2023

INSIDEN24.COM– Air Terjun Sidomba merupakan salah satu objek wisata alam di Kabupaten Kuningan yang cukup menarik termasuk salah satu air terjunnya yang unik dan sederhana.

Obyek wisata Curug Sidomba sangat cocok dikunjungi bersama keluarga atau pasangan untuk mengisi liburan akhir pekan atau liburan Nataru.

Curug Sidomba merupakan air terjun buatan yang memiliki ketinggian hanya tiga meter di atas sungai yang jalurnya mengalir di kawasan ini, Curug Sidomba sebenarnya merupakan tempat pertemuan tiga mata air yaitu Cisade, Cihaliwung dan Cikapala.

Obyek wisata Air Terjun Sidomba memiliki air yang jernih, dingin dan segar yang berasal dari mata air pegunungan Ciremai yang masih alami.

Objek Wisata Air Terjun Sidomba

1. Sejarah ditemukannya Curug Sidomba

Air Terjun Sidomba yang menurut cerita masyarakat setempat memiliki ketinggian tiga meter ini ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 2002 oleh beberapa siswa SMP Islam Terpadu Umar Sjarifudin (ITUS) Kuningan saat mendaki di lereng sungai Gunung Ciremai .

Air terjun Sidomba konon pernah menjadi tempat mandi domba, hutan di sekitar air terjun menjadi tempat menggembala domba.

Air di Air Terjun Sidomba berasal dari mata air pegunungan Cirema yang cukup jernih, dingin dan segar, selain airnya yang jernih juga terdapat berbagai jenis ikan terutama ikan Kancra Bodas.

2. Nikmati keindahan alam

Kesejukan, ketenangan, dan kenyamanan akan Anda temukan saat menginap di kawasan Air Terjun Sidomba, tersedia banyak tempat untuk bersantai dan duduk sambil menikmati keindahan alam Air Terjun Sidomba yang masih alami.

3. Berenang di kolam air terjun Sidomba

Berenang adalah hal yang wajib Anda lakukan saat mengunjungi wisata air untuk menikmatinya.

Berenang di sini dikenai biaya Rp 7.000 untuk dewasa, sedangkan untuk anak-anak dikenakan biaya Rp 5.000.

Area kolam ini memiliki kolam untuk dewasa dan anak-anak yang dilengkapi seluncuran air di samping kolam.

4. Taman bermain

Anak-anak pasti akan sangat senang jika diajak berwisata Air Terjun Sidomba ini, karena banyak hal yang dapat dilakukan di sini, termasuk bermain di arena bermain.

5. Berkemah dan rubah terbang

Dengan luas sekitar 8 hektar, kawasan ini populer untuk berkemah oleh para pecinta alam yang ingin menikmati keindahan malam.

Selain camping, ada juga flying fox yang bisa menguji adrenalin pengunjung.Jika Anda merasa berani dan tertantang, aktivitas yang satu ini wajib Anda lakukan. Untuk mencoba berbagai wisata flying fox di kawasan air terjun Sidomba, Anda perlu membeli tiket seharga Rp. 10.000 untuk anak-anak dan Rp 15.000 untuk dewasa.

6. Kebun binatang mini

Selain berbagai wisata yang disebutkan di atas, Anda juga bisa mengunjungi kebun binatang mini yang berisi beberapa hewan langka yang bisa memberikan wawasan.

Fasilitas dan layanan yang tersedia di Curug Sidomba antara lain:

– Parkir kendaraan, mushola, fasilitas en suite, penginapan dan masih banyak lagi.

Tiket Masuk Air Terjun Sidomba:

– Hari kerja : Rp.10.000,-

– Akhir Pekan : Rp.12.000,-

– Parkir motor : Rp 4.000,-

– Parkir : Rp.8.000,-

– Parkir Bus/Truk: Rp 14.000

Waktu operasional Air Terjun Sidomba:

– Buka setiap hari mulai pukul 07:00 WIB hingga 17:00 WIB.***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button